-->

Perumahan Subsidi di Jepara Cicilan 800 Ribuan

Tidak ada komentar

Jepara saat ini menjadi kabupaten pengembangan perumahan KPR bersubsidi. Perumahan KPR subsidi di Jepara bukan hanya di dekat pusat kota tetapi juga sudah menyebar sampai ke beberapa kota kecamatan. Hal tersebut dilakukan untuk mencukupi kebutuhan hunian bagi warga masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah yang belum memiliki rumah.

KPR bersubsidi ialah bantuan kredit pemilikan rumah oleh pemerintah untuk warga yang memiliki pendapatan rendah atau maksimal 4 juta rupiah tiap bulan. Keuntungan membeli rumah subsidi ialah DP yang ringan, bunga KPR yang di bawah rata-rata, dan jangka waktu KPR yang panjang sampai 20 tahun. Di samping itu, rumah subsidi biasanya sudah siap huni bahkan sebelum akad kredit.

Rumah subsidi di Jepara Angsuran Ringan

Banyaknya perumahan subsidi di Jepara menunjukkan nilai investasi property di Jepara dari waktu ke waktu terus mengalami kenaikan. Kenaikan nilai investasi properti di Jepara tiap tahun berkisar antara 15-20%. Itulah yang membuat perumahan subsidi di Jepara selalu ramai pembeli.

Harga rumah subsidi di Jepara saat ini sekitar 140-170 juta rupiah. Terdapat beberapa tipe rumah subsidi yaitu tipe 21/60, 27/60, 30/60, 27/72, 30/72, dan 36/72. Rumah subsidi dengan tipe tersebut umumnya mempunyai 2 kamar tidur dan 1 KM. Spesifikasi material bangunan yang digunakan untuk masing-masing perumahan berbeda-beda. Namun, untuk wilayah Jepara spesifikasi bahan bangunan yang dipakai yaitu pondasi batu kali, rangka dinding beton bertulang, dinding umumnya ada yang double tetapi kebanyakan single, lantai keramik 30x30, plafon GRC, rangka atap kayu atau baja ringan, atap genteng beton, pintu double triplek, listrik 1300 watt, dan air dari sumur bor.

Nah, bagi Anda yang saat ini tengah mencari hunian di daerah Jepara, berikut beberapa perumahan subsidi murah di Jepara yang mungkin dapat dijadikan referensi.

Alle Regency



Perumahan Alle Regency merupakan proyek yang dikelola oleh PT. Alle Properti Indonesia bersama dengan Perkumpulan Asosiasi Pengembangan Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI). Perumahan ini merupakan salah satu perumahan yang terdapat di Jepara tepatnya di daerah Wonorejo, Kabupaten Jepara. Perumahan dengan bangunan seluas 30 m² yang berdiri di atas lahan seluas 60 m² ini memiliki sejumlah 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Desain bangunan hunian modern dengan spesifikasi atap yang menggunakan baja ringan, dinding menggunakan hebel plaster dan cat, serta lantai dan pondasi yang sudah menggunakan keramik dan semen halus. Perumahan Alle Regency cukup banyak diminati untuk sebagai investasi atau untuk tempat tinggal pribadi. telah terbukti adanya sebanyak 42 unit hunian berhasil terjual saat ini. Bagi anda yang tertarik atau igin mendapatkan informasi selengkapnya dapat mendatangi kantor pemasaran yang berada di Jalan Jepara Bangsri KM 4 RT 020 RW 006 Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara atau anda juga dapat menghubungi nomor telp 081228222334 / email elleregency@gmail.com.

Alam Krapyak Green Residence

Perumahan subsidi Alam Krapyak Green Regency merupakan proyek dari PT. Sejahtera Alam Nusantara dan dikelola oleh Real Estate Indonesia (REI). Perumahan subsidi ini merupakan salah satu perumahan yang ada di Jepara tepatnya terdapat di daerah Krapyak, Tahunan, Kabupaten Jepara. Bangunan dengan luas 30 m² yang berdiri di atas lahan seluas 60 m² ini menyediakan adanya 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Desain minimalis, lokasi yang strategis, dan lingkungan yang bersih menjadi daya tarik dari perumahan ini. Tidak heran jika banyak peminat yang berinvestasi atau menjadikannya sebagai tempat tinggal. Terbukti bahwa telah berhasil terjual 126 unit. Bagi anda yang tertarik untuk mendapatkan informasi selengkapnya dapat mengunjungi kantor pemasaran yang ada di Jalan Kemuning Raya RT 001 RW 009 Krapyak, Tahunan, Jepara atau menghubungi nomor telp 081228056767 / email pt.sanjepara@gmail.com.

Persyaratan membeli rumah subsidi

Ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi apabila kita mau memiliki rumah subsidi. Dibawah ini adalah beberapa kriteria dan dokumen yang harus dipenuhi supaya dapat memiliki rumah subsidi.
  • Warga Negara Indonesia berusia minimal 21 tahun
  • Belum memiliki rumah atau tempat tinggal tetap sendiri
  • Penghasilan tiap bulan tidak boleh lebih dari 4 juta rupiah
  • Sudah bekerja atau memiliki usaha paling tidak 1 tahun
  • Memiliki NPWP dan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi
Adapun berkas-berkas yang mesti dilengkapi guna mengajukan KPR rumah subsidi antara lain:
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi akta nikah apabila sudah menikah
  • Pas foto 3 x 4
  • Slip gaji asli sebulan terakhir yang ditandatangani oleh bendahara kantor
  • Surat keterangan aktif bekerja (dtandatangani dan stempel dari HRD perusahaan)
  • Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  • Surat keterangan belum mempunyai rumah dari kelurahan
  • Buku tabungan rekening bank yang bersangkutan
  • SPT tahunan
  • Mengisi form FLPP dan aplikasi KPR
  • Materai 15 lembar (bisa juga kurang)

Tips membeli rumah subsidi

Dalam dunia investasi properti, ada tiga hal utama yang mesti menjadi perhatian ketika membeli property. Pertama adalah lokasi, kedua lokasi, dan ketika masih lokasi. Artinya, lokasi adalah prioritas pertama dan utama, baru kemudian disusul oleh indikator yang lain seperti siapa pengembangnya, kemampuan kita untuk membayar, dan semacamnya.

