-->

Perumahan Subsidi di Banjarnegara Dekat Pusat Kota

Tidak ada komentar

Banjarnegara kini menjadi kota pembangunan perumahan KPR bersubsidi. Perumahan KPR subsidi di Banjarnegara tidak hanya di dekat pusat kota melainkan juga sudah menyebar sampai ke beberapa kota kecamatan. Hal tersebut dilakukan untuk mencukupi kebutuhan rumah bagi warga masyarakat berpenghasilan rendah yang belum mempunyai rumah.

KPR bersubsidi adalah bantuan pembiayaan pemilikan rumah oleh pemerintah bagi masyarakat yang memiliki pendapatan menengah ke bawah atau tidak lebih dari 4 juta rupiah per bulan. Keuntungan membeli rumah subsidi yaitu uang muka yang rendah, bunga KPR yang rendah, dan jangka waktu KPR yang panjang sampai 20 tahun. Selain itu, rumah subsidi biasanya sudah siap huni bahkan sebelum akad kredit.

Rumah subsidi di Banjarnegara Bisa KPR 20 Tahun

Banyaknya perumahan subsidi di Banjarnegara adalah bukti bahwa nilai investasi rumah di Banjarnegara semakin hari terus mengalami peningkatan. Kenaikan nilai investasi properti di Banjarnegara setiap tahunnya berkisar antara 15-20%. Itulah yang membuat perumahan subsidi di Banjarnegara diserbu pembeli.

Harga rumah subsidi di Banjarnegara sekarang ini berkisar antara 140-170 juta rupiah. Ada beberapa tipe rumah subsidi antara lain tipe 21/60, 27/60, 30/60, 27/72, 30/72, dan 36/72. Rumah subsidi dengan tipe tersebut biasanya memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Spek material bangunan yang digunakan untuk setiap perumahan berbeda-beda. Namun, untuk daerah Banjarnegara spek bahan bangunan yang dipakai adalah pondasi batu kali, rangka dinding beton bertulang, dinding biasanya ada yang double tetapi kebanyakan single, lantai keramik 30x30, plafon GRC, rangka atap kayu atau baja ringan, atap genteng beton, pintu double triplek, listrik 1300 watt, dan air dari sumur bor.

Nah, bagi Anda yang sekarang ini sedang mencari hunian di wilayah Banjarnegara, berikut beberapa perumahan subsidi murah di Banjarnegara yang mungkin dapat dipakai sebagai referensi.

Perumahan Shamara Mantrianom



Perumahan Shamara Mantrianom merupakan perumahan strategis yang terletak di Jalan Tampomas, Mantrianom Bawang, Banjarnegara. Bangunan dengan seluas 36 m² dan luas lahan 72 m² ini telah tersedia sejak tahun 2022. Bangunan ini memilikilahan parker yang cukup luas, 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Selain fasilitas keamanan 24 jam, perumahan ini difasilitasi dengan adanya taman dan lokasi yang strategis. Karena, bangunan dekat dengan pendidikan, pusat pemerintahan, restaurant, transportasi, bank dan ATM, dan rumah sakit. Tidak hanya itu, lokasi Perumahan Shamara Mantrianom cukup menempuh 15 menit untuk ke Surya Yudha Park menjadi daya tarik perumahan ini. Kualitas bangunan yang bagus didukung dengan akses yang mudah menjadikan perumahan ini terus banyak dicari. Perumahan Shamara Mantrianom memang pantas untuk disebut sebagai perumahan di kawasan premium, namun dapat didapatkan dengan harga yang minimalis. Bagi anda yang tertarik dengan Perumahan Shamara Mantrianom dapat menghubungi telp 0822-4383-3013.

