-->

Perumahan Subsidi di Tuban Lokasi Strategis Pusat Kota

Tidak ada komentar

Tuban sekarang menjadi kabupaten pengembangan perumahan KPR bersubsidi. Perumahan KPR subsidi di Tuban tidak hanya di sekitar pusat kota tetapi juga telah merambah hingga ke beberapa kota kecamatan. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi warga masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah.

KPR bersubsidi adalah bantuan kredit pemilikan rumah oleh pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau tidak lebih dari 4 juta rupiah tiap bulan. Keuntungan mengambil rumah subsidi ialah uang muka yang rendah, bunga KPR yang rendah, dan durasi KPR yang lama sampai 20 tahun. Di samping itu, rumah subsidi biasanya sudah siap huni bahkan sebelum akad kredit.

Rumah subsidi di Tuban Angsuran Ringan

Menjamurnya perumahan subsidi di Tuban menunjukkan nilai investasi property di Tuban semakin hari semakin mengalami peningkatan. Kenaikan nilai investasi properti di Tuban setiap tahunnya berkisar antara 15-20%. Inilah yang membuat rumah-rumah subsidi di Tuban diserbu pembeli.

Harga rumah subsidi di Tuban sekarang ini berkisar antara 140-170 juta rupiah. Ada beberapa tipe rumah subsidi antara lain tipe 21/60, 27/60, 30/60, 27/72, 30/72, dan 36/72. Rumah subsidi dengan tipe tersebut biasanya memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Spek material bangunan yang digunakan untuk masing-masing perumahan berbeda-beda. Namun, untuk Kota Tuban spesifikasi bahan bangunan yang digunakan ialah pondasi batu kali, rangka dinding beton bertulang, dinding biasanya ada yang double tetapi kebanyakan single, lantai keramik 30x30, plafon GRC, rangka atap kayu atau baja ringan, atap genteng beton, pintu double triplek, listrik 1300 watt, dan air dari sumur bor.

Oke, bagi Kalian yang sekarang ini sedang mencari hunian di wilayah Tuban, di bawah ini rekomendasi perumahan subsidi murah di Tuban yang mungkin dapat dipakai untuk referensi.

Perum Subsidi Willis Hill Residence



Hunian Modern dengan Harga Terjangkau
Developer by PT. Astana Noor Azlina
Harga jual sudah termasuk PLN, PDAM, IMB
Sertifikat SHM
Bisa Cash bisa KPR
Lokasi strategis
1. Lokasi Jalan Kalak Wilis, Dsn. Bogang, Ds. Beji, kec.Jenu, Kab. Tuban
2. Berdekatan dengan area bisnis (pabrik Semen Indonesia dan Gudang Garam
3. Berada di akses tempat pendidikan SD, SMP, SMA Beji
4. Berdekatan dg kampus STIKES Nahdlatul Ulama Tuban
5. Akses mudah ke terminal Tuban
6. Area Bebas Banjir

Spesifikasi Bangunan :
Lantai keramik 40x40 cm
Listrik 900watt
Air PDAM

Rumah Subsidi Mutiara 2 Sugiwaras

  • Rumah subsidi mutiara 2
  • Lokasi Sugihwaras jalan aspal tipe 30/72
  • 2kamar tidur
  • Cukup utj 2,5jt bisa pilih kavlingnya
  • Harga 162.500.000

Persyaratan membeli rumah subsidi

Ada beberapa persyaratan yang mesti dilengkapi apabila kita mau memperoleh rumah subsidi. Dibawah ini ialah beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi agar dapat memeroleh rumah subsidi.
  1. Warga Negara Indonesia berusia minimal 21 tahun
  2. Belum memiliki rumah atau tempat tinggal tetap sendiri
  3. Penghasilan tiap bulan tidak boleh lebih dari 4 juta rupiah
  4. Sudah bekerja atau memiliki usaha paling tidak 1 tahun
  5. Memiliki NPWP dan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi
Adapun berkas-berkas yang mesti dilengkapi guna mengajukan KPR rumah subsidi antara lain:
  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi KK
  3. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak
  4. Fotokopi akta nikah bila sudah menikah
  5. Pas foto 3 x 4
  6. Slip gaji asli sebulan terakhir yang diketahui oleh bendahara kantor
  7. Surat keterangan aktif bekerja (dtandatangani dan stempel dari HRD perusahaan)
  8. Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  9. Surat keterangan belum mempunyai rumah dari kelurahan
  10. Buku tabungan rekening bank yang bersangkutan
  11. SPT tahunan
  12. Mengisi form FLPP dan aplikasi KPR
  13. Materai 15 lembar (bisa juga kurang)

Tips membeli rumah subsidi

Dalam kamus investasi properti, terdapat tiga hal utama yang mesti menjadi prioritas saat membeli rumah. Pertama adalah lokasi, kedua lokasi, dan ketika masih lokasi. Artinya, lokasi ialah prioritas pertama dan utama, baru kemudian disusul oleh faktor yang lain seperti siapa pengembangnya, kemampuan kita untuk mengangsur, dan yang lainnya.

