Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perumahan Subsidi Di Parung Panjang Dekat Stasiun Kereta

Parung Panjang saat ini menjadi daerah pembangunan perumahan KPR bersubsidi. Perumahan KPR subsidi di Parung Panjang tidak hanya di dekat pusat kota tetapi juga sudah merambah hingga ke beberapa kota kecamatan. Hal itu dilakukan dalam upaya memenuhi kebutuhan hunian bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah yang belum memiliki rumah.

KPR bersubsidi adalah bantuan kredit pemilikan rumah oleh pemerintah bagi masyarakat yang memiliki pendapatan menengah ke bawah atau tidak lebih dari 4 juta rupiah tiap bulan. Keuntungan mengambil rumah subsidi ialah uang muka yang ringan, bunga KPR yang rendah, dan durasi KPR yang lama sampai 20 tahun. Selain itu, rumah subsidi umumnya sudah siap huni bahkan sebelum akad kredit.

Rumah subsidi di Parung Panjang Harga 100 Jutaan

Banyaknya perumahan subsidi di Parung Panjang adalah bukti bahwa nilai investasi property di Parung Panjang dari waktu ke waktu terus meningkat. Kenaikan nilai investasi properti di Parung Panjang tiap tahun berkisar antara 15-20%. Inilah yang membuat perumahan subsidi di Parung Panjang selalu ramai pembeli.

Harga rumah subsidi di Parung Panjang saat ini sekitar 140-170 juta rupiah. Terdapat beberapa tipe rumah subsidi antara lain tipe 21/60, 27/60, 30/60, 27/72, 30/72, dan 36/72. Rumah subsidi dengan tipe tersebut biasanya mempunyai 2 KT dan 1 KM. Spek bahan bangunan yang digunakan untuk masing-masing perumahan berbeda-beda. Tetapi, untuk Kota Parung Panjang spesifikasi bahan bangunan yang dipakai adalah pondasi batu kali, rangka dinding beton bertulang, dinding umumnya ada yang double tetapi kebanyakan single, lantai keramik 30x30, plafon GRC, rangka atap kayu atau baja ringan, atap genteng beton, pintu double triplek, listrik 1300 watt, dan air dari sumur bor.

Oke, bagi Anda yang saat ini tengah mencari rumah di Kota Parung Panjang, di bawah ini beberapa perumahan subsidi murah di Parung Panjang yang mungkin bisa dipakai untuk referensi.

Perumahan Puri Harmoni 8

Perumahan Puri Harmono 8 terletak di Desa Cibunar, Kecamatan Parung Panjang. Untuk menuju pusat kecamatan dan stasiun diperlukan waktu sekitar 5-10 menit saja. Perumahan ini dikembangkan oleh Vista Land Group. Saat ini Perumahan Puri Harmoni 8 memasarkan rumah subsidi dengan tipe 28/60. Rumah tersebut memiliki dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Harga yang ditawarkan adalah 168 juta rupiah. Karena ini adalah perumahan subsidi maka DP atau uang muka yang ditawarkan untuk memiliki rumah di sini juga sangat terjangkau berkisar 10% dari harga jual.


Saat ini, sudah ratusan rumah yang dihuni sehingga lingkungan perumahan cukup ramai.  Melihat perkembangan properti di Parung Panjang, tidak butuh waktu lama harga perumahan ini pasti akan naik pesat. Apalagi pengembangan properti baik tipe rumah subsidi maupun komersil masih akan terus dilakukan sampai puluhan tahun ke depan. So, tunggu apalagi segera kunjungi Perumahan Puri Harmoni 8 Parung Panjang dan miliki rumah idaman Anda segera.

Perumahan Metro Parung Panjang

Perumahan Metro Parung Panjang juga terletak di Desa Cibunar Kecamatan Parung Panjang. Perumahan ini dikembangan oleh PT Mitra Berkat Propertindo. Rumah di Metro Parung Panjang dipasarkan dengan harga 155-168 juta rupiah untuk tipe 30/60 subsidi dan harga 250 juta untuk tipe 30/80 komersil. Adapun spesifikasi rumah subsidi dengan tipe 30/60 adalah 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Spesifikasi bangunan menggunakan batako diplester dan atap menggunakan baja ringan. Rumah sudah terpasang listrik 1300 watt.