Perumahan Griya Melati Permai

Perumahan Griya Melati Permai merupakan proyek residensial seluas +/- 72 hektare yang terdapat di Jalan Pekikiran, Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Perumahan ini merupakan proyek PT. Satria Diva Persada atau sering disebut dengan Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (HIMPERRA) dan telah berhasil terjual subsidi 16 unit, subsidi 6 unit, komersil 3 unit, dan terjual komersil 1 unit. Luas di setiap unit bangunan yakni 36 m² dengan luas lahan 96 m². Adapun fasilitas yang dimiliki setiap bangunan yaitu terdapat 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Lokasi perumahan Griya Melati Permai dapat disbeut sebagai lokasi yang strategis. Lokasi perumahan dekat dengan sekolah dan pusat perbelanjaan. Nah, bagi anda yang sedang mencari perumahan subsidi di daerah Banjarnegara, perumahan Griya Melati Permai menjadi salah satunya opsi pilihan. Tunggu apalagi, anda dapat menghubungi ke email wahyudin_eko@yahoo.com atau melalui telp 085100669398 / 0895393536151 untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai perumahan Griya Melati Permai.

Persyaratan membeli rumah subsidi

Ada beberapa persyaratan yang mesti dilengkapi jika Anda ingin mendapat rumah subsidi. Berikut yaitu beberapa kriteria dan dokumen yang mesti dipenuhi agar bisa memiliki rumah subsidi.
  1. WNI berusia minimal 21 tahun
  2. Belum memiliki rumah atau tempat tinggal tetap sendiri
  3. Penghasilan per bulan tidak boleh lebih dari 4 juta rupiah
  4. Telah bekerja atau memiliki usaha sekurang-kurangnya 1 tahun
  5. Punya NPWP dan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi
Adapun dokumen yang mesti disiapkan guna mengajukan KPR rumah subsidi yaitu:
  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi NPWP
  4. Fotokopi akta nikah bila sudah menikah
  5. Pas foto 3 x 4
  6. Slip gaji asli sebulan terakhir yang ditandatangani oleh bendahara kantor
  7. Surat keterangan aktif bekerja (dtandatangani dan stempel dari HRD perusahaan)
  8. Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  9. Surat keterangan belum mempunyai rumah dari kelurahan
  10. Buku tabungan rekening bank yang disyaratkan
  11. SPT tahunan
  12. Mengisi form FLPP dan aplikasi KPR
  13. Materai 15 lembar (bisa juga kurang)

Tips membeli rumah subsidi

Dalam kamus investasi properti, ada tiga hal pokok yang harus menjadi prioritas saat membeli property. Pertama ialah lokasi, kedua lokasi, dan ketika tetap lokasi. Artinya, lokasi ialah prioritas pertama dan utama, baru kemudian disusul oleh indikator yang lain seperti siapa pengembangnya, kemampuan kita untuk membayar, dan yang lainnya.

Lokasi
Terdapat tiga hal berkairan lokasi yang mestinya menjadi perhatian ketika membeli rumah subsidi. Pertama, pilih lokasi dekat fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan lainnya. Memang sulit mendapatkan perumahan subsidi di Banjarnegara yang lokasinya dekat atau berdekatan langsung dengan fasilitas umum. Paling tidak jika Anda membeli rumah, dapat menjangkau fasilitas umum dengan gampang. Gampang dalam pengertian aksesnya tidak terlalu jauh atau bahkan tidak ada. Apabila memang terpaksa ada satu atau dua fasilitas umum yang letaknya agak jauh pastikan bahwa fasilitas umum tersebut bukan merupakan tempat/hal yang tiap waktu mesti Kamu datangi. Misalkan Kamu punya anak yang bersekolah, tetapi sekolahnya berada di tempat yang jauh dengan rumah Anda. Bahkan, tidak ada angkutan umum yang menuju sekolah tersebut dari rumah Kalian. Hindarkan mengambil rumah di lokasi seperti itu. Akan lebih baik lagi apabila pengembang telah menyiapkan fasum yang ada di dalam perumahan Anda. Lokasi perumahan yang menyiapkan beragam fasilitas di dalamnya biasanya mempunyai harga jual lebih mahal karena mengadopsi gagasan one stop living.