Lokasi
Terdapat tiga hal berkairan lokasi yang mestinya menjadi perhatian ketika membeli rumah subsidi. Pertama, pilih lokasi dekat fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan sebagainya. Memang sulit menemukan perumahan subsidi di Tuban yang aksesnya dekat atau berdekatan langsung dengan fasum. Paling tidak apabila Kalian membeli rumah, dapat menjangkau fasilitas umum dengan gampang. Gampang dalam artian lokasinya tidak terlalu jauh atau bahkan tidak ada sama sekali. Jika memang terpaksa ada satu atau dua fasilitas umum yang letaknya agak jauh pastikan bahwa fasum itu bukan merupakan tempat/hal yang tiap waktu mesti Anda datangi. Misalkan Kalian memiliki anak yang bersekolah, tetapi sekolahnya berada di lokasi yang jauh dengan tempat tinggal Kamu. Bahkan, tidak ada kendaraan yang menuju sekolah tersebut dari rumah Anda. Hindarkan mengambil rumah di lokasi seperti itu. Akan jauh lebih baik lagi apabila pengembang telah menyediakan fasum yang ada di dalam perumahan Anda. Lokasi perumahan yang menyediakan fasum di dalamnya biasanya memiliki harga jual lebih mahal karena mengadopsi konsep one stop living.

Kedua keberadaan komunitas property. Saat Kalian mengambil rumah subsidi di Tuban, pastikan bahwa di sekeliling perumahan yang Kalian beli juga terdapat komunitas properti lain. Komunitas bisa menjadi indikator pendorong meningkatnya harga properti. Komunitas warga yang banyak mendorong perilaku ekonomi warga menggeliat. Apabila komunitas semakin besar tidak menutup kemungkinan bagi orang atau pelaku usaha berminat berinvestasi di dalamnya. Selain itu, adanya komunitas juga menarik perhatian orang untuk ikut tinggal di wilayah tersebut atau sekadar berinvestasi. Jika permintaan terhadap rumah di perumahan Kalian meningkat maka harga rumah pun ikut melonjak. Akibatnya, uang jeri payah yang telah Anda investasikan akan semakin meningkat.

Ketiga peta perkembangan wilayah dalam beberapa tahun ke depan. Meningkatknya permintaan terhadap hunian membuat pengembang rumah subsidi berani membangun perumahan di lokasi yang boleh dibilang kurang atau tidak strategis. Jauh dari hingar binger keramaian. Apa alasan mereka berani berspekulasi seperti itu? Pasti ada alasan. Salah satunya karena plan jangka panjang. Maksudnya, mungkin wilayah itu saat ini tidak tetapi tata kota pemerintah daerah 5 atau 10 tahun ke depan barangkali menjadi alasannya. Anda dapat mendapatkan informasi mengenai site plan wilayah di dinas tata kota atau cukup bertanya kepada warga sekitar.

Pengembang
Sudah banyak berita mengenai developer bodong yang membawa kabur uang nasabah. Setoran uang muka raib dibawa kabur pengembang gadungan dan konsumen tidak memperoleh hak yang dijanjikan. Tentu Anda tidak mau ada kejadian semacam itu. Makanya, penting bagi kita calon pembeli untuk mencari tahu kredibilitas pengembang perumahan yang mau kita beli. Caranya seperti apa? Yang paling sederhana adalah mencari track record properti yang pernah mereka bangun sebelumnya dan juga legalitasnya.

Kemampuan membayar
Ketika kita wawancara kredit di bank, biasanya akan ditanya perihal besar gaji dan pengeluaran tiap bulan. Pertanyaan itu bertujuan untuk memastikan apakah kita sebagai calon debitur memiliki kemampuan untuk membayar cicilan KPR atau tidak. Biasanya rumus yang pakai oleh pihak bank untuk menetapkan besaran angsuran dan masa KPR ialah jumlah angsuran dan pengeluaran bulanan debitur lebih kecil sama dengan 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, Apabila kita mendapatkan gaji senilai 4 juta per bulan, maka kita hanya diperkenankan mengangsur per bulannya sebesar 1 juta rupiah saja. Itulah mengapa besaran cicilan KPR subsidi umumnya di bawah 1,5 juta. Apabila gaji kita kurang dari itu, biasanya kita akan diberi masukan untuk mengambil jumlah angsuran yang lebih kecil dan masa pinjaman diperpanjang. Misalnya, untuk jangka waktu 10 tahun sedianya kita membayar 1,3 juta per bulan, tetapi karena kondisi itu kita diberikan penawaran angsuran 900 ribu dengan lama angsuran 15 tahun.

Hal tersebut mestinya kita perhitungkan secara matang dari awal. Ingat, membayar cicilan KPR tidak seperti membayar utang kepada tetangga, hehe. Jika Kalian tidak mampu membayar cicilan yang ditetapkan dalam kurun waktu tertentu bisa-bisa rumah Kalian akan disita oleh pihak pemberi kredit. Oleh karena itu, pada saat akad kredit baca dan pelajari baik-baik butir-butir perjanjian yang dicantumkan. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari akibat kurang teliti.

Itulah informasi singkat tentang perumahan subsidi di Tuban. Temukan juga referensi perumahan subsidi di seluruh kota di Indonesia di web ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.