-->

Perumahan Subsidi di Grobogan Purwodadi Terbaru

Tidak ada komentar

Grobogan saat ini menjadi kota pengembangan perumahan KPR bersubsidi. Perumahan KPR subsidi di Grobogan bukan hanya di dekat pusat kota melainkan juga telah menyebar sampai ke beberapa kota kecamatan. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang belum mempunyai rumah.

KPR bersubsidi yaitu bantuan pembiayaan pemilikan rumah oleh pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau tidak lebih dari 4 juta rupiah tiap bulan. Keuntungan membeli rumah subsidi yaitu DP yang rendah, bunga KPR yang rendah, dan durasi KPR yang panjang sampai 20 tahun. Selain itu, rumah subsidi umumnya sudah siap huni bahkan sebelum akad kredit.

Rumah subsidi di Grobogan Bisa KPR 20 Tahun

Menjamurnya perumahan subsidi di Grobogan adalah bukti bahwa nilai investasi property di Grobogan dari waktu ke waktu semakin mengalami kenaikan. Kenaikan nilai investasi properti di Grobogan setiap tahunnya berkisar di angka 15-20%. Itulah yang membuat perumahan subsidi di Grobogan selalu ramai pembeli.

Harga rumah subsidi di Grobogan saat ini sekitar 140-170 juta rupiah. Ada beberapa tipe rumah subsidi antara lain tipe 21/60, 27/60, 30/60, 27/72, 30/72, dan 36/72. Rumah subsidi dengan tipe tersebut biasanya mempunyai 2 KT dan 1 KM. Spek bahan bangunan yang dipakai untuk masing-masing perumahan berbeda-beda. Namun, untuk daerah Grobogan spesifikasi bahan bangunan yang digunakan yaitu pondasi batu kali, rangka dinding beton bertulang, dinding biasanya ada yang double tetapi kebanyakan single, lantai keramik 30x30, plafon GRC, rangka atap kayu atau baja ringan, atap genteng beton, pintu double triplek, listrik 1300 watt, dan air dari sumur bor.

Nah, untuk Kalian yang saat ini tengah mencari rumah di wilayah Grobogan, berikut rekomendasi perumahan subsidi murah di Grobogan yang mungkin dapat dijadikan referensi.

Griya Citra Dewata

Perumahan Griya Citra Dewata merupakan proyek perumahan dari PT. Semangat Kerja Bersama. Salah satu perumahan subsidi ini terletak tepatnya berada di daerah karanganyar, Purwodadi, Kabupaten Grobogan. Perumahan ini kini dikelola oleh Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (HIMPERRA) dan telah berhasil terjual sejumlah 22 unit. Perumahan dengan luas bangunan 36 m² yang berdiri diatas lahan seluas 72 m² telah menyediakan sejumlah 2 ruang kamar tidur dan 2 ruang kamar mandi. Perumahan Griya Citra Dewata hadir dengan model bangunan yang minimalis dan modern yang tentu menjadi daya tarik bagi setiap orang. Bagi anda yang tertarik atau berminat untuk mendapatkan informasi selengkapnya anda dapat mendatangi kantor pemasaran yang berada di Dusun Bantengmati, RT 01/ RW 04 No 01 Karanganyar, Purwodadi, Kabupaten Grobogan atau dengan menghubungi nomor telp 081210039168 / email semangatkerjabersama@gmail.com.

