Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Museum Balla Lompoa - Rumah dan Benda Bersejarah Kerajaan Gowa

Mari Liburan YUK - Bila anda berada di Gowa maka sempatkanlah untuk berkunjung ke Museum Balla Lompoa. Perlu diketahui bahwa Balla Lompoa adalah museum utama Kabupaten Gowa yang menjadi ikon karena merupakan peninggalan salah satu rumah kayu terbesar di dunia.

image: situsbudaya.id

Dalam bahasa Makassar yakni Balla Lompoa yang berarti 'Rumah Besar', yang bila mana anda menyaksikan langsung dilapangan kenyataannya rumah ini memang besar. Rumah panggung dan megah ini dibangun dengan ratusan tiang balok kokoh yang didominasi kayu berwarna gelap.

Museum ini berfungsi sebagai penyimpanan benda-benda bersejarah sangat berharga milik kerajaan Gowa yang dipajang berdasarkan fungsi umum setiap ruangan pada bangunan museum. Tempat ini menjadi saksi sejarah kerajaan Gowa yg menguasai hampir separuh Nusantara bagian timur saat masa jayanya.

Benda-benda Apa Saja yang Ada Dirumah Balla Lompoa

Ada sekitar 140 benda-benda kerajaan Gowa yang sangat berharga dan memiliki nilai tinggi, diantaranya adalah mahkota, gelang, kancing, kalung, keris, dan benda-benda lain yang umumnya terbuat dari emas murni dan dihiasi berlian, batu rubi, dan permata. Dan rata-rata benda-benda tersebut memiliki bobot 700 gram bahkan ada yang sampai 1 kilogram.

image: indonesiakaya.com
Baca juga: Permandian Topejawa, Wisata Pantai di Takalar

Di ruang pribadi raja, terdapat sebuah mahkota raja yang berbentuk kerucut bunga teratai (lima helai kelopak daun) memiliki bobot 1.768 gram yang bertabur 250 permata berlian. Di museum ini juga terdapat sebuah tatarapang, yaitu keris emas seberat 986,5 gram, dengan panjang 51 cm dan lebar 13 cm, yang merupakan hadiah dari Kerajaan Demak.

image: jejakvicky.com

Benda-benda berharga lainnya selain perhiasan adalah 10 buah tombak, 7 buah naskah lontar, dan 2 buah kitab Al Qur'an yang ditulis tangan pada tahun 1848.

Harga Tiket Masuk Museum Balla Lompoa

Untuk harga tiket atau biaya masuk ke Museum menjadi masalah utama karena adanya ketidakjelasan tentang hal ini. Standar harga yang tidak ada sehingga biaya masuk mengarah ke secukupnya. Serta tidak jelasnya pihak yang benar-benar mengurusi bagian ini sehingga acap kali dilakukan oleh non-pihak yang mengarah ke aksi ambil untung.

Tapi menurut informasi yang kami dapatkan bahwa sebenarnya biaya masuknya adalah GRATIS. Semoga saja kedepannya pengurus bisa membenahi masalah biaya masuk ini agar bisa diperjelas lagi.

Alamat Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa beralamat di Jalan Sultan Hasanuddin No. 48, Sungguminasa, Somba Opu, Kabupatan Gowa, Sulawesi Selatan. Lokasinya sangat mudah ditemukan karena berada di pusat kota Gowa. Dapat ditempuh dengan kendaraan beroda 2 maupun beroda 4.

Baca juga: Taman Maccini Sombala - Pilihan Rekreasi Akhir Pekan