-->

Perumahan Subsidi di Pati Dekat Kota

Tidak ada komentar

Pati saat ini menjadi wilayah pengembangan perumahan KPR bersubsidi. Perumahan KPR subsidi di Pati bukan hanya di sekitar pusat kota melainkan juga sudah menyebar hingga ke beberapa kota kecamatan. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah yang belum memiliki rumah.

KPR bersubsidi merupakan bantuan pembiayaan pemilikan rumah oleh pemerintah bagi masyarakat yang memiliki pendapatan menengah ke bawah atau tidak lebih dari 4 juta rupiah tiap bulan. Keuntungan mengambil rumah subsidi adalah DP yang ringan, bunga KPR yang di bawah rata-rata, dan jangka waktu KPR yang panjang hingga 20 tahun. Selain itu, rumah subsidi umumnya sudah siap ditempati bahkan sebelum akad kredit.

Rumah subsidi di Pati Bisa KPR 20 Tahun

Menjamurnya perumahan subsidi di Pati adalah bukti bahwa nilai investasi property di Pati dari hari ke hari semakin meningkat. Peningkatan nilai investasi properti di Pati setiap tahunnya berkisar di angka 15-20%. Itulah yang membuat perumahan subsidi di Pati selalu ramai pembeli.

Harga rumah subsidi di Pati sekarang ini sekitar 140-170 juta rupiah. Terdapat beberapa tipe rumah subsidi antara lain tipe 21/60, 27/60, 30/60, 27/72, 30/72, dan 36/72. Rumah subsidi dengan tipe tersebut umumnya mempunyai 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Spesifikasi bahan bangunan yang digunakan untuk masing-masing perumahan berbeda-beda. Namun, untuk wilayah Pati spek bahan bangunan yang dipakai yaitu pondasi batu kali, rangka dinding beton bertulang, dinding umumnya ada yang double tetapi kebanyakan single, lantai keramik 30x30, plafon GRC, rangka atap kayu atau baja ringan, atap genteng beton, pintu double triplek, listrik 1300 watt, dan air dari sumur bor.

Oke, bagi Anda yang saat ini tengah mencari rumah di Kota Pati, berikut rekomendasi perumahan subsidi murah di Pati yang mungkin dapat dijadikan referensi.

Griya Kirana Mas 3



Perumahan griya Kirana Mas 3 merupakan salah satu perumahan subsidi yang ada di Pati. Lokasi tepatnya perumahan ini yaitu di daerah margorejo, Pati. Perumahan dengan luas bangunan 30 m² yang berdiri di atas lahan 60 m² ini menyediakan adanya 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Perumahan dengan desain minimalis ini berada di lingkungan yang bersih dan nyaman. Selain itu, yang menjadi daya tarik dari perumahan ini yakni lokasinyayang bebas dari banjir. bagi anda yang tertarik untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai perumahan ini dapat menghubungi +6281225507740.

Perumahan Purwosari

Perumahan Purwosari merupakan perumahan subsidi yang lokasinya berada di jalan Purwosari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati. Perumahan ini memiliki luas bangunan 30 m² yang berdiri di atas lahan seluas 60 m².perumahan Purwosari ini telah menyediakan adanya 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Fasilitas lain yang dsediakan oleh hunian ini yakni tersedianya halaman depan, halaman belakang, dan carpot. Sehingga, dengan desain yang minimalis perumahan ini menawarkan kenyaman bagi setiap penghuninya. Bagi anda bila tertarik, untuk mendapatkan informasi selengkapya dapat menghubungi nomor telp +6285158851919.

Sarirejo Emerald Cluster

Perumahan Sarirejo Emerald Cluster merupakan perumahan subsidi yang ada di pusat Kabupaten Pati. Lokasi perumahan ini berada di jalan Gg Meteor Sarirejo Pati, Kabupaten Pati. Perumahan dengan luas bangunan 54 m² yang berdiri di atas lahan seluas 103 m² menyediakan adanya 3 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Selain itu, fasilitas lain ditawarkan oleh perumahan ini yakni free TV LED 32”, AC, canopy, taman, dan adanya carpot. Hunian dengan desain bangunan yang mewah, akses jalan yang sudah aspal, dekat dengan pusat belanja, dekat dengan sekolah, dan dekat dengan SPBU serta RSU menjadi daya tarik dari perumahan ini. Perumahan ini juga telah menyediakan adanya pengaman sebagi bentuk untuk keamanan dan kenyamanan. Bagi anda yang tertarik untuk mendapatkan informasi lebih dapat menghubungi nomor telp 0822 1087 5569.

Persyaratan membeli rumah subsidi

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi apabila Anda ingin memperoleh rumah subsidi. Berikut yaitu beberapa persyaratan yang harus dilengkapi supaya dapat memeroleh rumah subsidi.
  • Warga Negara Indonesia berusia minimal 21 tahun
  • Belum memiliki rumah atau tempat tinggal tetap sendiri
  • Gaji per bulan tidak boleh lebih dari 4 juta rupiah
  • Sudah bekerja atau memiliki usaha sekurang-kurangnya 1 tahun
  • Punya NPWP dan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi

Adapun dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan KPR rumah subsidi yaitu:
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi akta nikah apabila sudah menikah
  • Pas foto 3 x 4
  • Slip gaji asli sebulan terakhir yang ditandatangani oleh bendahara kantor
  • Surat keterangan aktif bekerja (dtandatangani dan stempel dari HRD perusahaan)
  • Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  • Surat keterangan belum memiliki rumah dari kelurahan
  • Buku tabungan rekening bank yang disyaratkan
  • SPT tahunan
  • Mengisi form FLPP dan aplikasi KPR
  • Materai 15 lembar (bisa juga kurang)

Tips membeli rumah subsidi

Dalam kamus investasi properti, ada tiga hal pokok yang mesti menjadi prioritas ketika membeli property. Pertama adalah lokasi, kedua lokasi, dan ketika masih lokasi. Artinya, lokasi adalah skala prioritas pertama dan utama, baru kemudian disusul oleh faktor yang lain seperti siapa pengembangnya, kemampuan kita untuk membayar, dan semacamnya.