Kedua keberadaan perumahan sejenis. Ketika Kalian membeli rumah subsidi di Banjarnegara, pastikan bahwa di sekeliling perumahan yang Kalian beli juga terdapat komunitas properti lain. Komunitas bisa menjadi indikator pendorong melonjaknya harga rumah. Kelompok warga yang banyak mendorong perilaku ekonomi warga meningkat. Jika komunitas semakin bertambah tidak menutup kemungkinan bagi orang atau pelaku usaha tertarik berinvestasi di dalamnya. Di samping itu, adanya komunitas juga menarik perhatian orang untuk ikut tinggal di area tersebut atau sekadar berinvestasi. Apabila permintaan terhadap rumah di kompleks Anda tinggi maka harga rumah pun ikut meningkat. Akibatnya, uang jeri payah yang telah Anda investasikan akan semakin naik.

Ketiga site plan wilayah dalam beberapa tahun ke depan. Meningkatknya kebutuhan terhadap tempat tinggal membuat pengembang rumah subsidi berani membangun perumahan di area yang boleh dibilang kurang atau tidak strategis. Jauh dari hiruk pikuk keramaian. Apa alasan mereka berani berspekulasi seperti itu? Tentu hal itu ada alasan. Salah satunya karena pertimbangan jangka panjang. Maksudnya, mungkin wilayah tersebut sekarang kurang tetapi tata kota pemerintah daerah 5 atau 10 tahun ke depan mungkin menjadi pertimbangannya. Kamu bisa mencari tahu mengenai site plan wilayah di dinas tata kota atau sekadar bertanya kepada warga setempat.

Pengembang
Telah banyak berita mengenai developer bodong yang membawa lari uang nasabah. Setoran DP hilang dibawa kabur pengembang gadungan dan nasabah tidak mendapat hak yang seharusnya. Tentu kita tidak mau ada kejadian semacam itu. Makanya, penting bagi kita calon pembeli untuk mengecek kredibilitas developer perumahan yang mau kita beli. Caranya bagaimana? Yang paling sederhana adalah mencari rekam jejak properti yang telah mereka bangun sebelumnya dan juga legalitasnya.

Kemampuan membayar
Saat kita wawancara kredit di bank, biasanya akan ditanya perihal besar gaji dan pengeluaran per bulan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan apakah kita sebagai calon debitur mempunyai kemampuan untuk membayar angsuran KPR atau tidak. Biasanya rumus yang pakai oleh pihak bank untuk menetapkan besaran cicilan dan masa KPR adalah jumlah angsuran dan pengeluaran bulanan debitur tidak boleh lebih besar 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, Apabila kita mendapatkan gaji sebesar 4 juta tiap bulan, maka kita hanya diperkenankan mengangsur tiap bulannya sebesar 1 juta rupiah saja. Itulah alasan besaran cicilan KPR subsidi biasanya kurang dari 1,5 juta. Apabila penghasilan kita kurang dari itu, biasanya kita akan diberi masukan untuk mengambil jumlah cicilan yang lebih kecil dan jangka waktunya diperpanjang. Misalnya, untuk masa angsuran 10 tahun sedianya kita membayar 1,3 juta per bulan, tetapi karena kondisi tersebut kita diberikan penawaran cicilan 900 ribu dengan lama angsuran 15 tahun.

Hal tersebut mestinya kita perhatikan secara matang dari awal. Ingat, membayar cicilan KPR tidak seperti membayar utang kepada tetangga, hehe. Apabla Anda tidak mampu membayar cicilan yang ditetapkan dalam kurun waktu tertentu bisa-bisa rumah Anda akan disita oleh pihak bank. Oleh karena itu, ketika akad kredit baca dan pelajari dengan seksama butir-butir perjanjian yang dituliskan. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari karena kurang teliti.

Demikian informasi singkat mengenai perumahan subsidi di Banjarnegara. Temukan juga referensi perumahan subsidi di seluruh kota di Indonesia di web ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.