Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya

Teks ulasan merupakan suatu teks yang berisi tentang pendapat suatu karya yang sedang diulas. Pendapan atau sudut pandang seseorang terhadap suatu karya yang diulas tersebut dalam teks ulasan diwujudkan dengan berupa fakta-fakta yang sudah terinterpretasikan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ulasan adalah bentuk kupasan, tafsiran, atau komentar. Sedangkan mengulas memiliki makna bahwa memberikan penjelasan, komentar, menafsirkan dalam bentuk pendapat dan sebagainya.



Adapun karya-karya yang dapat sering diulas yakni karya sastra, artikel, hingga karya seni. Selain itu, teks ulasan juga sering digunakan untuk mengulas kejadian atau peristiwa. Tujuannya tentu untuk menilai, menimbang, serta memberikan kritik dan saran terhadap karya atau peristiwa yang akan diulas tersebut.

Struktur teks ulasan

Taukah kamu jika dalam menulis teks ulasan kita harus memperhatikan adanya struktur bagian. Hal tersebut harus diperhatikan agar teks ulasan terstruktur dan lebih mudah untuk dipahami bagi setiap pembacanya. Struktur bagian yang termuat dalam teks ulasan terdiri dari bagian orientasi, ulasan, evaluasi, dan rangkuman. Nah, apa saja yang termuat dari keempat bagian tersebut? berikut ini adalah penjelasannya.
  1. Orientasi, yakni bagian dalam teks ulasan yang terdapat di paling awal dan menjelaskan mengenai identitas karya atau peristiwa yang akan diulas. Dalam bagian ini juga dapat berisi tentang tujuan, kegunaan atau manfaat dari dilakukannya ulasan tersebut.
  2. Tafsiran, yakni bagian yang menjelaskan tentang pandangan seorang penulis terhadap karya atau peristiwa yang sedang diulas.
  3. Evaluasi/penilaian, yakni bagian yang memuat penilaian terhadap karya yang diulas. Pada bagian ini juga memuat hal lebih rinci mengenai kelebihan dan kekurangan karya. Sederhananya, dalam bagian ini memuat adanya pandangan secara obyektif akan penilaian seseorang terhadap karya atau peristiwa yang diulas.
  4. Rangkuman, yakni bagian yang terdapat di akhir teks ulasan. Bagian ini juga dapat disebut sebagai penutup dan bersifat opsional.

Contoh teks ulasan

Nah, untuk menambah pemahaman kalian. Mari kita simak contoh teks ulasan beserta dengan strukturnya berikut ini!

Ulasan Film 5 CM

Orientasi

Film ini merupakan karya yang diadopsi dari novel nasional best seller. Novel 5 CM merupakan karya Donny Dhirgantoro. Rizal Mantovani kemudian menjadi sutradara pada film yang bergenre drama inspiratif ini.

Film ini dirilis pada 2012. Beberapa tokoh atau pemeran utama, yaitu Herjunot Ali (Zafran), Fedi Nuril (Genta), Denny Sumargo (Arial), Igor Saykoji (Lan), Raline Syah (Riani), dan Pevita Pearce (Adinda).

Isi Resensi/Ulasan

Film ini menceritakan kisah persahabatan, cinta, nasionalisme, dan impian tentang masa depan. Rasa nasionalisme dan cinta pada negeri digambarkan dengan apik melalui film ini. Sederhana, namun pas. Ada banyak nilai-nilai kehidupan yang disampaikan. Banyak ide-ide cemerlang dituangkan dalam bentuk cerita yang seru.

Tokoh utama pada film ini sudah menjalin persahabatan cukup lama. Mereka punya sifat dan karakter yang berbeda-beda. Suatu ketika, mereka berkumpul di rumah Arial dan berkomunikasi tentang persahabatan mereka. Seketika, Genta berinisiatif dan memberikan ide agar mereka tidak bertemu dalam kurun waktu yang ditentukan.

Akhirnya, mereka sepakat dan memutuskan untuk berpisah sementara, tidak ada komunikasi dan tidak ada pertemuan dalam kurun waktu tiga bulan. Mereka sepakat untuk bertemu kembali pada waktu dan tempat yang ditentukan.

Akhirnya mereka bertemu pada tanggal 17 Agustus untuk melakukan perjalanan agar lebih mencintai Indonesia. Mereka merayakan kemerdekaan di Gunung Semeru, puncak tertinggi Jawa.

Mereka mendaki bersama dengan rombongan lainnya. Rasa haus, lapar, dan lelah terbayar saat mereka sampai di puncak. Mereka mengibarkan Bendera Merah Putih pada hari kemerdekaan di tempat yang sungguh indah. Gunung Semeru menjadi saksi persahabatan dan nasionalisme mereka.

Pengalaman tersebut sangat berharga dan membekas di hati. Suatu hal yang tidak pernah terlupakan. Mereka menghadapi segala rintangan karena mereka punya impian. Impian yang diletakkan tepat 5 cm di depan kening.

Penilaian

Film ini disampaikan dengan sangat inspiratif. Perjalanan demi mengibarkan Sang Saka Merah Putih dimunculkan dengan sangat apik. Keindahan alam Indonesia ditampilkan. Kekayaan Indonesia terpancar dalam film ini. Judul filmnya sederhana, namun sangat membekas dalam ingatan. Karakter setiap tokoh menggambarkan perbedaan, namun tetap bersatu.

Rangkuman Film ini bagus untuk pemuda pemudi Indonesia. Ada banyak hikmah yang bisa diambil dari setiap kejadian. Pesan dalam film ini, antara lain adalah mengajarkan untuk pantang menyerah dan terus bermimpi hingga pada akhirnya bisa meraih mimpi tersebut.

Itulah tadi definisi teks ulasan, struktur teks ulasan yang benar, dan contoh teks ulasan. Semoga bisa dipahami ya teman-teman. Terima kasih