-->

Perumahan Subsidi di Boyolali Angsuran 900 Ribuan

Tidak ada komentar

Boyolali saat ini menjadi daerah pengembangan perumahan KPR bersubsidi. Perumahan KPR subsidi di Boyolali bukan hanya di sekitar pusat kota tetapi juga telah merambah sampai ke beberapa kota kecamatan. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi warga masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah.

KPR bersubsidi ialah bantuan pembiayaan pemilikan rumah oleh pemerintah bagi masyarakat yang memiliki pendapatan menengah ke bawah atau maksimal 4 juta rupiah tiap bulan. Keuntungan membeli rumah subsidi ialah DP yang rendah, bunga KPR yang ringan, dan durasi KPR yang panjang hingga 20 tahun. Selain itu, rumah subsidi biasanya sudah siap ditempati bahkan sebelum akad kredit.

Rumah subsidi di Boyolali Harga 100 Jutaan

Menjamurnya perumahan subsidi di Boyolali menunjukkan nilai investasi property di Boyolali dari waktu ke waktu semakin mengalami peningkatan. Peningkatan nilai investasi properti di Boyolali tiap tahun berkisar antara 15-20%. Inilah yang membuat perumahan subsidi di Boyolali selalu ramai pembeli.

Harga rumah subsidi di Boyolali tahun ini sekitar 140-170 juta rupiah. Ada beberapa tipe rumah subsidi antara lain tipe 21/60, 27/60, 30/60, 27/72, 30/72, dan 36/72. Rumah subsidi dengan tipe tersebut biasanya memiliki 2 KT dan 1 kamar mandi. Spesifikasi bahan bangunan yang dipakai untuk setiap perumahan berbeda-beda. Namun, untuk wilayah Boyolali spek bahan bangunan yang dipakai ialah pondasi batu kali, rangka dinding beton bertulang, dinding biasanya ada yang double tetapi kebanyakan single, lantai keramik 30x30, plafon GRC, rangka atap kayu atau baja ringan, atap genteng beton, pintu double triplek, listrik 1300 watt, dan air dari sumur bor.

Nah, bagi Kalian yang sekarang ini tengah mencari rumah di wilayah Boyolali, di bawah ini beberapa perumahan subsidi murah di Boyolali yang mungkin bisa dipakai sebagai referensi.

Perumahan Griya Sejahtera 1



Perumahan Griya Sejahtera 1 merupakan perumahan yang terletak di Jalan Raya Teras-Randusari, Boyolali. Perumahan Griya Sejahtera 1 ini merupakan bangunan yang telah berdiri sejak tahun 2021. Perumahan dengan luas bangunan 30 m² yang berdiri diatas luas lahan 60 m² ini menyediakan adanya 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Selain itu, perumahan ini juga memiliki daya tarik yang menjadikan tempat nyaman yakni mulai dari akses jalan paving yang lebar, genteng arcon, atapbaja ringan, dan double dinding. Adapun fasilitas umum yang ditawarkan perumahan Griya Sejahtera 1 adalah perumahan ini memiliki taman yang menjadikan lingkungan perumahan lebih sejuk, halaman terbuka, dan adanya pagar penuh.

Perumahan Mirai Jati

Perumahan Mirai Jati merupakan proyek PT Mirai Aldyatama Graha dengan kelompok pengelola real estate Indonesia (REI). Perumahan ini terletak di daerah Sawahan, Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Perumahan Mirai Jati sejauh ini telah berhasil terjual 4 unit. Namun, jangan khawatir sebab kini masih teersedia adanya 2 unit. Bangunan modern dengan luas 30 m² yang berdiri diatas lahan seluas 60 m² ini telah menyediakan adanya 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Tidak hanya model modern yang mampu menjadi daya tarik dari perumahan ini, kenyaman dari bangunan perumahan ini juga menjadi hal yang menarik perhatian. Hal tersebut terlihat dari spesifikasi teknis mulai dari atap dari bahan genteng premium hingga lantai dan pondasi yang berupa keramik dan beli bertulang. Bagi anda yang berminat atau ingin mendapatkan informasi selengkapnya dapat menghubungi nomor telp 081226003326 / email ptmiraialdyatamag@gmail.com atau datang ke kantor pemasaran yang beralamat di Padokan RT 04/ RW 04 No. 18, Sawahan, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah.

Persyaratan membeli rumah subsidi

Ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi jika Anda mau mendapat rumah subsidi. Berikut adalah beberapa kriteria dan dokumen yang harus dilengkapi agar dapat memeroleh rumah subsidi.
  1. WNI berusia minimal 21 tahun
  2. Belum memiliki rumah atau tempat tinggal tetap sendiri
  3. Penghasilan tiap bulan tidak boleh lebih dari 4 juta rupiah
  4. Telah bekerja atau memiliki usaha sekurang-kurangnya 1 tahun
  5. Memiliki NPWP dan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi
Adapun berkas-berkas yang harus disiapkan untuk mengajukan KPR rumah subsidi yaitu:
  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi NPWP
  4. Fotokopi akta nikah apabila sudah menikah
  5. Pas foto 3 x 4
  6. Slip gaji asli sebulan terakhir yang diketahui oleh bendahara kantor
  7. Surat keterangan aktif bekerja (dtandatangani dan stempel dari HRD perusahaan)
  8. Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  9. Surat keterangan belum memiliki rumah dari kelurahan
  10. Buku tabungan rekening bank yang disyaratkan
  11. SPT tahunan
  12. Mengisi form FLPP dan aplikasi KPR
  13. Materai 15 lembar (bisa juga kurang)

Tips membeli rumah subsidi

Dalam dunia investasi properti, terdapat tiga hal utama yang mesti menjadi prioritas saat membeli rumah. Pertama adalah lokasi, kedua lokasi, dan ketika tetap lokasi. Artinya, lokasi ialah prioritas pertama dan utama, baru kemudian disusul oleh faktor yang lain seperti siapa pengembangnya, kemampuan kita untuk membayar, dan yang lainnya.

