-->

Perumahan Subsidi di Situbondo Simak Harga Jualnya

Tidak ada komentar

Situbondo kini menjadi daerah pembangunan perumahan KPR bersubsidi. Perumahan KPR subsidi di Situbondo tidak hanya di sekitar pusat kota tetapi juga telah merambah hingga ke beberapa kota kecamatan. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mencukupi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang belum mempunyai rumah.

KPR bersubsidi merupakan bantuan kredit pemilikan rumah oleh pemerintah untuk masyarakat yang memiliki pendapatan menengah ke bawah atau tidak lebih dari 4 juta rupiah tiap bulan. Keuntungan membeli rumah subsidi ialah DP yang rendah, bunga KPR yang di bawah rata-rata, dan durasi KPR yang lama hingga 20 tahun. Selain itu, rumah subsidi biasanya sudah ready bahkan sebelum akad kredit.

Rumah subsidi di Situbondo Angsuran Ringan

Menjamurnya perumahan subsidi di Situbondo adalah bukti bahwa nilai investasi rumah di Situbondo dari waktu ke waktu terus naik. Kenaikan nilai investasi properti di Situbondo setiap tahunnya berkisar antara 15-20%. Itulah yang membuat perumahan subsidi di Situbondo selalu ramai pembeli.

Harga rumah subsidi di Situbondo saat ini berkisar antara 140-170 juta rupiah. Ada beberapa tipe rumah subsidi yaitu tipe 21/60, 27/60, 30/60, 27/72, 30/72, dan 36/72. Rumah subsidi dengan tipe itu umumnya mempunyai 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Spesifikasi bahan bangunan yang dipakai untuk masing-masing perumahan berbeda-beda. Namun, untuk Kota Situbondo spek bahan bangunan yang digunakan yaitu pondasi batu kali, rangka dinding beton bertulang, dinding biasanya ada yang double tetapi kebanyakan single, lantai keramik 30x30, plafon GRC, rangka atap kayu atau baja ringan, atap genteng beton, pintu double triplek, listrik 1300 watt, dan air dari sumur bor.

Nah, untuk Kamu yang saat ini sedang mencari hunian di daerah Situbondo, di bawah ini rekomendasi perumahan subsidi murah di Situbondo yang mungkin bisa dijadikan referensi.


Perumahan Royal Pesanggrahan Regency

Kantor Pemasaran
PERUM ROYALE PESANGGRAHAN BLOK A. 03 JL. RAYA SITUBONDO - BANYUWANGI, DESA PESANGGRAHAN KECAMATAN JANGKAR KABUPATEN SITUBONDO NO. A3 JAWA TIMUR, KAB SITUBONDO, JANGKAR, PESANGGRAHAN
Telp : 085311038963
Email : pt.kjssitubondo21@gmail.com
Harga: Rp 150.500.000
Luas Bangunan: 36m 2
Luas Lahan: 60m 2
Kamar Tidur: 2
Kamar Mandi: 1

Perumahan Griya kapongan asri

Kantor Pemasaran
JL. SEKAR PUTIH NO. 24 JAWA TIMUR, KAB SITUBONDO, KAPONGAN, KESAMBIRAMPAK
Telp : 082334127728
Email : nayarabanguncipta123@gmail.com

Harga: Rp 150.500.000
Luas Bangunan: 36m 2
Luas Lahan: 70m 2
Kamar Tidur: 2
Kamar Mandi: 1

Perumahan Subsidi Kota Permata Indah

Kantor Pemasaran
JL. BUKIT PUTIH, ARDIRJO NO. 01 JAWA TIMUR, KAB SITUBONDO, PANJI, ARDIREJO
Telp : 085249677235
Email : PT.CBG@yahoo.com
Harga: Rp 150.499.999
Luas Bangunan: 36m 2
Luas Lahan: 72m 2
Kamar Tidur: 2
Kamar Mandi: 1

Persyaratan membeli rumah subsidi

Ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi apabila Anda mau memiliki rumah subsidi. Berikut yaitu beberapa kriteria dan dokumen yang mesti dilengkapi supaya dapat memiliki rumah subsidi.
  1. WNI berusia minimal 21 tahun
  2. Belum memiliki rumah atau tempat tinggal tetap sendiri
  3. Pendapatan tiap bulan tidak boleh lebih dari 4 juta rupiah
  4. Telah bekerja atau memiliki usaha paling tidak 1 tahun
  5. Memiliki NPWP dan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi
Adapun dokumen yang harus disiapkan guna mengajukan KPR rumah subsidi yaitu:
  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi NPWP
  4. Fotokopi akta nikah apabila telah menikah
  5. Pas foto 3 x 4
  6. Slip gaji asli sebulan terakhir yang ditandatangani oleh bendahara kantor
  7. Surat keterangan aktif bekerja (dtandatangani dan stempel dari HRD perusahaan)
  8. Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  9. Surat keterangan belum mempunyai rumah dari kelurahan
  10. Buku tabungan rekening bank yang disyaratkan
  11. SPT tahunan
  12. Mengisi form FLPP dan aplikasi KPR
  13. Materai 15 lembar (bisa juga kurang)

Tips membeli rumah subsidi

Dalam kamus investasi properti, terdapat tiga hal utama yang wajib menjadi perhatian ketika membeli rumah. Pertama adalah lokasi, kedua lokasi, dan ketika tetap lokasi. Artinya, lokasi adalah prioritas pertama dan utama, baru kemudian disusul oleh faktor yang lain seperti siapa pengembangnya, kemampuan kita untuk membayar, dan semacamnya.

