-->

Perumahan Subsidi di Blora Lokasi Strategis

Tidak ada komentar

Blora sekarang menjadi kota pembangunan perumahan KPR bersubsidi. Perumahan KPR subsidi di Blora tidak hanya di sekitar pusat kota tetapi juga sudah menyebar sampai ke beberapa kota kecamatan. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi warga masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah yang belum mempunyai rumah.

KPR bersubsidi ialah bantuan pembiayaan pemilikan rumah oleh pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah atau tidak lebih dari 4 juta rupiah tiap bulan. Keuntungan membeli rumah subsidi adalah uang muka yang ringan, bunga KPR yang rendah, dan durasi KPR yang panjang hingga 20 tahun. Di samping itu, rumah subsidi biasanya sudah siap huni bahkan sebelum akad kredit.

Rumah subsidi di Blora Harga 100 Jutaan

Banyaknya perumahan subsidi di Blora menunjukkan nilai investasi property di Blora dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan. Kenaikan nilai investasi properti di Blora tiap tahun berkisar di angka 15-20%. Inilah yang membuat rumah-rumah subsidi di Blora selalu ramai pembeli.

Harga rumah subsidi di Blora saat ini sekitar 140-170 juta rupiah. Terdapat beberapa tipe rumah subsidi yaitu tipe 21/60, 27/60, 30/60, 27/72, 30/72, dan 36/72. Rumah subsidi dengan tipe tersebut biasanya memiliki 2 KT dan 1 kamar mandi. Spesifikasi bahan bangunan yang digunakan untuk setiap perumahan berbeda-beda. Namun, untuk wilayah Blora spesifikasi bahan bangunan yang digunakan yaitu pondasi batu kali, rangka dinding beton bertulang, dinding biasanya ada yang double tetapi kebanyakan single, lantai keramik 30x30, plafon GRC, rangka atap kayu atau baja ringan, atap genteng beton, pintu double triplek, listrik 1300 watt, dan air dari sumur bor.

Nah, untuk Kalian yang sekarang ini sedang mencari rumah di daerah Blora, di bawah ini rekomendasi perumahan subsidi murah di Blora yang mungkin bisa digunakan sebagai referensi.

Medang Residence Syariah



Perumahan Residence Syariah merupakan perumahan yang berada tepat di Blora. Tentu saja perumahan ini dekat dengan banyaknya fasilitas umum yang menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri. Luas bangunan 36 m² dan luas tanah 66 m² ini telah menyediakan adanya sejumlah 2 ruang kamar tidur, 1 ruang akamar mandi, dan lahan parkir. Perumahan ini telah berdiri sejak 2019 lalu. Lokasi yang strategis perumahan Medang Residence Syariah ini dibuktikan dengan anda cukup berjalan kaki untuk menemui pasar, dekat dengan pom bensin, akses jalan yang lebar, dekat lokasi wisata, dekat dengan bank, dan ramainya kuliner di jalan pada setiap sore.

Graha Panca Mustika Tunjungan

Perumahan Graha Panca Mustika Tunjungan merupakan proyek PT. Cipta Griya Bersama dan dikelola oleh Himpunan Pengembangan Pemukiman dan Perumahan Rakyat (HIMPERRA). Perumahan yang berlokasi di Sukorejo, Tunjungan, Kabupaten Blora ini telah berhasil memiliki 68 unit dan terjual subsidi sebanyak 35 unit. Perumahan ini memiliki luas bangunan 30 m² dan luas lahan 60 m². fasilitas yang diberikan oleh perumahan ini yakni terdapat adanya 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Bagi anda yang berminat atau ingin mendapatkan informasi lebih dapat menghubungi nomor telp 02964320360.

Perumahan Mutiara Cepu

Perumahan Mutiara Cepu merupakan perumahan yang terletak di daerah balun, Cepu, Blora. Perumahan ini yakni proyek dari PT Bakti Luhur Abadi. Perumahan Mutiara Cepu dengan luas bangunan 36 m² yang berdiri di luas lahan 60 m² ini telah menyediakan adanya 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Lokasi perumahan ini dapat disebut sebagai lokasi strategis. Karena, terletak di tengah kota dan dekat untuk ke masjid serta tempat olahraga. PDAM di lokasi perumahan ini juga telah terjamin lancar. Akses jalan menuju perumahanpun telah lebas dan nyaman. Bagi anda yang tertarik atau ingin mendapatkan informasi selengkapnya dapat menghubungi nomor telp 081332996985.

Persyaratan membeli rumah subsidi

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi apabila kita mau mendapat rumah subsidi. Dibawah ini yaitu beberapa kriteria dan dokumen yang mesti dilengkapi agar dapat memiliki rumah subsidi.
  1. WNI berusia minimal 21 tahun
  2. Belum memiliki rumah atau tempat tinggal tetap sendiri
  3. Penghasilan tiap bulan tidak boleh lebih dari 4 juta rupiah
  4. Telah bekerja atau memiliki usaha sekurang-kurangnya 1 tahun
  5. Punya NPWP dan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi
Adapun dokumen yang harus dilengkapi untuk mengajukan KPR rumah subsidi antara lain:
  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak
  4. Fotokopi akta nikah bila telah menikah
  5. Pas foto 3 x 4
  6. Slip gaji asli sebulan terakhir yang diketahui oleh bendahara tempat kerja
  7. Surat keterangan aktif bekerja (dtandatangani dan stempel dari HRD perusahaan)
  8. Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  9. Surat keterangan belum mempunyai rumah dari kelurahan
  10. Buku tabungan rekening bank yang bersangkutan
  11. SPT tahunan
  12. Mengisi form FLPP dan aplikasi KPR
  13. Materai 15 lembar (bisa juga kurang)

Tips membeli rumah subsidi

Dalam kamus investasi properti, ada tiga hal utama yang wajib menjadi perhatian ketika membeli rumah. Pertama adalah lokasi, kedua lokasi, dan ketika masih lokasi. Artinya, lokasi adalah skala prioritas pertama dan utama, baru kemudian disusul oleh indikator yang lain seperti siapa pengembangnya, kemampuan kita untuk mengangsur, dan semacamnya.