Rumah di Perumahan Metro Parung Panjang dapat diangsur sampai lima belas tahun dengan besaran angsuran sekitar 700 ribu rupiah. Angsuran ini dapat ditekan asalkan uang muka yang Anda setor lebih besar. Perumahan Metro Parung Panjang ini dikelilingi banyak perumahan subsidi maupun komerisl sehingga nilai jualnya pasti akan semakin meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

Perumahan Razali Residence

Perumahan Razali Residence terletak di Sudamanik Jagabaya Parung Panjang. Saat ini Razali Residence memasarkan unit rumah tipe 30/60 dengan 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Harga rumah di sini dibanderol kisaran 168 juta rupiah dengan uang muka cukup 3 juta rupiah saja. Perumahan ini dikonsep dengan model kota mandiri, sehingga semua fasilitas akan tersedia di dalam perumahan. Mulai dari pusat belanja, kesehatan, tempat ibadah, dan pendidikan.

Lokasi perumahan ini memang lebih jauh dibandingkan dengan Puri Harmoni 8 dan Metro Parung Panjang. Namun, perumahan ini terletak di lokasi yang lebih tinggi dan akses ke jalan utama Parung Panjang sangat dekat. Jadi, dengan harga yang masih sangat terjangkau perumahan ini bisa menjadi pilihan Anda yang sedang mencari rumah subsidi dengan uang muka yang terjangkau.

Persyaratan membeli rumah subsidi

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika kita mau memiliki rumah subsidi. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dilengkapi agar bisa memiliki rumah subsidi.
  1. WNI berusia minimal 21 tahun
  2. Belum memiliki rumah atau tempat tinggal tetap sendiri
  3. Penghasilan per bulan tidak boleh lebih dari 4 juta rupiah
  4. Sudah bekerja atau memiliki usaha sekurang-kurangnya 1 tahun
  5. Punya NPWP dan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi
Adapun berkas-berkas yang mesti disiapkan untuk mengajukan KPR rumah subsidi yaitu:
  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi KK
  3. Fotokopi NPWP
  4. Fotokopi akta nikah bila sudah menikah
  5. Pas foto 3 x 4
  6. Slip gaji asli sebulan terakhir yang diketahui oleh bendahara kantor
  7. Surat keterangan aktif bekerja (dtandatangani dan stempel dari HRD perusahaan)
  8. Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  9. Surat keterangan belum memiliki rumah dari kelurahan
  10. Buku tabungan rekening bank yang disyaratkan
  11. SPT tahunan
  12. Mengisi form FLPP dan aplikasi KPR
  13. Materai 15 lembar (bisa juga kurang)

Tips membeli rumah subsidi

Dalam dunia investasi properti, terdapat tiga hal pokok yang mesti menjadi perhatian saat membeli rumah. Pertama adalah lokasi, kedua lokasi, dan ketika tetap lokasi. Artinya, lokasi adalah prioritas pertama dan utama, baru kemudian disusul oleh faktor yang lain seperti siapa pengembangnya, kemampuan kita untuk membayar, dan yang lainnya.

Lokasi
Ada tiga hal terkait lokasi yang harus menjadi perhatian saat membeli rumah subsidi. Pertama, pilih lokasi dekat fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan sebagainya. Memang sulit menemukan perumahan subsidi di Parung Panjang yang lokasinya dekat atau berdekatan langsung dengan fasilitas umum. Paling tidak apabila Anda membeli rumah, dapat mengakses fasilitas umum dengan gampang. Gampang dalam pengertian lokasinya tidak terlalu jauh atau bahkan tidak ada sama sekali. Apabila memang terpaksa ada satu atau dua fasilitas umum yang letaknya agak jauh pastikan bahwa fasum itu bukan merupakan tempat/hal yang tiap waktu harus Kalian datangi. Misalkan Kalian memiliki anak yang bersekolah, sementara sekolahnya berlokasi di tempat yang jauh dengan rumah Anda. Bahkan, tidak ada angkutan umum yang menuju sekolah itu dari rumah Anda. Hindarkan mengambil hunian di lokasi seperti itu. Akan jauh lebih baik lagi apabila pengembang telah menyediakan fasum yang include perumahan Kalian. Lokasi perumahan yang menyediakan beragam fasilitas di dalamnya umumnya mempunyai harga jual lebih mahal karena mengusung konsep one stop living.

