Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Level Kognitif Kisi-Kisi Penyusunan Soal

Dalam penyusunan sebuah soal tes kita harus berpedoman dengan kisi-kisi. Kisi-kisi soal umumnya memuat jabaran materi yang diujikan dan level atau tingkat kesukaran soal itu sendiri. Soal untuk ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik memiliki karakteristik yang berbeda. Sehingga dalam penulisan soal, kata kerja operasional (KKO) untuk ketiga ranah tersebut juga berbeda. Berikut penulis bagikan level kognitif dan KKO yang biasa dipakai dalam penyusunan soal.

Level kognitif soal

Level kognitif adalah tingkat pemahaman seseorang terhadap suatu konsep atau ide. Ada beberapa level kognitif yang umum dikenal, yaitu:

  1. Remembering (mengingat): Tingkat pemahaman yang paling rendah, di mana seseorang hanya dapat mengingat informasi yang telah diberikan kepadanya.
  2. Understanding (memahami): Tingkat pemahaman yang lebih tinggi daripada mengingat, di mana seseorang dapat memahami konsep atau ide yang diberikan kepadanya.
  3. Applying (menerapkan): Tingkat pemahaman yang lebih tinggi lagi, di mana seseorang dapat menerapkan konsep atau ide yang dipelajarinya dalam situasi yang berbeda.
  4. Analyzing (menganalisis): Tingkat pemahaman yang lebih tinggi lagi, di mana seseorang dapat menganalisis konsep atau ide yang dipelajarinya dan mengaitkannya dengan konsep atau ide lain.
  5. Evaluating (menilai): Tingkat pemahaman tertinggi, di mana seseorang dapat menilai konsep atau ide yang dipelajarinya sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

Masing-masing tingkat kognitif memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, dan seseorang dapat berpindah dari satu tingkat ke tingkat yang lebih tinggi melalui proses belajar yang terus menerus. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk terus berlatih dan belajar untuk dapat meningkatkan tingkat pemahamannya.

KKO level kognitif

Level kognitif C1
Menemukenali (identifikasi) Mengingat kembali Membaca Menyebutkan Melafalkan/melafazkan Menuliskan Menghafal Menyusun daftar Menggarisbawahi Menjodohkan Memilih Memberi definisi Menyatakan dll.

Level kognitif C2
Menjelaskan Mengartikan Menginterpretasikan Menceritakan Menampilkan Memberi contoh Merangkum Menyimpulkan Membandingkan Mengklasifikasikan Menunjukkan Menguraikan Membedakan Menyadur Meramalkan Memperkirakan Menerangkan Menggantikan 

Level kognitif C3
Melaksanakan Mengimplementasikan Menggunakan Mengonsepkan Menentukan Memproseskan Mendemonstrasikan Menghitung Menghubungkan Melakukan Membuktikan Menghasilkan Memperagakan Melengkapi Menyesuaikan Menemukan Dll

Level kognitif C4
Mendiferensiasikan Mengorganisasikan Mengatribusikan Mendiagnosis Memerinci Menelaah Mendeteksi Mengaitkan Memecahkan Menguraikan Memisahkan Menyeleksi Memilih Membandingkan Mempertentangkan Menguraikan Membagi 

Level kognitif C5
Mengecek Mengkritik Membuktikan Mempertahankan Memvalidasi Mendukung Memproyeksikan Memperbandingkan Menyimpulkan  Mengkritik Menilai Mengevaluasi Memberi saran Memberi argumentasi Menafsirkan Merekomendasi 

Level kognitif C6
Membangun Merencanakan Memproduksi Mengkombinasikan Merangcang Merekonstruksi Membuat Menciptakan Mengabstraksi Mengkategorikan Mengkombinasikan Mengarang Merancang Menciptakan Mendesain Menyusun kembali Merangkaikan 

Itulah penjelasan mengenai level kognitif dalam penyusunan kisi-kisi soal. Untuk mengukur ranah afektif dan psikomotorik tentu KKO-nya berbeda. Silakan baca KKO ranah afektif dan KKO ranah psikomotorik untuk mendapatkan informasi lengkapnya.