-->

Perumahan Subsidi di Cisauk Dekat Stasiun Intermoda

Tidak ada komentar

Cisauk sekarang menjadi daerah pengembangan perumahan KPR bersubsidi. Perumahan KPR subsidi di Cisauk bukan hanya di dekat pusat kota melainkan juga sudah merambah sampai ke beberapa kota kecamatan. Hal itu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan rumah bagi warga masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah yang belum memiliki rumah.

KPR bersubsidi yaitu bantuan kredit pemilikan rumah oleh pemerintah bagi warga berpenghasilan rendah atau maksimal 4 juta rupiah per bulan. Keuntungan mengambil rumah subsidi ialah DP yang ringan, bunga KPR yang ringan, dan durasi KPR yang panjang sampai 20 tahun. Selain itu, rumah subsidi biasanya sudah siap ditempati bahkan sebelum akad kredit.

Rumah subsidi di Cisauk Harga 100 Jutaan

Banyaknya perumahan subsidi di Cisauk adalah bukti bahwa nilai investasi property di Cisauk dari hari ke hari semakin mengalami peningkatan. Kenaikan nilai investasi properti di Cisauk tiap tahun berkisar antara 15-20%. Inilah yang membuat perumahan subsidi di Cisauk selalu ramai pembeli.

Harga rumah subsidi di Cisauk saat ini sekitar 140-170 juta rupiah. Ada beberapa tipe rumah subsidi antara lain tipe 21/60, 27/60, 30/60, 27/72, 30/72, dan 36/72. Rumah subsidi dengan tipe itu biasanya mempunyai 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Spek bahan bangunan yang dipakai untuk setiap perumahan berbeda-beda. Tetapi, untuk Kota Cisauk spesifikasi bahan bangunan yang dipakai yaitu pondasi batu kali, rangka dinding beton bertulang, dinding biasanya ada yang double tetapi kebanyakan single, lantai keramik 30x30, plafon GRC, rangka atap kayu atau baja ringan, atap genteng beton, pintu double triplek, listrik 1300 watt, dan air dari sumur bor.

Nah, untuk Kalian yang sekarang ini sedang mencari hunian di daerah Cisauk, di bawah ini beberapa perumahan murah di Cisauk yang mungkin bisa digunakan sebagai referensi. Sebagai catatan untuk saat perumahan subsidi di Cisauk memang sudah tidak ada yang dipasarkan. Tetapi Anda bisa membeli rumah over kredit di Cisauk yang dulunya adalah rumah subsidi. Berikut beberapa perumahan subsidi yang pernah eksis di Cisauk.

Serpong Suradita Residence

Serpong Suradita Residence merupakan proyek perumahan ketujuh ADCO Property Group di Kawasan Strategis BSD-Tangerang. Serpong Suradita memiliki lahan seluas 45 hektar dengan kapasitas kurang lebih 2.800 unit rumah dan saat ini 80% rumah dimiliki oleh warga. Sebelumnya, perumahan ini dikenal sebagai Perumahan KOPRI atau Griya Suradita Indah. Rumah Serpong Suradita dilengkapi dengan fasilitas modern seperti pasar, bisnis, masjid, fasilitas olahraga, wisata danau dan keamanan. Serpong Suradita Residence sedang dalam fase peembangunan ke-5 menyediakan perumahan cluster dengan harga terjangkau di setiap cluster.

Pesona Ciputih

Pesona Ciputih adalah cluster termurah di dekat kawasan kota BSD. Pesona Ciputih adalah cluster termurah, menyediakan perumahan terjangkau bagi konsumen di lingkungan perkotaan. Tinggal di cluster murah adalah impian. Dengan akses yang mudah, banyak fasilitas umum, Cluster Pesona Ciputih merupakan salah satu pilihan yang paling menguntungkan sebagai tempat tinggal atau sebagai investasi. Klaster Pesona Ciputih yang berdiri di lahan seluas 7,6 hektar ini terletak tidak jauh dari kawasan BSD Tangarang. Tersedia rumah siap huni dengan biaya rendah dan perumahan yang sangat nyaman dan sejuk.

Persyaratan membeli rumah subsidi

Terdapat beberapa persyaratan yang mesti dilengkapi jika kita mau memperoleh rumah subsidi. Berikut yaitu beberapa kriteria dan dokumen yang mesti dilengkapi supaya dapat memeroleh rumah subsidi.
  1. WNI berusia minimal 21 tahun
  2. Belum memiliki rumah atau tempat tinggal tetap sendiri
  3. Penghasilan tiap bulan tidak boleh lebih dari 4 juta rupiah
  4. Telah bekerja atau memiliki usaha sekurang-kurangnya 1 tahun
  5. Memiliki NPWP dan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi
Adapun dokumen yang mesti disiapkan guna mengajukan KPR rumah subsidi antara lain:
  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  2. Fotokopi KK
  3. Fotokopi NPWP
  4. Fotokopi akta nikah apabila sudah menikah
  5. Pas foto 3 x 4
  6. Slip gaji asli sebulan terakhir yang ditandatangani oleh bendahara kantor
  7. Surat keterangan aktif bekerja (dtandatangani dan stempel dari HRD perusahaan)
  8. Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  9. Surat keterangan belum memiliki rumah dari kelurahan
  10. Buku tabungan rekening bank yang disyaratkan
  11. SPT tahunan
  12. Mengisi form FLPP dan aplikasi KPR
  13. Materai 15 lembar (bisa juga kurang)

Tips membeli rumah subsidi

Dalam kamus investasi properti, ada tiga hal utama yang wajib menjadi prioritas ketika membeli property. Pertama adalah lokasi, kedua lokasi, dan ketika masih lokasi. Artinya, lokasi adalah prioritas pertama dan utama, baru kemudian disusul oleh faktor yang lain seperti siapa pengembangnya, kemampuan kita untuk membayar, dan yang lainnya.

