Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulau Lakkang, Tempat Wisata Murah Tapi Tidak Murahan

Mari Liburan YUK - Mungkin sebagian dari kita baru mendengar salah satu tempat wisata di Makassar yang bernama Pulau Lakkang. Memang sih pulau ini jarang di ekspos karena tempatnya yang tersembunyi. Meski tempatnya tersembunyi, Pulau Lakkang dikenal sebagai tempat wisata yang pemukiman masyarakatnya begitu ramah.

image: berita.baca.co.id
Baca juga: Air Terjun Takapala Malino, Menikmati Kesegaran dan Indahnya Pelangi

Pulau Lakkang merupakan pulau yang bentuknya kecil dan terbilang unik, karena lokasinya berada tepat di pusat kota Makassar. Berdasarkan sejarah yang dipelajari, bahwa dahalu Pulau Lakkang dijadikan basis pertahanan Jepang. Jadi ditempat ini kalian bisa menemukan bunker peninggalan Jepang.

Pulau Lakkang juga dikenal dengan keasriannya dan lingkungan sekitarnya masih terjaga serta jauh dari kebisingan kota, sehingga banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Ditambah lagi masyarakatnya yang sangat welcome terhadap pengunjung.

Lokasi Pulau Lakkang

Pulau Lakkang lokasinya terletak diantara sungai Tallo dan sungai Pampang. Luas daratannya kurang lebih sekitar 195 hektare yang dihuni oleh 300 kepala keluarga. Kebanyakan diantara mereka bekerja sebagai nelayan dan petambak.

image: berita-sulsel.com
Baca juga: Permandian Topejawa, Wisata Pantai di Takalar

Untuk menuju tempat ini, anda tinggal memilih salah satu jalur dari 3 jalur yang ditawarkan, karena ada 3 jalur darmaga untuk bisa menyebrangi pulau kecil ini. Dan kebanyakan jalur dermaga yang dipilih orang yaitu dermaga kera-kera yang berada di kampus Tamalanrea, lebih tepatnya di lokasi Teaching Farm Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas).

Dan dua dermaga lainnya berada di tol lama yaitu dikawasan gudang industri Makassar dan satunya lagi dermaga yang sebenarnya berupa tambak.

Biaya Untuk Menuju Pulau Lakkang

Seperti judul diatas, Pulau Lakkang boleh dikatakan tempat wisata murah tapi tidak murahan. Dari dermaga kera-kera, perorang dikenakan biaya Rp.3000 dengan kapasitas jumlah penumpang di perahu makasimal 7 orang. Jika anda memakai motor maka ada biaya tambahan sebesar Rp.1000.

image: travel.rakyatku.com
Baca juga: Museum Balla Lompoa - Rumah dan Benda Bersejarah Kerajaan Gowa

Bagaimana, sangat murahkan? Tapi biaya penumpang diatas sewaktu-waktu dapat berubah tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Untuk jarak tempuh untuk menuju Pulau Lakkang kisaran 25-30 menit. Tapi selama dalam perjalanan menggunakan perahu, anda akan merasa nyaman karena kalian bisa menikmati keindahan alam sekitarnya berupa pemandangan pohon nipah dan mangrove.

Pokoknya tempat sangat rekomended banget buat kalian yang sedang mencari tempat wisata yang nyaman dan asri.