-->

Perumahan Subsidi di Klaten Harga 140 Jutaan

Tidak ada komentar

Klaten sekarang menjadi kota pengembangan perumahan KPR bersubsidi. Perumahan KPR subsidi di Klaten tidak hanya di dekat pusat kota melainkan juga telah merambah sampai ke beberapa kota kecamatan. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi warga masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah.

KPR bersubsidi merupakan bantuan pembiayaan pemilikan rumah oleh pemerintah untuk warga yang memiliki pendapatan menengah ke bawah atau tidak lebih dari 4 juta rupiah per bulan. Keuntungan membeli rumah subsidi yaitu uang muka yang rendah, bunga KPR yang ringan, dan jangka waktu KPR yang panjang sampai 20 tahun. Di samping itu, rumah subsidi umumnya sudah siap ditempati bahkan sebelum akad kredit.

Rumah subsidi di Klaten Angsuran Ringan

Menjamurnya perumahan subsidi di Klaten menunjukkan nilai investasi rumah di Klaten dari waktu ke waktu semakin naik. Kenaikan nilai investasi properti di Klaten setiap tahunnya berkisar antara 15-20%. Itulah yang membuat perumahan subsidi di Klaten selalu ramai pembeli.

Harga rumah subsidi di Klaten saat ini berkisar antara 140-170 juta rupiah. Ada beberapa tipe rumah subsidi yaitu tipe 21/60, 27/60, 30/60, 27/72, 30/72, dan 36/72. Rumah subsidi dengan tipe itu biasanya mempunyai 2 kamar tidur dan 1 KM. Spek material bangunan yang digunakan untuk masing-masing perumahan berbeda-beda. Namun, untuk wilayah Klaten spesifikasi bahan bangunan yang dipakai ialah pondasi batu kali, rangka dinding beton bertulang, dinding biasanya ada yang double tetapi kebanyakan single, lantai keramik 30x30, plafon GRC, rangka atap kayu atau baja ringan, atap genteng beton, pintu double triplek, listrik 1300 watt, dan air dari sumur bor.

Oke, bagi Kalian yang sekarang ini tengah mencari rumah di wilayah Klaten, di bawah ini adalah perumahan subsidi murah di Klaten yang mungkin dapat dipakai sebagai referensi.

Griya Amanah Delanggu



Perumahan Griya Amanah Delanggu merupakan salah satu perumahan yang ada d daerah Klaten. Lokasi perumahan ini tepatnya berada di Dusun II, Mrisen, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten. Bangunan dengan luas 30 m² yang berdiri di lahan seluas 60 m² ini telah menyediakan adanya 2 ruang kamar tidur, 1 ruang kamar mandi, ruang tamu, dapur, dan carport. Selain desain modern, daya tarik lain dari perumahan Griya Amanah Delangu adalah lokasinya yang straegis. Hal ini dibuktikan dengan dekatnya perumahan dengan pusat prbelanjaat, 2 menit untuk dapat ke pasa, 3 menit untuk ke stasius Delangu, dan 4 menit mneuju ke kawasan sekolah (SD, SMP, atau SMK). Bagi anda yang tertarik untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai perumahan Griya Amanah Delangu dapat mendatangi alamat kantor yang berada di jalan Ki Ageng Gribig No. 8, RW 09, Ngigas Baru, Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten.

Griya Amanah Kwarasan 2

Perumahan subsidi Griya Amanah Kwarasan 2 merupakan proyek PT. amanah Graha Nusantara dan dikelola oleh Perkumpulan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI). Perumahan ini tepatnya berada di jalan Kwarasan, Juwiring, Kabupaten Klaten. Perumahan dengan luas bangunan 29 m² di atas lahan seluas 68 m² ini memiliki desain minimalis modern. Bangunan ini telah menyediakan adanya sejumlah 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Bangunan dengan desain modern ini memiliki spesifikasi bangunan berupa penggunaan baja ringan untuk atap, dinding batako dan plaster aci, serta lantai dan pondasi yang menggunakan keramik 40x40 dan batu kali. Bagi anda yang tertarik untuk mendapatkan informasi lebih selengkapnya dapat mendatangi kantor pemasaran yang berada di PT. Amanah Graha Nusantara No. 8, Barenglor, Kabupaten Klaten, Klaten Utara.

Persyaratan membeli rumah subsidi

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dilengkapi jika Anda mau mendapat rumah subsidi. Dibawah ini yaitu beberapa kriteria dan dokumen yang harus dilengkapi agar dapat memiliki rumah subsidi.
  1. WNI berusia minimal 21 tahun
  2. Belum memiliki rumah atau tempat tinggal tetap sendiri
  3. Penghasilan tiap bulan tidak boleh lebih dari 4 juta rupiah
  4. Sudah bekerja atau memiliki usaha sekurang-kurangnya 1 tahun
  5. Punya NPWP dan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi
Adapun berkas-berkas yang harus disiapkan untuk mengajukan KPR rumah subsidi antara lain:
  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  2. Fotokopi KK
  3. Fotokopi NPWP
  4. Fotokopi akta nikah apabila telah menikah
  5. Pas foto 3 x 4
  6. Slip gaji asli sebulan terakhir yang diketahui oleh bendahara kantor
  7. Surat keterangan aktif bekerja (dtandatangani dan stempel dari HRD perusahaan)
  8. Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  9. Surat keterangan belum mempunyai rumah dari kelurahan
  10. Buku tabungan rekening bank yang bersangkutan
  11. SPT tahunan
  12. Mengisi form FLPP dan aplikasi KPR
  13. Materai 15 lembar (bisa juga kurang)

Tips membeli rumah subsidi

Dalam dunia investasi properti, ada tiga hal pokok yang mesti menjadi perhatian saat membeli rumah. Pertama ialah lokasi, kedua lokasi, dan ketika masih lokasi. Artinya, lokasi ialah skala prioritas pertama dan utama, baru kemudian disusul oleh indikator yang lain seperti siapa pengembangnya, kemampuan kita untuk membayar, dan semacamnya.