Griya Penggung Regency 2



Perumahan Griya Penggung Regency 2 merupakan proyek dari PT Karya Indah Properti dan dikelola oleh Himpunan Pengembangan Pemukiman dan Perumahan Rakyat (HIMPERRA). Perumahan ini terletak di daerah Kunden, Wirosari, Kabupaten Grobogan. Perumahan Griya Penggung Regency 2 ini telah berhasil menjual hingga 34 unit. Perumahan dengan luas bangunan 30 m² yang berdiri di lahan seluas 84 m² ini memiliki sejumlah 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Desain yang minimalis dan modern menjadikan hunian terlihat menarik. Spesifikasi teknis dari hunian perumahan Griya Penggung Regency ini ditunjukkan dengan penggunaan baja ringan dan genteng untuk atap, dinding dengan menggunakan batako dan plaster aci, serta lantai dan pondasi yang menggunakan keramik dan batu belah. Sehingga, selain hunian yang sudah pasti nyaman ditambah dengan halaman serta lingkungan yang bersih akan mampu membuat setiap penghuninya merasa nyaman. Tidak heran jika perumahan ini banyak diminati karena cocok untuk dijadikan sebagai investasi propert atau tempat tinggal pribadi. Bagi anda yang tertarik dan ingin mendapatkan informasi lebih lengkap dapat datangi kantor pemasaran yang terletak di Kunden, Wirosari, Grobogan No. 5819, Kabupaten Grobogan atau menghubungi nomor telp 081327040933 / email martono_tri@yahoo.com.

Persyaratan membeli rumah subsidi

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi apabila Anda mau mendapat rumah subsidi. Dibawah ini yaitu beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi agar dapat memiliki rumah subsidi.
  1. Warga Negara Indonesia berusia minimal 21 tahun
  2. Belum memiliki rumah atau tempat tinggal tetap sendiri
  3. Gaji per bulan tidak boleh lebih dari 4 juta rupiah
  4. Telah bekerja atau memiliki usaha sekurang-kurangnya 1 tahun
  5. Memiliki NPWP dan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi
Adapun dokumen yang mesti dilengkapi untuk mengajukan KPR rumah subsidi antara lain:
  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak
  4. Fotokopi akta nikah apabila telah menikah
  5. Pas foto 3 x 4
  6. Slip gaji asli sebulan terakhir yang ditandatangani oleh bendahara kantor
  7. Surat keterangan aktif bekerja (dtandatangani dan stempel dari HRD perusahaan)
  8. Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  9. Surat keterangan belum memiliki rumah dari kelurahan
  10. Buku tabungan rekening bank yang bersangkutan
  11. SPT tahunan
  12. Mengisi form FLPP dan aplikasi KPR
  13. Materai 15 lembar (bisa juga kurang)

Tips membeli rumah subsidi

Dalam dunia investasi properti, ada tiga hal pokok yang mesti menjadi prioritas saat membeli rumah. Pertama ialah lokasi, kedua lokasi, dan ketika masih lokasi. Artinya, lokasi ialah skala prioritas pertama dan utama, baru kemudian disusul oleh indikator yang lain seperti siapa pengembangnya, kemampuan kita untuk membayar, dan semacamnya.

Lokasi
Ada tiga hal terkait lokasi yang harus menjadi perhatian saat membeli rumah subsidi. Pertama, pilih lokasi dekat fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan sebagainya. Memang sulit menemukan perumahan subsidi di Grobogan yang lokasinya dekat atau bersingunggan langsung dengan fasum. Paling tidak jika Kalian membeli rumah, dapat menjangkau fasilitas umum dengan mudah. Gampang dalam pengertian aksesnya tidak terlalu jauh atau bahkan tidak ada sama sekali. Apabila memang terpaksa ada satu atau dua fasilitas umum yang letaknya agak jauh pastikan bahwa fasilitas umum tersebut bukan merupakan tempat/hal yang tiap waktu mesti Anda datangi. Misalkan Kalian punya anak yang bersekolah, tetapi sekolahnya berada di lokasi yang jauh dengan rumah Kamu. Bahkan, tidak ada angkutan umum yang menjangkau sekolah tersebut dari tempat tinggal Kalian. Hindarkan mengambil hunian di lokasi seperti itu. Akan lebih baik lagi jika pengembang telah menyiapkan fasum yang ada di dalam perumahan Anda. Lokasi perumahan yang menyiapkan beragam fasilitas di dalamnya biasanya mempunyai harga jual lebih mahal karena mengadopsi gagasan one stop living.

