Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Fantasi Pendek Beserta Strukturnya

Cerita fantasi adalah bentuk cerita khayalan. Cerita fantasi menjadi salah satu jenis karya yang dapat ditulis oleh siapapun karena imajinasinya. Cerita ini dapat memuat cerita kisah fiktif/khayalan. Namun, pada dasarnya dalam cerita fantasi terdapat unsul atau hal yang mustahil untuk terjadi di dalam dunia nyata.

  

Dikutip dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa fantasi merupakan bentuk daya untuk menciptakan sesuatu dalam angan-angan. Cerita fantasi merupakan cerita yang ditulis oleh seorang penulis berdasarkan dengan imajinasi penulis tersebut. cerita fantasi merupakan sebuah karya tulis yang mampu melatih kreatifitas menulis seseorang. 

Struktur teks fantasi

Dalam teks fantasi memuat adanya struktur bagian yang terdiri dari orientasi, komplikasi, dan resolusi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai tiga struktur bagian tersebut:

Orientasi, yakni bagian yang menjelakan tentang pengenalan sebuah cerita. Dalam bagian ini dapat ditemukan adanya tema, pengenalan tokoh, dan alur yang ditulis oleh pengarang. Pengenalan tokoh pada suatucerita fantasi tidak harus berada di bagian orientasi. Namun, banyak ditemui penulis cerita fantasi sering memunculkan pengenalan tokoh pada bagian orientasi.

Konflik, yakni bagian dalam cerita fantasi yang memuat adanya mulai munculnya suatu permasalahan. Permasalahan ini merupakan inti dari jalannya cerita fantasi. Dalam bagian ini, penulis harus mampu membuat setiap pembaca berhasil membangun imajinasinya sehingga mampu membuat mereka untuk terus penasaran dengan jalannya bagian-bagian cerita selanjutnya.

Resolusi, yakni bagian cerita fantasi yang menjelaskan tentang penyelesaian konflik atau ditunjukkan bahwa permsalahan mulai mereda (telah menemukan jalan keluar). Pada bagian ini permasalahan dalam cerita telah menemukan jalan keluar. Sehingga, pembaca akan akan dibuat bertanya-tanya dengan bagian akhir cerita tersebut seperti apa.

Ending, yakni bagian akhir dari cerita fantasi. Bagian ini dapat berupa akhir cerita yang bahagia yang sering ditunjukkan dengan sebuah pertemuan atau berakhir kesedihan yang sering ditunjukkan dengan perpisahan ataupun kematian.

Contoh teks fantasi

Nah, tentu kalian sudah memiliki bayangan bukan mengenai struktur teks fantasi? Sekarang, kalian dapat membaca salah satu contoh cerita fantasi pendek berikut ini yang telah dijelaskan beserta dengan struktur bagiannya.

Pensil Ajaib

(Orientasi)

Laila adalah seorang gadis miskin yang pandai. Sebagian waktunya ia gunakan untuk belajar dan membantu orang tuanya. Selain itu, Laila juga suka menghabiskan waktunya untuk menggambar.

Sayangnya, kini ia tidak dapat menggambar lagi karena pensil yang dimilikinya sudah hampir habis dan sangat pendek sehingga tidak dapat digunakan lagi. Laila juga tidak bisa membeli pensil baru karena tidak memiliki cukup uang.

(Komplikasi/konflik)

Dalam kesehariannya, Laila membantu orang tuanya memunguti plastik yang ada di jalan. Saat mengambil plastik, Laila menemukan ada sebuah pensil yang tergeletak di jalan. Laila mengambilnya dengan senang karena akan dapat menggambar lagi sepulang mencari plastik.

Saat di rumah, Laila mulai mengeluarkan pensil yang ia temukan tadi di jalan. Laila mencoba menggambar bunga di kertasnya. Alangkah kagetnya ketika selesai menggambar, tiba-tiba menjadi bunga sesungguhnya dan tergeletak di atas kertas tempat ia menggambar.

Laila merasa kaget dan tidak percaya. Ia mulai menggambar ayam untuk memastikan apakah yang ia lihat memang nyata. Sesaat setelah ia menggambar ayam, alangkah kagetnya tiba-tiba di hadapannya ada seekor ayam hidup yang berkokok sangat kencang.

Kini ia menyadari bahwa ia memiliki sebuah pensil ajaib. Dengan sigap ia segera menggambar berbagai keperluan yang dibutuhkan oleh keluarganya. Ia menggambar beras, makanan, lauk-pauk, uang, dan berbagai kebutuhan lainnya.

(Resolusi)

Saat orang tua Laila datang, alangkah kagetnya mereka melihat rumah dipenuhi banyak benda yang mereka butuhkan. Ibunya hampir menangis karena merasa sangat bahagia kebutuhan mereka dapat tercukupi.

Meski begitu, Laila menggunakan pensil ajaibnya dengan bijak. Ia tidak sembarangan menciptakan benda dengan pensil ajaibnya. Ia tahu bahwa bersikap berlebihan nantinya akan menimbulkan petaka baik untuk dirinya maupun dengan keluarganya.

Bagaimana? Sudah semakin paham tentang cerita teks fantasi kan? Yapss, itu tadi adalah pengertian mengenai cerita fantasi, struktur bagian yang harus ada dalam menulis cerita fantasi hingga contoh cerita fantasi. Yuk, mulai mencoba menulis cerita fantasi dan terus kembangkan imajinasimu.