Lokasi
Terdapat tiga hal terkait lokasi yang harus diperhatikan ketika membeli rumah subsidi. Pertama, pilih lokasi dekat fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan sebagainya. Memang sulit mendapatkan perumahan subsidi di Klaten yang aksesnya dekat atau bersebelahan langsung dengan fasum. Paling tidak jika Kalian membeli rumah, dapat menjangkau fasilitas umum dengan gampang. Mudah dalam artian lokasinya tidak terlalu jauh atau bahkan tidak ada sama sekali. Apabila memang terpaksa ada satu atau dua fasilitas umum yang letaknya agak jauh pastikan bahwa fasum itu bukanlah tempat/hal yang setiap saat harus Kamu datangi. Misalkan Anda punya anak yang bersekolah, sementara sekolahnya berada di lokasi yang jauh dengan tempat tinggal Anda. Bahkan, tidak ada kendaraan yang menjangkau sekolah tersebut dari tempat tinggal Anda. Hindarkan memilih rumah di lokasi seperti itu. Akan lebih baik lagi apabila pengembang telah menyiapkan fasum yang ada di dalam perumahan Anda. Lokasi perumahan yang menyiapkan fasum di dalamnya umumnya memiliki harga jual lebih mahal karena mengadopsi konsep one stop living.

Kedua keberadaan komunitas property. Saat Kalian membeli rumah subsidi di Klaten, pastikan bahwa di sekitar perumahan yang Anda beli juga ada komunitas properti lain. Komunitas bisa menjadi indikator pendorong melonjaknya harga rumah. Komunitas warga yang banyak mendorong perilaku ekonomi warga menggeliat. Apabila komunitas semakin bertambah tidak menutup kemungkinan bagi orang atau pelaku usaha berminat berinvestasi di situ. Di samping itu, adanya komunitas juga menarik perhatian orang untuk ikut tinggal di area tersebut atau sekadar berinvestasi. Jika permintaan terhadap rumah di perumahan Kalian tinggi maka harga rumah pun ikut melonjak. Akibatnya, uang jeri payah yang telah Anda investasikan akan terus naik.

Ketiga peta perkembangan daerah dalam beberapa tahun ke depan. Meningkatknya permintaan akan hunian membuat pengembang rumah sederhana berani membangun perumahan di lokasi yang boleh dibilang kurang atau tidak strategis. Jauh dari hiruk pikuk keramaian. Apa alasan pengembang berani berspekulasi seperti itu? Tentu hal itu ada alasan. Salah satunya karena pertimbangan jangka panjang. Maksudnya, bisa jadi wilayah itu sekarang kurang tetapi tata kota pemerintah daerah 5 atau 10 tahun ke depan mungkin menjadi pertimbangannya. Kamu bisa mencari tahu mengenai site plan wilayah di dinas tata kota atau sekadar bertanya kepada warga setempat.

Developer
Sudah banyak cerita mengenai pengembang perumahan bodong yang membawa kabur uang konsumen. Setoran DP hilang dibawa kabur developer gadungan dan konsumen tidak mendapat hak yang dijanjikan. Tentu kita tidak mau ada kejadian seperti itu. Makanya, penting bagi kita calon pembeli untuk memastikan kredibilitas pengembang perumahan yang hendak kita beli. Caranya bagaimana? Yang paling sederhana ialah mencari rekam jejak properti yang telah mereka bangun sebelumnya dan juga legalitasnya.

Kemampuan membayar
Ketika kita wawancara kredit di bank, kita akan ditanya mengenai besar gaji dan tanggungan per bulan. Hal itu dimaksudkan untuk memastikan apakah kita sebagai calon debitur mempunyai kemampuan untuk membayar cicilan KPR atau tidak. Biasanya rumus yang pakai oleh pihak bank untuk menetapkan besaran angsuran dan lamanya KPR ialah besaran angsuran dan tanggungan bulanan debitur tidak boleh lebih besar 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, jika kita mempunyai gaji senilai 4 juta per bulan, maka kita hanya diperkenankan membayar cicilan tiap bulannya sebesar 1 juta rupiah saja. Itulah mengapa besaran angsuran KPR subsidi umumnya di bawah 1,5 juta. Apabila gaji kita kurang dari itu, biasanya kita akan diberi masukan untuk mengambil jumlah cicilan yang lebih kecil dan masa pinjaman diperpanjang. Misalnya, untuk jangka waktu 10 tahun harusnya kita membayar 1,3 juta per bulan, tetapi karena kondisi itu kita diberikan penawaran angsuran 900 ribu dengan lama angsuran 15 tahun.

Kondisi tersebut mestinya kita perhitungkan secara matang dari awal. Ingat, membayar angsuran KPR tidak seperti membayar utang kepada tetangga, hehe. Jika Kalian tidak kuat membayar sejumlah nominal yang ditetapkan dalam kurun waktu tertentu bisa-bisa rumah Kalian akan disita oleh pihak pemberi kredit. Oleh karena itu, pada saat akad kredit baca dan pelajari baik-baik butir-butir perjanjian yang dicantumkan. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena kurang teliti.

Demikian informasi singkat mengenai perumahan subsidi di Klaten. Temukan juga rekomendasi perumahan subsidi di seluruh kota di Indonesia di web ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.