-->

Teknik Foto Berkualitas Dengan Smartphone Android

Tidak ada komentar

Tips Agar Menghasilkan Foto Berkualitas Dari Smartphone Android –Fitur kamera yang ada di android dewasa ini semakin canggih. Tak ayal anda pun bisa mendapatkan hasil foto yang berkualitas hanya berbekal kamera. Belum lagi banyaknya aplikasi edit foto dan berbagai jenis efek yang didalamnya. Namun kecanggihan tersebut tidak bisa anda maksimalkan tanpa tahu bagaimana cara menghasilkan foto yang berkualitas. Banyak yang mengira foto yang menarik hanya bisa dihasilkan melalui kamera digital atau DSLR saja. 

Anda bisa memanfaatkan kamera smartphone untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Yang paling penting dalam menjepret objek adalah memperhatikan bagaimana komposisi objek di dalam satu frame. Selain itu kejelasan objek juga sangat penting agar foto menjadi lebih menarik dan berkualitas. Banyak cara yang bisa anda coba untuk menghasilkan hasil foto berkualitas. Dan cara selengkapnya untuk menghasilkan foto berkualitas akan diulas lebih lanjut berikut ini. 

Tips Menghasilkan Foto Berkualitas Dari Smartphone

1. Perjelas Objek Foto

Dengan memperjelas objek foto maka hasil jepretan anda akan jauh lebih menarik dan membuat orang-orang betah melihatnya. Namun demikian tidak selamanya anda mesti meletakan objek di tengah frame. Anda bisa menatanya di bagian pinggir asalkan fokusnya jelas. Pastikan lensa sudah terfokus terlebih dulu barulah anda memotretnya. Hal ini bertujuan agar objek bisa dibidik lebih jelas.

2. Pilih tempat yang banyak memiliki efek cahaya

Pencahayaan merupakan hal penting dalam dunia fotografi. Oleh sebab itu anda mesti memperhatikan bagaimana komposisi cahaya walaupun menggunakan kamera ponsel. Jangan pilih tempat yang minim cahaya karena akan membuat gambar menjadi buram. Pun begitu jangan pilih tempat yang terlalu banyak cahayanya karena hasil bidikan adna akan menjadi over-exposure. 

3. Bersihkan lensa kamera android

Hasil foto yang buram bisa jadi disebabkan karena lensa kamera android kotor. Hal ini bisa saja terjadi karena debu yang melekat atau lensa tersentuh oleh kulit yang berminyak. Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan tisu yang dibasahi dengan sedikit alkohol atau sedikit air. kemudian sapukan secara perlahan pada lensa kemudian keringkan kembali dengan tisu kering.

4. Jangan gunakan digital zoom

Digital zoom bermanfaat mendekatkan objek bidikan jika kita mengambilnya dari jarak jauh. namun efeknya gambar bisa mengalami pecah resolusi. Hal ini akan membuat kualitas gambar menurun. Digital zoom pada dasarnya bekerja dengan cara memperbesar gambar dengan cara memperkecil pixels. Agar hasil foto tetap bagus cobalah dekati objek bidikan anda.

5.Perhatikan komposisi

Agar hasil foto lebih keren, cobalah atur komposisi dalam satu frame nya. Anda bisa menggunakan garis bantu, sudut pengambilan objek hingga teknik framing dengan komposisi ideal untuk mendapatkan hasil bidikan terbaik. Anda juga perlu memperhatikan pengaturan seperti angle hingga kecerahan objek bidikan anda.

Dengan melakukan teknik diatas walaupun anda menggunakan kamera dari smartphone hasilnya tetap optimal. Semoga bermanfaat. 

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.