-->

Cara Menghilangkan Virus di HP Android

Tidak ada komentar

Cara Ampuh Menghilangkan Virus di Android - Android tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda, Android sendiri merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google berbasis kernel Linux yang ditujukan untuk berbagai perangkat dengan teknologi layar sentuh. Sistem operasi Android sendiri merupakan salah satu sistem operasi mobile yang paling terkenal di dunia dan sudah banyak digunakan di smartphone dan tablet. Android sendiri semakin populer, karena sistem operasi ini sudah banyak dikembangkan aplikasi pihak ketiga yang memungkinkannya digunakan untuk berbagai aktivitas seperti mendengarkan musik, bermain game, browsing internet dan berbagai hal yang membantu produktivitas.


Walaupun sistem operasi Android memiliki banyak sekali kelebihan, android juga memiliki kekurangan seperti mudah terinfeksi virus. Semua itu bebalik lagi dengan penggunaan, jika anda menggunakan android untuk mengunduh atau berselancar di internet secara sembarangan, maka bisa dipastikan perangkat android anda akan mudah terserang virus. Namun anda tidak perlu khawatir karena dibawah ini kami akan sajikan ulasan lengkapnya untuk anda tentang cara mengatasi virus di android yang bisa dicoba.

Cara Ampuh Menghilangkan Virus di Android

1. Menggunakan Anti Virus

Jika Anda ingin menghapus virus di ponsel Android, Anda dapat menggunakan program antivirus. Saat ini sudah banyak program antivirus yang bisa Anda unduh dari Google Play Store. Anda bisa mengunduh program antivirus seperti AVG, Kaspersky, Avira dan masih banyak program antivirus lainnya yang dapat menghapus dan juga mengkarantina virus yang menyerang smartphone.

2. Uninstal Aplikasi Yang Bermasalah

Perlu Anda ketahui bahwa virus bisa datang dari mana saja, salah satunya berasal dari aplikasi yang Anda instal, terutama dari sumber yang tidak terpercaya. Jika Anda melihat aplikasi yang bermasalah, seperti sering memberikan pesan error, lebih baik Anda uninstall aplikasi tersebut karena khawatirnya aplikasi tersebut mengandung virus didalamnya dan bisa berakibat ponsel android anda terkena virus.

3. Melakukan Pengaturan Awal

Untuk dapat menghapus virus yang ada pada smartphone Android, Anda dapat melakukan pengaturan awal atau sering disebut dengan master reset. Dengan operasi konfigurasi awal ini, smartphone Anda akan kembali ke keadaan semula, yang cukup efektif dan mudah karena Anda dapat melakukannya dengan mudah dari menu pengaturan yang ada pada smartphone anda.

4. Melakukan Tindakan Pencegahan

Mencegah lebih baik daripada mengobati, hal ini juga berlaku untuk smartphone Android yang Anda miliki. Sebelum smartphone android anda terserang virus, ada baiknya melakukan pencegahan seperti tidak mendownload aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya agar smartphone anda tetap aman dibandingkan sebelum terkena virus.

5. Masuk ke Safe Mode

Perlu anda ketahui bahwa setiap smartphone dengan sistem operasi android memiliki fungsi safe mode, jika anda masuk ke safe mode maka smartphone android anda akan berjalan lebih ringan dan aman karena hanya akan menjalankan aplikasi utama saja. Dalam mode aman, Anda dapat memeriksa dan menghapus file yang diduga mengandung virus.

Demikian ulasan lengkapnya bagi anda tentang caramenghilangkan virus di android yang bisa dicoba. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.