Lokasi
Ada tiga hal berkairan lokasi yang mestinya diperhatikan ketika membeli rumah subsidi. Pertama, pilih lokasi dekat fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan lainnya. Memang sulit menemukan perumahan subsidi di Blora yang aksesnya dekat atau bersebelahan langsung dengan fasum. Paling tidak apabila Anda membeli rumah, dapat menjangkau fasilitas umum dengan gampang. Gampang dalam artian aksesnya tidak terlalu jauh atau bahkan tidak ada sama sekali. Jika memang terpaksa ada satu atau dua fasilitas umum yang letaknya agak jauh pastikan bahwa fasum tersebut bukan merupakan tempat/hal yang setiap waktu mesti Kalian datangi. Misalkan Kamu punya anak yang bersekolah, tetapi sekolahnya berlokasi di lokasi yang jauh dengan tempat tinggal Anda. Bahkan, tidak ada kendaraan yang menjangkau sekolah itu dari rumah Anda. Hindarkan memilih hunian di lokasi seperti itu. Akan jauh lebih baik lagi apabila pengembang telah menyediakan fasum yang ada di dalam perumahan Kalian. Lokasi perumahan yang menyiapkan fasum di dalamnya umumnya memiliki harga jual lebih mahal karena mengadopsi gagasan one stop living.

Kedua keberadaan komunitas property. Saat Anda membeli rumah subsidi di Blora, pastikan bahwa di sekeliling perumahan yang Anda beli juga terdapat komunitas properti lain. Komunitas bisa menjadi indikator pendorong meningkatnya harga rumah. Kelompok masyarakat yang banyak mendorong perilaku ekonomi warga menggeliat. Jika komunitas semakin bertambah tidak menutup kemungkinan bagi orang atau pelaku usaha berminat berinvestasi di situ. Di samping itu, adanya komunitas juga menarik perhatian orang untuk ikut tinggal di perumahan tersebut atau hanya untuk berinvestasi. Apabila permintaan terhadap rumah di perumahan Anda tinggi maka harga properti pun ikut melonjak. Imbasnya, uang jeri payah yang telah Anda investasikan akan semakin berkembang.

Ketiga peta perkembangan wilayah dalam beberapa tahun ke depan. Meningkatknya permintaan terhadap tempat tinggal membuat pengembang rumah subsidi berani membangun perumahan di area yang boleh dibilang kurang atau tidak strategis. Jauh dari hingar binger keramaian. Mengapa mereka berani berspekulasi seperti itu? Tentu hal itu ada alasan. Salah satunya karena plan jangka panjang. Maksudnya, mungkin daerah itu sekarang kurang tetapi tata kota pemerintah daerah 5 atau 10 tahun ke depan barangkali menjadi pertimbangannya. Kalian bisa mendapatkan informasi mengenai site plan wilayah di dinas tata kota atau sekadar bertanya kepada warga setempat.

Developer
Telah banyak berita mengenai developer bodong yang membawa kabur uang nasabah. Setoran uang muka hilang dibawa kabur developer nakal dan nasabah tidak mendapat hak yang dijanjikan. Tentu Anda tidak ingin ada kejadian semacam itu. Makanya, penting bagi kita calon pembeli untuk memastikan kredibilitas developer perumahan yang ingin kita beli. Caranya seperti apa? Yang paling mudah adalah mencari rekam jejak properti yang pernah mereka bangun sebelumnya dan juga legalitasnya.

Kemampuan membayar
Saat kita wawancara kredit di bank, kita akan ditanya perihal besar gaji dan tanggungan per bulan. Pertanyaan itu dimaksudkan untuk memastikan apakah kita sebagai calon debitur memiliki kemampuan untuk membayar angsuran KPR atau tidak. Biasanya rumus yang digunakan oleh pihak bank untuk menetapkan besaran cicilan dan masa KPR ialah besaran cicilan dan pengeluaran bulanan debitur tidak boleh lebih besar 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, jika kita memiliki gaji sebesar 4 juta tiap bulan, maka kita hanya diperbolehkan mengangsur per bulannya sebesar 1 juta rupiah saja. Itulah mengapa besaran angsuran KPR subsidi biasanya kurang dari 1,5 juta. Jika penghasilan kita lebih rendah dari itu, biasanya kita akan ditawari dengan jumlah angsuran yang lebih kecil dan masa pinjaman diperpanjang. Misalnya, untuk masa angsuran 10 tahun harusnya kita membayar 1,3 juta per bulan, tetapi karena kondisi tersebut kita diberikan penawaran angsuran 900 ribu dengan lama angsuran 15 tahun.

Kondisi tersebut mestinya kita perhitungkan secara matang dari awal. Ingat, membayar angsuran KPR tidak seperti membayar utang kepada tetangga, hehe. Apabla Kalian tidak mampu membayar cicilan yang ditetapkan dalam kurun waktu tertentu bisa-bisa rumah Kalian akan disita oleh pihak pemberi kredit. Oleh karena itu, pada saat akad kredit baca dan pelajari baik-baik butir-butir perjanjian yang dituliskan. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari karena kurang teliti.

Demikian informasi singkat mengenai perumahan subsidi di Blora. Temukan juga rekomendasi perumahan subsidi di seluruh kota di Indonesia di web ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.