Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Museum Villa Yuliana Kabupaten Soppeng, Sejarah dan Harga Tiket Masuk

Mari Liburan YUK - Museum Villa Yuliana merupakan bangunan yang dibangun diatas bukit dan ikon Kabupaten Soppeng yang paling terkenal dan selalu menjadi pusat perhatian bagi wisatawan yang berkunjung. Biasanya mereka menghabiskan waktu dengan bersua foto dan tak sedikit pula menjadikan tempat ini untuk melihat bangunan tua ini yang merupakan peninggalan kolonial Belanda.

image: darwinchai.com

Sejarah Museum Villa Yuliana

Meseum Villa Yuliana meninggalkan sejarah yang tak terlupakan. Bangunan ini dibangun oleh kolonial pada tahun 1905 dan setahun kemudian yakni 1906 baru diresmikan. Di tahun tersebut lahirlah anak perempuan dari Ratu Wilhelmina yang diberi nama Putri Yuliana. Karena begitu cintanya kepada kerajaan dan menghormati hari kelahiran tersebut, maka nama villa ini diambil dari nama putri mahkota kerajaan "Putri Yuliana".

image: https://sites.google.com/site/villayulianamesstinggi/mitos-di-baliknya
Baca juga: Museum Balla Lompoa - Rumah dan Benda Bersejarah Kerajaan Gowa

Sejarah mengungkapkan bahwa dahulu kala Raja Soppeng melakukan perjanjian atau kesepakatan dengan bangsa kolonial takkala ingin masuk ke Soppeng agar tidak menganggu keamanan dan kedamaian warga Soppeng. Kesepakatan tersebut dipenuhi oleh Kolonial Belanda, sehingga mereka hidup damai dengan kerajaan dan masyarakatnya. Maka Kolonial dapat membangun Villa Yuliana dikota Soppeng disaat itu.

Sering Dipadati Pengunjung

Berada dipusat kota Soppeng, Museum Villa Yuliana sering dipadati oleh Pengunjung terutama di malam hari. Yang berkunjung tak hanya anak-anak atau muda mudi saja tapi juga orang tua pun juga tak ketinggalan ikut nongkrong sambil melihat beberapa peninggalan yang terdapat di museum tersebut. Diantara aktifitas lainnya yang mereka lakukan adalah dengan berfoto-foto, aktifitas berfoto sering kali kita dapati dan paling banyak dilakukan oleh anak-anak remaja.

image: makassarguide.tumblr.com
Baca juga: Air Terjun Lengang Laiya Maros yang Eksotis

Harga Tiket Masuk Museum Villa Yuliana

Harga tiket masuknya sangat murah cuma 5000 saja, namun kalian tetap harus menjaga kesopanan takkala masuk kedalam dengan tidak menyentuh sembarangan barang-barang peninggalan. Mengingat bangunan ini dibangun diatas bukit, maka pemandangan kota soppeng bisa anda lihat. Dan lebih bagus lagi pada malam hari, view diwaktu tersebut benar-benar sangat indah. Tempatnya begitu tertata rapi serta jauh dari keramaian dan kebisingan bikin pikiran menjadi tenang dan fresh.

image: antarafoto.com
Baca juga: Danau Tanralili Gowa - Letak dan Rute Jalan Menuju Lokasi

Lokasi Museum Villa Yuliana

Bagi yang belum tahu lokasinya terutama dari luar Kabupaten Soppeng, lokasinya berada di Botto, Lalabata, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan 90811. Tempatnya mudah ditemukan dan strategis karena merupakan ikon kota Soppeng. Villa ini posisinya menghadap ka arah taman Kalong.

Nah, bagi yang penasaran bagaimana cantik dan uniknya villa ini, silahkan saja langsung datang berkunjung, ajak keluarga ataupun teman karib kalian.