-->

Air Terjun Sipiso Piso - Letak, Tinggi dan Gambar

Tidak ada komentar

Mari Liburan YUK - Air Terjun Sipiso Piso terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Tinggi air terjun ini mencapai hingga 120 meter yang berada diketinggian 1300 meter diatas permukaan laut, dan termasuk dari salah satu daftar 10 air terjun tertinggi di Indonesia. Pemandangan air terjunnya sangat indah dan kalian bisa lihat dari beberapa gambar yang kami tampilkan disini.

gambar air terjun sipiso piso
Gambar Air Terjun Sipiso Piso, image by PegiPegi.com

Baca juga: Air Terjun Simempar

Nah, buat kalian yang suka dengan destinasi wisata air terjun maka Air terjun Sipiso Piso ini bisa menjadi pilihan untuk menikmati indahnya suasana alam sekitar.

Air terjunnya termasuk tipe plunge yakni dimana aliran airnya menguncur deras dan membentuk vertikal sempurna. Untuk aliran air derasnya tersebut berasal dari sungai bawah tanah bernama sungai Pajanabolon yang merupakan salah satu sungai yang menyuplai air ke Danau Toba. Jadi lokasinya tidak jauh dari icon wisata paling populer di medan tersebut.

Sejarah Nama Air Terjun Sipiso Piso

Kenapa disebut Air Terjun Sipiso Piso? Dulu di zaman dahulu masyarakat Sumatera sudah memberi nama air terjun ini dengan sebutan "Piso" yang dalam bahasa batak artinya Pisau. Nama ini diambli karena airnya yang begitu deras jatuh dari bukit yang tinggi sehingga apabila kita melihatnya airnya begitu tajam dan curam bagaikan sebilah pisau jika dilihat dari kejauhan.

gambar air terjun sipiso piso
Gambar air Terjun Sipiso Piso, Image by bernas.id

Sebutan "Sipiso-Piso" sebenarnya juga diambil dari nama gunung yang letaknya berada di sisi timur laut air terjun. Nama gunung itu adalah Dolok Sipiso-Piso yang memiliki ketinggian kisaran 1.860 meter mdpl diatas permukaan air laut.

Jumlah Anak Tangga Air Terjun Sipiso Piso

Berapa jumlah anak tangga air terjun ini? Karena termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia maka kalian harus butuh tenaga ekstra untuk bisa menuruni untuk menuju lokasi air terjun tersebut. Jumlah anak tangga berjumlah 500 yang dibangun diatas bukit curam, kalian butuh waktu kurang lebih sekitar 1 jam 45 menit dengan berjalan kaki. Jadi siapkan stamina kalian untuk berpetualang mengunjungi tempat wisata yang cukup menantang ini.

gambar anak tangga air terjun sipiso piso
Gambar anak tangga Air Terjun Sipiso Piso, Image by Tribunnews.com

Baca juga: Air Terjun Coban Canggu

Fasilitas yang Terdapat di Air terjun Sipiso Piso

Nah apa saja fasilitas yang disediakan dilokasi air terjun ini? Fasilitasnya cukup memadai terdapat warung makan, tempat area parkir, spot foto yang keren-keren, toilet, pasar oleh-oleh sampai pondok sebagai tempat peristirahatan.

Di pasar oleh-oleh kalian bisa berbelanja dengan berbagai jenis belanjaan khas dari tempat wisata ini diantaranya adalah celana dan rok katun khas Tongging yang memiliki gambar pemandangan gunung dan ikan. Ada juga baju kaos dengan gambar air terjun Sipiso Piso. Kemudian baju dingin rajutan dan baju khas Brastagi. Harganya beragam mulai dari harga Rp.35.000 hingga Rp.150.000.

Lokasi dan Harga Tiket Air Terjun Sipiso Piso

Lokasinya berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Untuk harga tiketnya sangat murah cuma Rp.10.000 saja.

Nah jika kalian penasaran dan ingin mencoba melihat keindahan alam sekitar air terjun ini langsung saja datang kemari.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.