-->

Virus Yang Dapat Merusak Smartphone Android

Tidak ada komentar

Jenis Virus Yang Dapat Merusak Smartphone Android – Seperti halnya perangkat komputer, smartphone android juga berpotensi mengalami infeksi virus. Virus yang menjangkiti smartphone sifatnya beragam. Ada yang hanya mengganggu kinerja dan ada pula yang bisa sampai mencuri data hingga merusak perangkat. Tentu jenis virus yang kedua ini sangat ditakuti. Bahkan antivirus sekalipun hanya memiliki efek sedikit dalam menangani virus tersebut. Maka dari itu anda mesti tahu apa saja jenis virus yang bisa merusak perangkat android.

Virus-virus tersebut bisa masuk ke dalam perangkat ponsel karena beberapa faktor. Bisa jadi karena jaringan wifi atau bluetooth tetap “ON” meskipun tanpa adanya sumber yang tersedia. Selain itu kebiasaan mengunduh aplikasi dari pihak yang ilegal juga berpotensi masuknya virus ke android anda. Jenis virus yang sifatnya merusak ini sangat beragam. Penting sekali mengetahuinya agar anda bisa mengatasinya secara cepat. berikut beberapa contoh virus yang berpotensi merusak android.

Berbagai Virus Yang Dapat Merusak Android

1. Plankton

Virus plankton merupakan salah satu jenis virus yang bisa menyelinap melalui Angry Bird Rio. Virus plankton ini akan memulai aksinya ketika game dimainkan. Secara mengejutkan di tengah-tengah permainan anda akan mendapatkan pop-up yang berisi pesan agar kita mau meng-unlock level. Padahal pesan tersebut hanyalah jebakan virus yang akan menyelinap ke smartphone anda.

2. Droiddream

Virus berbahaya ini akan menyelinap ke dalam perangkat dan mengambil alih kontrol sistem android anda. secara jarak jauh virus akan mengambil data-data penting di dalam smartphone anda. sebaiknya untuk menghindari perangkat terjangkit virus satu ini anda mesti selektif dalam mengunduh aplikasi. Sebaiknya unduh dari platform yang legal seperti Google Play Store.

3. Stagefright

Virus malware satu ini sudah merugikan hampir 1 milyar pengguna di seluruh dunia. Virus berbahaya ini mampu masuk ke dalam perangkat dan mengakses data secara diam-diam tanpa sepengetahuan pemiliknya. Data yang dicuri tersebut akan dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan tertentu. Virus satu ini bekerja dengan cara menanam bug dan kemudian menyebar ke seluruh file anda.

4. Cyber Police

Cara kerja virus satu ini adalah dengan mengunci data-data android anda melalui pesan Pop-up yang muncul tanpa henti. Hal ini menyebabkan perangkat tidak bisa digunakan. biasanya Cyber Police mendompleng melalui situs-situs ilegal yang memang tidak disarankan untuk dikunjungi. selain mengunci data, file smartphone anda pun akan terancam hilang jika terjangkit dengan virus satu ini.

5. Engriks

Cara kerja Engriks hampir sama seperti Cyber Police. Virus satu ini bisa masuk jika perangkat mengakses situs ilegal. Smartphone akan terus mendapat pesan pop-up yang menganggu sehingga tidak bisa digunakan. Jika hal ini terjadi, jalan satu-satunya adalah dengan melakukan flashing ulang sistem android anda.

Nah, itu dia berbagai jenis virus yang bisa merusak smartphone android. selain memasang antivirus, anda juga mesti selektif dalam mengunjungi situs serta mengunduh aplikasi. Semoga bermanfaat. 

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.