Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batu Pandang Ratapan Angin Dieng - Harga Tiket dan Rute Menuju Lokasi

Mari Liburan YUK - Bagi anda yang suka berwisata ke daerah perbukitan, coba deh kalian jalan-jalan ke Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Disana ada satu objek wisata perbukitan yang bernama Batu Pandang Ratapan Angin. Pemandangannya sangat bagus banget, kalian akan melihat keindahan Telaga Warna Dieng diatas ketinggian sekitar 2.100 mdpl, atau dengan kata lain Batu Pandang Ratapan Angin lebih tinggi daripada Telaga Warna.

image: tsabitadiengtour.com
Baca juga: Homestay Cahaya Sikunir

Tak hanya itu, kalian juga bisa menyaksikan keindahan telaga lainnya selain Telaga Warna yaitu Telaga Pangilon yang letaknya bersebelahan. Keunikan dari kedua telaga tersebut adalah warna airnya yang berbeda, kalau Telaga Warna warna airnya hijau sementara Telaga Pangilon airnya lebih jernih, padahal kalau dilihat lokasinya berselebahan.

Keunikan lainnya yang bisa saksikan lagi dari Telaga Warna adalah airnya sering mengalami perubahan warna. Terkadang berwarna hijau, dan kadang-kadang bisa berubah menjadi warna kuning. Bahkan bisa berwarna-warni seperti pelangi. Wisatawan yang datang kesini merasa takjub dan selalu menjadikan lokasi ini untuk berfoto dengan mengambil latar belakang kedua telaga tersebut. Pokoknya wisata ke Batu Pandang Ratapan Angin bakal menyimpan kesan tersendiri bagi pengunjung.

image: youtube.com

Dan masih banyak lagi kok keindahan-keindahan panorama alam yang bisa kalian saksikan di Batu Pandang Ratapan Angin Dieng. Baik itu berupa pegunungan, lahan pertanian maupun bentangan alam yang kesemuanya itu anda saksikan diatas ketinggian perbukitan. Jadi, kalian tidak bakal kecewa deh jika sudah ada disini.

Harga Tiket Batu Pandang Ratapan Angin

Untuk menikmati keindahan alam dari bukit Batu Pandang Ratapan Angin kalian cuma membayar tiket masuk Rp.10.000 per orang saja, murah banget kan? Kemudian ada biaya parkir kendaraan berupa motor cuma Rp.3.000 saja. Jasa penitipan helm juga ada disini dengan tarif Rp.2.000, jaga-jaga saja siapa tahu helm kalian tiba-tiba hilang kan jadi repot nantinya. Perlu diketahui juga, ada beberapa spot foto yang ada dalam kawasan Batu Pandang berbayar, jadi kalian kudu siapkan uang lebih lagi yah. Oh iya, jika lapar kalian tidak perlu khawatir di area ini terdapat warung kok.

image: thepressweek.com
Baca juga: Bukit Tangkeban Pemalang

Rute Menuju Lokasi Batu Pandang Ratapan Angin

Lokasinya beralamat di Theater, Jl. Raya Dieng, Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk menuju Batu Pandang Ratapan Angin tidaklah sulit. Akses masuk obyek wisata ini tidaklah jauh dari ikon wisata Dieng lainnya seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang, atau Telaga Warna. Dari pertigaan Selamat Datang di Dieng dengan tulisan Dieng, belok kiri atau ke arah selatan sejauh 1,5 kilometer sampai sebuah pertigaan yang merupakan perbatasan Kabupaten Wonosobo dengan Banjarnegara. Sebelum pertigaan ada area parkir dan loket ke Telaga Warna. Perjalanan dilanjutkan dengan belok kiri, bukan masuk jalan yang terdapat gapura. Jalan dengan gapura nantinya akan mengarah ke Museum Kailasa atau Candi Arjuna.

Sementara belok kiri adalah jalan yang benar menuju Dieng Plateau Theater dan Batu Pandang Ratapan Angin. Jalan ini juga merupakan rute menuju Sikunir. Selanjutnya belok kiri lagi di sebuah pertigaan. Jalan itu nanti akan mengarah ke Dieng Plateau Theater dan Batu Pandang Ratapan Angin.

Nah, selanjutnya setelah kalian sudah sampai ditujuan, anda akan menaiki puluhan anak tangga untuk sampai ke Batu Pandang Ratapan Angin. Capek sih, tapi itu akan terbayarkan setelah anda menikmati keindahan diatas sana.