Lokasi
Terdapat tiga hal terkait lokasi yang harus diperhatikan saat membeli rumah subsidi. Pertama, pilih lokasi dekat fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan lainnya. Memang sulit mendapatkan perumahan subsidi di Jepara yang aksesnya dekat atau bersingunggan langsung dengan fasum. Paling tidak jika Anda membeli rumah, dapat menjangkau fasilitas umum dengan gampang. Mudah dalam pengertian aksesnya tidak terlalu jauh atau bahkan tidak ada. Apabila memang terpaksa ada satu atau dua fasilitas umum yang letaknya agak jauh pastikan bahwa fasum itu bukan merupakan tempat/hal yang setiap saat mesti Kalian datangi. Misalkan Anda punya anak yang bersekolah, tetapi sekolahnya berada di lokasi yang jauh dengan rumah Anda. Bahkan, tidak ada angkutan umum yang menjangkau sekolah itu dari rumah Kalian. Hindarkan mengambil hunian di lokasi seperti itu. Akan lebih baik lagi apabila pengembang telah menyediakan fasum yang include perumahan Kalian. Lokasi perumahan yang menyiapkan beragam fasilitas di dalamnya umumnya memiliki harga jual lebih mahal karena mengadopsi konsep one stop living.

Kedua keberadaan perumahan yang lain. Saat Kalian mengambil rumah subsidi di Jepara, pastikan bahwa di sekeliling perumahan yang Anda beli juga terdapat komunitas properti lain. Komunitas bisa menjadi faktor pendorong melonjaknya harga rumah. Kelompok warga yang banyak mendorong perilaku ekonomi warga menggeliat. Apabila komunitas semakin besar tidak menutup kemungkinan bagi orang atau pelaku usaha tertarik berinvestasi di situ. Selain itu, adanya komunitas juga menarik perhatian orang untuk ikut tinggal di area tersebut atau hanya untuk berinvestasi. Apabila permintaan terhadap rumah di perumahan Kalian tinggi maka harga properti pun ikut meningkat. Akibatnya, uang hasil keringat yang sudah Anda investasikan akan terus meningkat.

Ketiga site plan wilayah dalam beberapa tahun ke depan. Meningkatknya permintaan terhadap tempat tinggal membuat pengembang rumah sederhana berani membangun perumahan di lokasi yang boleh dibilang kurang atau tidak strategis. Jauh dari hiruk pikuk keramaian. Apa alasan mereka berani berspekulasi seperti itu? Pasti ada alasan. Salah satunya karena plan jangka panjang. Maksudnya, mungkin wilayah itu saat ini kurang tetapi site plan pemerintah daerah 5 atau 10 tahun ke depan barangkali menjadi alasannya. Kalian bisa mendapatkan informasi mengenai site plan wilayah di dinas tata kota atau sekadar bertanya kepada warga sekitar.

Pengembang
Telah banyak cerita tentang pengembang perumahan bodong yang membawa kabur uang nasabah. Setoran uang muka raib dibawa kabur developer nakal dan konsumen tidak memperoleh hak yang seharusnya. Tentu Anda tidak mau ada kejadian seperti itu. Makanya, penting bagi kita calon pembeli untuk memastikan kredibilitas pengembang perumahan yang mau kita beli. Caranya seperti apa? Yang paling mudah adalah mencari rekam jejak properti yang telah mereka bangun sebelumnya dan juga legalitasnya.

Kemampuan membayar
Saat kita wawancara kredit di bank, biasanya akan ditanya mengenai besar gaji dan pengeluaran per bulan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan apakah kita sebagai calon debitur memiliki kemampuan untuk membayar cicilan KPR atau tidak. Biasanya rumus yang digunakan oleh pihak bank untuk menentukan besaran cicilan dan lamanya KPR ialah jumlah cicilan dan pengeluaran bulanan debitur lebih kecil sama dengan 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, jika kita mempunyai gaji senilai 4 juta per bulan, maka kita hanya diperkenankan mengangsur per bulannya sebesar 1 juta rupiah saja. Itulah alasan besaran cicilan KPR subsidi biasanya kurang dari 1,5 juta. Jika penghasilan kita kurang dari itu, biasanya kita akan diberi masukan untuk mengambil jumlah cicilan yang lebih kecil dan jangka waktunya diperpanjang. Misalnya, untuk jangka waktu 10 tahun sedianya kita mengangsur 1,3 juta per bulan, tetapi karena kondisi tersebut kita diberikan penawaran cicilan 900 ribu dengan lama cicilan 15 tahun.

Hal tersebut tentu harus kita perhatikan secara masak dari awal. Ingat, membayar angsuran KPR tidak seperti membayar utang kepada tetangga, hehe. Jika Kalian tidak mampu membayar cicilan yang ditetapkan dalam kurun waktu tertentu bisa-bisa rumah Anda akan disita oleh pihak pemberi kredit. Oleh karena itu, ketika akad kredit baca dan pelajari dengan seksama butir-butir perjanjian yang dituliskan. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari akibat kurang teliti.

Demikian informasi singkat mengenai perumahan subsidi di Jepara. Temukan juga rekomendasi perumahan subsidi di seluruh kota di Indonesia di web ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.