Lokasi
Terdapat tiga hal berkairan lokasi yang mestinya menjadi perhatian ketika membeli rumah subsidi. Pertama, pilih lokasi dekat fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan lainnya. Memang sulit mendapatkan perumahan subsidi di Pati yang lokasinya dekat atau berdekatan langsung dengan fasum. Paling tidak apabila Anda membeli rumah, dapat mengakses fasilitas umum dengan gampang. Mudah dalam artian lokasinya tidak terlalu jauh atau bahkan tidak ada. Jika memang terpaksa ada satu atau dua fasilitas umum yang letaknya agak jauh pastikan bahwa fasilitas umum tersebut bukanlah tempat/hal yang setiap waktu harus Kalian datangi. Misalkan Kamu punya anak yang bersekolah, sementara sekolahnya berada di lokasi yang jauh dengan tempat tinggal Anda. Bahkan, tidak ada angkutan umum yang menjangkau sekolah tersebut dari rumah Anda. Hindarkan mengambil hunian di lokasi seperti itu. Akan jauh lebih baik lagi jika pengembang telah menyediakan fasum yang include perumahan Anda. Lokasi perumahan yang menyediakan beragam fasilitas di dalamnya umumnya memiliki harga jual lebih mahal karena mengadopsi gagasan one stop living.

Kedua keberadaan perumahan sejenis. Saat Anda mengambil rumah subsidi di Pati, pastikan bahwa di sekitar perumahan yang Kalian beli juga ada komunitas properti lain. Komunitas dapat menjadi faktor pendorong melonjaknya harga properti. Komunitas masyarakat yang banyak mendorong perilaku ekonomi warga menggeliat. Jika komunitas semakin bertambah tidak menutup kemungkinan bagi orang atau pelaku usaha berminat berinvestasi di dalamnya. Di samping itu, adanya komunitas juga menarik perhatian orang untuk ikut tinggal di wilayah tersebut atau sekadar berinvestasi. Jika permintaan terhadap rumah di perumahan Anda tinggi maka harga rumah pun ikut melonjak. Akibatnya, uang hasil keringat yang sudah Anda investasikan akan terus berkembang.

Ketiga site plan wilayah dalam beberapa tahun ke depan. Meningkatknya kebutuhan terhadap hunian membuat pengembang rumah sederhana berani membangun perumahan di area yang boleh dibilang kurang atau tidak strategis. Jauh dari hiruk pikuk keramaian. Mengapa mereka berani berspekulasi seperti itu? Pasti ada alasan. Salah satunya karena pertimbangan jangka panjang. Maksudnya, mungkin wilayah tersebut sekarang tidak tetapi tata kota pemerintah daerah 5 atau 10 tahun ke depan barangkali menjadi alasannya. Anda bisa mencari tahu mengenai site plan wilayah di dinas tata kota atau cukup menggali informasi dengan warga setempat.

Developer
Sudah banyak cerita tentang pengembang perumahan bodong yang membawa kabur uang nasabah. Setoran DP raib dibawa kabur pengembang nakal dan nasabah tidak memperoleh hak yang seharusnya. Tentu Anda tidak ingin ada kejadian semacam itu. Makanya, penting bagi kita calon pembeli untuk mencari tahu kredibilitas developer perumahan yang ingin kita beli. Caranya bagaimana? Yang paling mudah ialah mencari track record properti yang pernah mereka bangun sebelumnya dan juga legalitasnya.

Kemampuan membayar
Saat kita wawancara kredit di bank, biasanya akan ditanya mengenai besar gaji dan tanggungan per bulan. Pertanyaan tersebut bertujuan untuk memastikan apakah kita sebagai calon debitur memiliki kemampuan untuk membayar cicilan KPR atau tidak. Biasanya rumus yang pakai oleh pihak bank untuk menentukan besaran cicilan dan masa KPR adalah jumlah cicilan dan tanggungan bulanan debitur lebih kecil sama dengan 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, jika kita mempunyai gaji sebesar 4 juta tiap bulan, maka kita hanya diperbolehkan membayar cicilan tiap bulannya sebesar 1 juta rupiah saja. Itulah mengapa besaran cicilan KPR subsidi umumnya di bawah 1,5 juta. Jika penghasilan kita lebih rendah dari itu, biasanya kita akan diberi masukan untuk mengambil jumlah angsuran yang lebih kecil dan masa pinjaman diperpanjang. Misalnya, untuk jangka waktu 10 tahun sedianya kita mengangsur 1,3 juta per bulan, tetapi karena kondisi itu kita diberikan penawaran angsuran 900 ribu dengan lama angsuran 15 tahun.

Kondisi tersebut mestinya kita perhatikan secara masak dari awal. Ingat, membayar angsuran KPR tidak seperti membayar utang kepada tetangga, hehe. Apabla Anda tidak kuat membayar angsuran yang ditetapkan dalam kurun waktu tertentu bisa-bisa rumah Kalian akan disita oleh pihak bank. Oleh karena itu, pada saat akad kredit baca dan pelajari baik-baik butir-butir perjanjian yang dicantumkan. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari karena kurang teliti.

Demikian informasi singkat mengenai perumahan subsidi di Pati. Temukan juga rekomendasi perumahan subsidi di seluruh kota di Indonesia di web ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.