Lokasi
Ada tiga hal terkait lokasi yang harus menjadi perhatian saat membeli rumah subsidi. Pertama, pilih lokasi dekat fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan sebagainya. Memang sulit mendapatkan perumahan subsidi di Situbondo yang lokasinya dekat atau berdekatan langsung dengan fasilitas umum. Paling tidak jika Kalian membeli rumah, dapat mengakses fasilitas umum dengan gampang. Gampang dalam pengertian lokasinya tidak terlalu jauh atau bahkan tidak ada. Apabila memang terpaksa ada satu atau dua fasilitas umum yang letaknya agak jauh pastikan bahwa fasilitas umum tersebut bukanlah tempat/hal yang tiap saat mesti Anda datangi. Misalkan Kalian punya anak yang bersekolah, tetapi sekolahnya berlokasi di tempat yang jauh dengan tempat tinggal Anda. Bahkan, tidak ada kendaraan yang menuju sekolah tersebut dari rumah Anda. Hindarkan mengambil hunian di lokasi seperti itu. Akan lebih baik lagi apabila pengembang telah menyiapkan fasum yang include perumahan Kalian. Lokasi perumahan yang menyiapkan beragam fasilitas di dalamnya umumnya memiliki harga jual lebih mahal karena mengadopsi konsep one stop living.

Kedua keberadaan komunitas property. Saat Anda mengambil rumah subsidi di Situbondo, pastikan bahwa di sekeliling perumahan yang Kalian beli juga ada komunitas perumahan-perumahan lain. Komunitas dapat menjadi indikator pendorong melonjaknya harga properti. Komunitas masyarakat yang banyak mendorong perilaku ekonomi warga meningkat. Apabila komunitas semakin bertambah tidak menutup kemungkinan bagi orang atau pelaku usaha berminat berinvestasi di situ. Di samping itu, adanya komunitas juga menarik perhatian orang untuk ikut tinggal di wilayah tersebut atau hanya untuk berinvestasi. Apabila permintaan terhadap rumah di kompleks Anda meningkat maka harga rumah pun ikut melonjak. Imbasnya, uang hasil keringat yang telah Anda investasikan akan terus berkembang.

Ketiga peta perkembangan wilayah dalam beberapa tahun ke depan. Meningkatknya permintaan terhadap hunian membuat pengembang rumah subsidi berani membangun perumahan di area yang boleh dibilang kurang atau tidak strategis. Jauh dari hiruk pikuk keramaian. Mengapa mereka berani berspekulasi seperti itu? Pasti ada alasan. Salah satunya karena plan jangka panjang. Maksudnya, bisa jadi daerah tersebut sekarang kurang tetapi tata kota pemerintah daerah 5 atau 10 tahun ke depan barangkali menjadi alasannya. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai site plan wilayah di dinas tata kota atau cukup bertanya kepada warga sekitar.

Developer
Telah banyak berita tentang developer bodong yang membawa lari uang konsumen. Setoran uang muka hilang dibawa kabur developer nakal dan konsumen tidak memperoleh hak yang dijanjikan. Tentu kita tidak ingin ada kejadian semacam itu. Oleh karena itu, penting bagi kita calon pembeli untuk mengecek kredibilitas pengembang perumahan yang ingin kita beli. Caranya bagaimana? Yang paling sederhana yaitu mencari rekam jejak properti yang pernah mereka bangun sebelumnya dan juga legalitasnya.

Kemampuan membayar
Ketika kita wawancara kredit di bank, biasanya akan ditanya perihal besar gaji dan pengeluaran tiap bulan. Pertanyaan itu dimaksudkan untuk memastikan apakah kita sebagai calon debitur mempunyai kemampuan untuk membayar cicilan KPR atau tidak. Biasanya rumus yang digunakan oleh pihak bank untuk menetapkan besaran cicilan dan masa KPR ialah besaran cicilan dan pengeluaran bulanan debitur tidak boleh lebih besar 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, jika kita mendapatkan gaji sebesar 4 juta per bulan, maka kita hanya diperbolehkan membayar cicilan per bulannya sebesar 1 juta rupiah saja. Itulah mengapa besaran cicilan KPR subsidi umumnya kurang dari 1,5 juta. Apabila gaji kita lebih rendah dari itu, biasanya kita akan ditawari dengan jumlah angsuran yang lebih kecil dan masa pinjaman diperpanjang. Misalnya, untuk masa angsuran 10 tahun harusnya kita mengangsur 1,3 juta per bulan, tetapi karena kondisi tersebut kita diberikan penawaran cicilan 900 ribu dengan lama angsuran 15 tahun.

Hal tersebut tentu harus kita perhitungkan secara matang dari awal. Ingat, membayar cicilan KPR tidak seperti membayar utang kepada tetangga, hehe. Jika Kalian tidak kuat membayar sejumlah nominal yang ditetapkan dalam kurun waktu tertentu bisa-bisa rumah Anda akan disita oleh pihak bank. Oleh karena itu, ketika akad kredit baca dan pelajari baik-baik butir-butir perjanjian yang dicantumkan. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari karena kurang teliti.

Itulah informasi singkat mengenai perumahan subsidi di Situbondo. Temukan juga rekomendasi perumahan subsidi di seluruh kota di Indonesia di web ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.