-->

Perumahan Subsidi di Magelang Kualitas Komersil

Tidak ada komentar

Magelang sekarang menjadi kota pembangunan perumahan KPR bersubsidi. Perumahan KPR subsidi di Magelang tidak hanya di sekitar pusat kota melainkan juga telah menyebar hingga ke beberapa kota kecamatan. Hal tersebut dilakukan untuk mencukupi kebutuhan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah.

KPR bersubsidi merupakan bantuan kredit pemilikan rumah oleh pemerintah untuk warga berpenghasilan rendah atau tidak lebih dari 4 juta rupiah tiap bulan. Keuntungan mengambil rumah subsidi ialah DP yang ringan, bunga KPR yang ringan, dan jangka waktu KPR yang panjang hingga 20 tahun. Di samping itu, rumah subsidi biasanya sudah ready bahkan sebelum akad kredit.

Rumah subsidi di Magelang Harga 100 Jutaan

Menjamurnya perumahan subsidi di Magelang adalah bukti bahwa nilai investasi rumah di Magelang dari hari ke hari semakin mengalami kenaikan. Peningkatan nilai investasi properti di Magelang tiap tahun berkisar di angka 15-20%. Itulah yang membuat rumah-rumah subsidi di Magelang diserbu pembeli.

Harga rumah subsidi di Magelang tahun ini sekitar 140-170 juta rupiah. Ada beberapa tipe rumah subsidi antara lain tipe 21/60, 27/60, 30/60, 27/72, 30/72, dan 36/72. Rumah subsidi dengan tipe itu umumnya memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Spesifikasi material bangunan yang digunakan untuk setiap perumahan berbeda-beda. Tetapi, untuk wilayah Magelang spesifikasi bahan bangunan yang digunakan ialah pondasi batu kali, rangka dinding beton bertulang, dinding biasanya ada yang double tetapi kebanyakan single, lantai keramik 30x30, plafon GRC, rangka atap kayu atau baja ringan, atap genteng beton, pintu double triplek, listrik 1300 watt, dan air dari sumur bor.

Nah, untuk Kalian yang sekarang ini tengah mencari rumah di wilayah Magelang, berikut adalah perumahan subsidi murah di Magelang yang mungkin dapat dipakai untuk referensi.

Nindya Asri 4



Perumahan subsidi Nindya Asri 4 merupakan perumahan yang lokasinya berada di jalan Tampingan, Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Perumahan subsidi ini merupakan proyek dari PT. NIndya Karya Utama dan dikelola oleh Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (HIMPERRA). Perumahan dengan luas bangunan 30 m² yang berdiri di lahan seluas 60 m² ini telah menyediakan adanya 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Bangunan ini memiliki desain yang sederhana dan berada di lingkungan bersih. Spesifikasi bangunan dari perumahan Nindya Asri 4 ini menggunakan rangka atap baja ringan untuk atap, dinding dengan menggunakan batu bata merah, pondasi menggunakan batu belah, dan untuk lantai telah menggunakan keramik ukuran 30x30. Bagi anda yang tertarik untuk memiliki hunian atau sebagai investasi dapat mendapatkan informasi lebih lanjut dengan mendatangi alamat kantor pemasaran yang ada di Perumahan Nindya Asri 4 Dusun Gintung Bendo RT 3 RW 9, desa Tampingan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang atau menghubungi nomor telp 02943672411 / email ptnindya_karyautama@yahoo.com.

Perumahan Citra Harmoni 3

Perumahan Citra Harmoni 3 merupakan perumahan subsidi baru yang lokasinya berada di daerah Mertoyudan Magelang. Perumahan subsidi ini memiliki adanya 3 tipe bangunan rumah yang emmiliki luas bangunan masing-masing 30 m², 36 m², dan 45 m² dengan luas lahan yang bervariasi mulaidari 60 m² sampai dengan >120 m². Perumahan ini telah menyediakan setiap hunian 1 ruang kamar mandi dan 2 ruang kamar tidur. Lokasi yang strategis menjadi daya tarik bagi perumahan dengan desain modern dan estetik ini. Hal ini terbukti dengan lokasi perumahan Citra Harmoni yang dekat dengan Artos Mall, dekat dengan pusat kota, dan 30 menit dari Yogyakarta. Fasilitas lain yang diberikan oleh perumahan ini yaitu adanya CCTV, keamanan 24 jam, dan akses yang sudah menggunakan jalan beton. Bagi anda yang tertarik untuk mendapatkan informasi selengkapnya dapat menghubungi nomor telp 0856 0070 0480 atau 0822 2700 0760.

Persyaratan membeli rumah subsidi

Ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi jika Anda mau memiliki rumah subsidi. Berikut yaitu beberapa persyaratan yang mesti dilengkapi supaya bisa memiliki rumah subsidi.
  1. Warga Negara Indonesia berusia minimal 21 tahun
  2. Belum memiliki rumah atau tempat tinggal tetap sendiri
  3. Pendapatan tiap bulan tidak boleh lebih dari 4 juta rupiah
  4. Sudah bekerja atau memiliki usaha paling tidak 1 tahun
  5. Punya NPWP dan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi
Adapun dokumen yang mesti disiapkan guna mengajukan KPR rumah subsidi antara lain:
  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi Kartu Keluarga
  3. Fotokopi NPWP
  4. Fotokopi akta nikah apabila sudah menikah
  5. Pas foto 3 x 4
  6. Slip gaji asli sebulan terakhir yang diketahui oleh bendahara kantor
  7. Surat keterangan aktif bekerja (dtandatangani dan stempel dari HRD perusahaan)
  8. Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  9. Surat keterangan belum memiliki rumah dari kelurahan
  10. Buku tabungan rekening bank yang disyaratkan
  11. SPT tahunan
  12. Mengisi form FLPP dan aplikasi KPR
  13. Materai 15 lembar (bisa juga kurang)

Tips membeli rumah subsidi

Dalam kamus investasi properti, terdapat tiga hal utama yang mesti menjadi prioritas saat membeli property. Pertama ialah lokasi, kedua lokasi, dan ketika tetap lokasi. Artinya, lokasi ialah skala prioritas pertama dan utama, baru kemudian disusul oleh indikator yang lain seperti siapa pengembangnya, kemampuan kita untuk mengangsur, dan yang lainnya.