Lokasi
Ada tiga hal terkait lokasi yang harus menjadi perhatian ketika membeli rumah subsidi. Pertama, pilih lokasi dekat fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan lainnya. Memang sulit menemukan perumahan subsidi di Boyolali yang aksesnya dekat atau berdekatan langsung dengan fasilitas umum. Paling tidak apabila Anda membeli rumah, dapat menjangkau fasilitas umum dengan mudah. Gampang dalam artian lokasinya tidak terlalu jauh atau bahkan tidak ada sama sekali. Jika memang terpaksa ada satu atau dua fasilitas umum yang letaknya agak jauh pastikan bahwa fasum itu bukanlah tempat/hal yang setiap saat harus Kalian datangi. Misalkan Kamu memiliki anak yang bersekolah, sementara sekolahnya berada di tempat yang jauh dengan tempat tinggal Kamu. Bahkan, tidak ada angkutan umum yang menjangkau sekolah tersebut dari tempat tinggal Anda. Hindarkan mengambil hunian di lokasi seperti itu. Akan jauh lebih baik lagi apabila pengembang telah menyiapkan fasum yang ada di dalam perumahan Kalian. Lokasi perumahan yang menyediakan fasum di dalamnya umumnya mempunyai harga jual lebih mahal karena mengusung gagasan one stop living.

Kedua keberadaan perumahan yang lain. Ketika Anda mengambil rumah subsidi di Boyolali, pastikan bahwa di sekeliling perumahan yang Kalian beli juga ada komunitas properti lain. Komunitas dapat menjadi indikator pendorong meningkatnya harga rumah. Komunitas masyarakat yang banyak mendorong perilaku ekonomi warga menggeliat. Apabila komunitas semakin bertambah tidak menutup kemungkinan bagi orang atau pelaku usaha tertarik berinvestasi di situ. Selain itu, adanya komunitas juga menarik perhatian orang untuk ikut tinggal di area tersebut atau hanya untuk berinvestasi. Jika permintaan terhadap rumah di perumahan Anda meningkat maka harga properti pun ikut naik. Akibatnya, uang hasil keringat yang sudah Anda investasikan akan semakin naik.

Ketiga site plan wilayah dalam beberapa tahun ke depan. Meningkatknya permintaan akan hunian membuat pengembang rumah subsidi berani membangun perumahan di lokasi yang boleh dibilang kurang atau tidak strategis. Jauh dari hiruk pikuk keramaian. Apa alasan pengembang berani berspekulasi seperti itu? Pasti ada alasan. Salah satunya karena plan jangka panjang. Maksudnya, bisa jadi daerah itu sekarang kurang tetapi tata kota pemerintah daerah 5 atau 10 tahun ke depan mungkin menjadi pertimbangannya. Kamu dapat mencari tahu mengenai site plan wilayah di dinas tata kota atau cukup menggali informasi dengan warga sekitar.

Developer
Telah banyak cerita tentang pengembang perumahan bodong yang membawa lari uang konsumen. Setoran uang muka hilang dibawa kabur pengembang nakal dan nasabah tidak mendapat hak yang seharusnya. Tentu kita tidak mau ada kejadian seperti itu. Makanya, penting bagi kita calon pembeli untuk mengecek kredibilitas pengembang perumahan yang hendak kita beli. Caranya seperti apa? Yang paling mudah adalah mencari track record properti yang telah mereka bangun sebelumnya dan juga legalitasnya.

Kemampuan membayar
Saat kita wawancara kredit di bank, biasanya akan ditanya mengenai besar gaji dan pengeluaran tiap bulan. Hal itu dimaksudkan untuk memastikan apakah kita sebagai calon debitur memiliki kemampuan untuk membayar angsuran KPR atau tidak. Biasanya rumus yang pakai oleh pihak bank untuk menentukan besaran cicilan dan lamanya KPR adalah besaran angsuran dan pengeluaran bulanan debitur tidak boleh lebih besar 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, Apabila kita mempunyai gaji sebesar 4 juta tiap bulan, maka kita hanya diperkenankan membayar cicilan per bulannya sebesar 1 juta rupiah saja. Itulah alasan besaran cicilan KPR subsidi umumnya kurang dari 1,5 juta. Jika penghasilan kita kurang dari itu, biasanya kita akan diberi masukan untuk mengambil jumlah angsuran yang lebih kecil dan masa pinjaman diperpanjang. Misalnya, untuk masa angsuran 10 tahun harusnya kita mengangsur 1,3 juta per bulan, tetapi karena kondisi itu kita diberikan penawaran cicilan 900 ribu dengan lama angsuran 15 tahun.

Kondisi itu tentu harus kita perhatikan secara masak dari awal. Ingat, membayar cicilan KPR tidak seperti membayar utang kepada tetangga, hehe. Jika Kalian tidak mampu membayar cicilan yang ditetapkan dalam kurun waktu tertentu bisa-bisa rumah Anda akan disita oleh pihak pemberi kredit. Oleh karena itu, pada saat akad kredit baca dan pelajari baik-baik butir-butir perjanjian yang dituliskan. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari akibat kurang teliti.

Itulah informasi singkat mengenai perumahan subsidi di Boyolali. Temukan juga referensi perumahan subsidi di seluruh kota di Indonesia di web ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.