Kedua keberadaan perumahan sejenis. Ketika Anda membeli rumah subsidi di Parung Panjang, pastikan bahwa di sekeliling perumahan yang Anda beli juga terdapat komunitas properti lain. Komunitas dapat menjadi indikator pendorong meningkatnya harga rumah. Komunitas warga yang banyak mendorong perilaku ekonomi warga menggeliat. Jika komunitas semakin bertambah tidak menutup kemungkinan bagi orang atau pelaku usaha berminat berinvestasi di situ. Selain itu, adanya komunitas juga menarik perhatian orang untuk ikut tinggal di wilayah tersebut atau sekadar berinvestasi. Apabila permintaan terhadap rumah di perumahan Kalian tinggi maka harga rumah pun ikut melonjak. Imbasnya, uang hasil keringat yang telah Anda investasikan akan semakin meningkat.

Ketiga site plan daerah dalam beberapa tahun ke depan. Meningkatknya kebutuhan terhadap hunian membuat pengembang rumah subsidi berani membangun perumahan di lokasi yang boleh dibilang kurang atau tidak strategis. Jauh dari hiruk pikuk keramaian. Apa alasan pengembang berani berspekulasi seperti itu? Pasti ada alasan. Salah satunya karena pertimbangan jangka panjang. Maksudnya, bisa jadi daerah tersebut saat ini tidak tetapi site plan pemerintah daerah 5 atau 10 tahun ke depan mungkin menjadi pertimbangannya. Kalian dapat mencari tahu mengenai site plan wilayah di dinas tata kota atau sekadar menggali informasi dengan warga setempat.

Developer
Telah banyak berita tentang developer bodong yang membawa lari uang nasabah. Setoran uang muka raib dibawa kabur developer nakal dan nasabah tidak memperoleh hak yang seharusnya. Tentu Anda tidak ingin ada kejadian seperti itu. Makanya, penting bagi kita calon pembeli untuk mencari tahu kredibilitas pengembang perumahan yang hendak kita beli. Caranya seperti apa? Yang paling sederhana adalah mencari track record properti yang pernah mereka bangun sebelumnya dan juga legalitasnya.

Kemampuan membayar
Ketika kita wawancara kredit di bank, kita akan ditanya mengenai besar gaji dan pengeluaran tiap bulan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan apakah kita sebagai calon debitur memiliki kemampuan untuk membayar angsuran KPR atau tidak. Biasanya rumus yang digunakan oleh pihak bank untuk menentukan besaran angsuran dan lamanya KPR adalah jumlah cicilan dan pengeluaran bulanan debitur lebih kecil sama dengan 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, Apabila kita mempunyai gaji senilai 4 juta per bulan, maka kita hanya diperkenankan mengangsur per bulannya sebesar 1 juta rupiah saja. Itulah mengapa besaran cicilan KPR subsidi biasanya kurang dari 1,5 juta. Apabila penghasilan kita lebih rendah dari itu, biasanya kita akan diberi masukan untuk mengambil jumlah angsuran yang lebih kecil dan masa pinjaman diperpanjang. Misalnya, untuk masa angsuran 10 tahun harusnya kita membayar 1,3 juta per bulan, tetapi karena kondisi tersebut kita diberikan penawaran cicilan 900 ribu dengan durasi 15 tahun.

Hal itu mestinya kita perhitungkan secara masak dari awal. Ingat, membayar angsuran KPR tidak seperti membayar utang kepada tetangga, hehe. Apabla Kalian tidak kuat membayar angsuran yang ditetapkan dalam kurun waktu tertentu bisa-bisa rumah Kalian akan disita oleh pihak pemberi kredit. Oleh karena itu, pada saat akad kredit baca dan pelajari dengan seksama butir-butir perjanjian yang dituliskan. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari akibat kurang teliti.

Itulah informasi singkat mengenai perumahan subsidi di Parung Panjang. Temukan juga referensi perumahan subsidi di seluruh kota di Indonesia di web ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.