Lokasi
Ada tiga hal terkait lokasi yang harus menjadi perhatian saat membeli rumah subsidi. Pertama, pilih lokasi dekat fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan sebagainya. Memang sulit menemukan perumahan subsidi di Magelang yang aksesnya dekat atau bersingunggan langsung dengan fasum. Paling tidak apabila Kalian membeli rumah, dapat mengakses fasilitas umum dengan gampang. Gampang dalam artian aksesnya tidak terlalu jauh atau bahkan tidak ada. Jika memang terpaksa ada satu atau dua fasilitas umum yang letaknya agak jauh pastikan bahwa fasilitas umum itu bukan merupakan tempat/hal yang setiap saat mesti Kalian datangi. Misalkan Kamu punya anak yang bersekolah, tetapi sekolahnya berlokasi di tempat yang jauh dengan tempat tinggal Kamu. Bahkan, tidak ada kendaraan yang menuju sekolah tersebut dari tempat tinggal Kalian. Hindarkan memilih hunian di lokasi seperti itu. Akan jauh lebih baik lagi jika pengembang telah menyiapkan fasum yang include perumahan Kalian. Lokasi perumahan yang menyiapkan beragam fasilitas di dalamnya umumnya memiliki harga jual lebih mahal karena mengusung konsep one stop living.

Kedua keberadaan perumahan yang lain. Saat Kalian mengambil rumah subsidi di Magelang, pastikan bahwa di sekeliling perumahan yang Anda beli juga ada komunitas properti lain. Komunitas bisa menjadi faktor pendorong meningkatnya harga rumah. Komunitas masyarakat yang banyak mendorong perilaku ekonomi warga meningkat. Jika komunitas semakin besar tidak menutup kemungkinan bagi orang atau pelaku usaha berminat berinvestasi di situ. Selain itu, adanya komunitas juga menarik perhatian orang untuk ikut tinggal di perumahan tersebut atau sekadar berinvestasi. Apabila permintaan terhadap rumah di perumahan Anda tinggi maka harga rumah pun ikut meningkat. Imbasnya, uang jeri payah yang sudah Anda investasikan akan terus berkembang.

Ketiga peta perkembangan wilayah dalam beberapa tahun ke depan. Meningkatknya permintaan akan tempat tinggal membuat pengembang rumah sederhana berani membangun perumahan di area yang boleh dibilang kurang atau tidak strategis. Jauh dari hiruk pikuk keramaian. Apa alasan mereka berani berspekulasi seperti itu? Pasti ada alasan. Salah satunya karena plan jangka panjang. Maksudnya, mungkin wilayah tersebut sekarang kurang tetapi tata kota pemerintah daerah 5 atau 10 tahun ke depan mungkin menjadi pertimbangannya. Kamu bisa mencari tahu mengenai site plan wilayah di dinas tata kota atau sekadar bertanya kepada warga setempat.

Pengembang
Telah banyak berita mengenai developer bodong yang membawa kabur uang konsumen. Setoran DP raib dibawa kabur developer nakal dan konsumen tidak mendapat hak yang seharusnya. Tentu kita tidak mau ada kejadian seperti itu. Oleh karena itu, penting bagi kita calon pembeli untuk memastikan kredibilitas developer perumahan yang ingin kita beli. Caranya seperti apa? Yang paling mudah yaitu mencari rekam jejak properti yang pernah mereka bangun sebelumnya dan juga legalitasnya.

Kemampuan membayar
Ketika kita wawancara kredit di bank, biasanya akan ditanya mengenai besar gaji dan pengeluaran tiap bulan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan apakah kita sebagai calon debitur memiliki kemampuan untuk membayar angsuran KPR atau tidak. Biasanya rumus yang digunakan oleh pihak bank untuk menentukan besaran cicilan dan masa KPR ialah jumlah cicilan dan pengeluaran bulanan debitur lebih kecil sama dengan 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, Apabila kita mendapatkan gaji sebesar 4 juta tiap bulan, maka kita hanya diperkenankan mengangsur tiap bulannya sebesar 1 juta rupiah saja. Itulah alasan besaran angsuran KPR subsidi umumnya di bawah 1,5 juta. Apabila penghasilan kita kurang dari itu, biasanya kita akan ditawari dengan jumlah cicilan yang lebih kecil dan masa pinjaman diperpanjang. Misalnya, untuk jangka waktu 10 tahun sedianya kita membayar 1,3 juta per bulan, tetapi karena kondisi tersebut kita diberikan penawaran angsuran 900 ribu dengan lama angsuran 15 tahun.

Kondisi tersebut mestinya kita perhitungkan secara matang dari awal. Ingat, membayar angsuran KPR tidak seperti membayar utang kepada tetangga, hehe. Apabla Kalian tidak mampu membayar angsuran yang ditetapkan dalam waktu tertentu bisa-bisa rumah Anda akan disita oleh pihak pemberi kredit. Oleh karena itu, ketika akad kredit baca dan pelajari baik-baik butir-butir perjanjian yang dituliskan. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena kurang teliti.

Itulah informasi singkat mengenai perumahan subsidi di Magelang. Temukan juga rekomendasi perumahan subsidi di seluruh kota di Indonesia di web ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.