Lokasi
Ada tiga hal terkait lokasi yang mestinya diperhatikan ketika membeli rumah subsidi. Pertama, pilih lokasi dekat fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan sebagainya. Memang sulit menemukan perumahan subsidi di Cisauk yang aksesnya dekat atau berdekatan langsung dengan fasilitas umum. Paling tidak apabila Anda membeli rumah, dapat menjangkau fasilitas umum dengan gampang. Gampang dalam artian aksesnya tidak terlalu jauh atau bahkan tidak ada. Apabila memang terpaksa ada satu atau dua fasilitas umum yang letaknya agak jauh pastikan bahwa fasilitas umum tersebut bukan merupakan tempat/hal yang tiap saat mesti Anda datangi. Misalkan Anda memiliki anak yang bersekolah, sementara sekolahnya berlokasi di tempat yang jauh dengan rumah Kamu. Bahkan, tidak ada kendaraan yang menjangkau sekolah itu dari rumah Kalian. Hindarkan memilih rumah di lokasi seperti itu. Akan lebih baik lagi jika pengembang telah menyiapkan fasum yang ada di dalam perumahan Kalian. Lokasi perumahan yang menyiapkan beragam fasilitas di dalamnya biasanya mempunyai harga jual lebih mahal karena mengadopsi gagasan one stop living.

Kedua keberadaan komunitas property. Saat Anda mengambil rumah subsidi di Cisauk, pastikan bahwa di sekeliling perumahan yang Kalian beli juga terdapat komunitas properti lain. Komunitas bisa menjadi faktor pendorong melonjaknya harga properti. Komunitas masyarakat yang banyak mendorong perilaku ekonomi warga menggeliat. Jika komunitas semakin bertambah tidak menutup kemungkinan bagi orang atau pelaku usaha tertarik berinvestasi di situ. Selain itu, adanya komunitas juga menarik perhatian orang untuk ikut tinggal di wilayah tersebut atau hanya untuk berinvestasi. Apabila permintaan terhadap rumah di perumahan Kalian meningkat maka harga rumah pun ikut naik. Akibatnya, uang hasil keringat yang telah Anda investasikan akan terus meningkat.

Ketiga site plan daerah dalam beberapa tahun ke depan. Meningkatknya kebutuhan terhadap hunian membuat pengembang rumah subsidi berani membangun perumahan di area yang boleh dibilang kurang atau tidak strategis. Jauh dari hiruk pikuk keramaian. Apa alasan mereka berani berspekulasi seperti itu? Pasti ada alasan. Salah satunya karena plan jangka panjang. Maksudnya, mungkin daerah tersebut sekarang tidak tetapi tata kota pemerintah daerah 5 atau 10 tahun ke depan mungkin menjadi pertimbangannya. Kamu bisa mencari tahu mengenai site plan wilayah di dinas tata kota atau sekadar bertanya kepada warga setempat.

Developer
Telah banyak berita mengenai developer bodong yang membawa lari uang nasabah. Setoran uang muka hilang dibawa kabur pengembang nakal dan konsumen tidak mendapat hak yang seharusnya. Tentu kita tidak mau ada kejadian seperti itu. Makanya, penting bagi kita calon pembeli untuk mencari tahu kredibilitas pengembang perumahan yang ingin kita beli. Caranya seperti apa? Yang paling sederhana ialah mencari rekam jejak properti yang pernah mereka bangun sebelumnya dan juga legalitasnya.

Kemampuan membayar
Ketika kita wawancara kredit di bank, kita akan ditanya perihal besar gaji dan tanggungan per bulan. Pertanyaan tersebut dimaksudkan untuk memastikan apakah kita sebagai calon debitur mempunyai kemampuan untuk membayar cicilan KPR atau tidak. Biasanya rumus yang digunakan oleh pihak bank untuk menentukan besaran cicilan dan masa KPR ialah besaran angsuran dan pengeluaran bulanan debitur lebih kecil sama dengan 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, Apabila kita mempunyai gaji senilai 4 juta per bulan, maka kita hanya diperkenankan membayar cicilan per bulannya sebesar 1 juta rupiah saja. Itulah alasan besaran cicilan KPR subsidi biasanya di bawah 1,5 juta. Apabila gaji kita kurang dari itu, biasanya kita akan diberi masukan untuk mengambil jumlah cicilan yang lebih kecil dan masa pinjaman diperpanjang. Misalnya, untuk masa angsuran 10 tahun sedianya kita mengangsur 1,3 juta per bulan, tetapi karena kondisi itu kita diberikan penawaran angsuran 900 ribu dengan durasi 15 tahun.

Hal itu mestinya kita perhitungkan secara masak dari awal. Ingat, membayar cicilan KPR tidak seperti membayar utang kepada tetangga, hehe. Jika Anda tidak mampu membayar cicilan yang ditetapkan dalam kurun waktu tertentu bisa-bisa rumah Kalian akan disita oleh pihak pemberi kredit. Oleh karena itu, pada saat akad kredit baca dan pelajari baik-baik butir-butir perjanjian yang dituliskan. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari akibat kurang teliti.

Demikian informasi singkat mengenai perumahan subsidi di Cisauk. Temukan juga rekomendasi perumahan subsidi di seluruh kota di Indonesia di web ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.