Kedua keberadaan perumahan yang lain. Ketika Kalian membeli rumah subsidi di Grobogan, pastikan bahwa di sekeliling perumahan yang Anda beli juga terdapat komunitas properti lain. Komunitas dapat menjadi faktor pendorong melonjaknya harga rumah. Kelompok masyarakat yang banyak mendorong perilaku ekonomi warga menggeliat. Apabila komunitas semakin bertambah tidak menutup kemungkinan bagi orang atau pelaku usaha berminat berinvestasi di dalamnya. Selain itu, adanya komunitas juga menarik perhatian orang untuk ikut tinggal di wilayah tersebut atau hanya untuk berinvestasi. Apabila permintaan terhadap rumah di perumahan Anda meningkat maka harga rumah pun ikut meningkat. Imbasnya, uang hasil keringat yang telah Anda investasikan akan terus berkembang.

Ketiga site plan daerah dalam beberapa tahun ke depan. Meningkatknya permintaan akan hunian membuat pengembang rumah sederhana berani membangun perumahan di area yang boleh dibilang kurang atau tidak strategis. Jauh dari hingar binger keramaian. Mengapa pengembang berani berspekulasi seperti itu? Pasti ada alasan. Salah satunya karena plan jangka panjang. Maksudnya, bisa jadi daerah itu sekarang tidak tetapi site plan pemerintah daerah 5 atau 10 tahun ke depan barangkali menjadi pertimbangannya. Anda dapat mencari tahu mengenai site plan wilayah di dinas tata kota atau cukup menggali informasi dengan warga setempat.

Pengembang
Sudah banyak berita mengenai developer bodong yang membawa kabur uang nasabah. Setoran uang muka raib dibawa kabur developer nakal dan nasabah tidak memperoleh hak yang dijanjikan. Tentu Anda tidak mau ada kejadian semacam itu. Oleh karena itu, penting bagi kita calon pembeli untuk mengecek kredibilitas pengembang perumahan yang hendak kita beli. Caranya bagaimana? Yang paling sederhana yaitu mencari rekam jejak properti yang telah mereka bangun sebelumnya dan juga legalitasnya.

Kemampuan membayar
Saat kita wawancara kredit di bank, kita akan ditanya mengenai besar gaji dan pengeluaran per bulan. Pertanyaan tersebut dimaksudkan untuk memastikan apakah kita sebagai calon debitur mempunyai kemampuan untuk membayar cicilan KPR atau tidak. Biasanya rumus yang digunakan oleh pihak bank untuk menetapkan besaran angsuran dan lamanya KPR ialah besaran angsuran dan pengeluaran bulanan debitur lebih kecil sama dengan 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, Apabila kita mendapatkan gaji senilai 4 juta per bulan, maka kita hanya diperbolehkan mengangsur tiap bulannya sebesar 1 juta rupiah saja. Itulah alasan besaran cicilan KPR subsidi umumnya kurang dari 1,5 juta. Jika penghasilan kita lebih rendah dari itu, biasanya kita akan diberi masukan untuk mengambil jumlah cicilan yang lebih kecil dan masa pinjaman diperpanjang. Misalnya, untuk jangka waktu 10 tahun harusnya kita membayar 1,3 juta per bulan, tetapi karena kondisi itu kita diberikan penawaran cicilan 900 ribu dengan durasi 15 tahun.

Kondisi tersebut mestinya kita perhatikan secara matang dari awal. Ingat, membayar cicilan KPR tidak seperti membayar utang kepada tetangga, hehe. Apabla Kalian tidak mampu membayar angsuran yang ditetapkan dalam waktu tertentu bisa-bisa rumah Anda akan disita oleh pihak bank. Oleh karena itu, pada saat akad kredit baca dan pelajari baik-baik butir-butir perjanjian yang dicantumkan. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena kurang teliti.

Itulah informasi singkat tentang perumahan subsidi di Grobogan. Temukan juga referensi perumahan subsidi di seluruh kota di Indonesia di web ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.