-->

Cara Ampuh Menghemat Baterai Smartphone

Tidak ada komentar

Tips Menghemat Baterai Smartphone – Performa smartphone sangat bergantung pada performa baterainya. Jika baterai ponsel awet, tentunya Anda bisa lebih leluasa dalam menggunakannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga daya tahan baterai perangkat Anda. Bahkan, beberapa hal yang tidak kita inginkan bisa menyebabkan baterai lebih boros. Dari menyesuaikan tingkat kecerahan hingga memilih gaya wallpaper, itu sangat memengaruhi kinerja baterai Anda. 

Menghemat kapasitas baterai berguna jika Anda sedang bepergian atau tidak memiliki daya untuk mengisi daya baterai. Jika baterai lebih tahan lama, tentunya Anda tidak perlu khawatir untuk lebih sering mengisinya. Cara menghemat baterai smartphone juga cukup sederhana, langkah-langkahnya juga lebih mudah. Berikut beberapa tips hemat baterai smartphone yang bisa Anda coba.

Tips Menghemat Baterai Smartphone

1. Gunakan wallpaper warna hitam

Jenis wallpaper hitam ini sangat efektif untuk perangkat dengan layar AMOLED. Pasalnya, jenis warna ini akan menghemat konsumsi energi karena layar akan lebih sedikit menerangi layar Anda. Hal ini akan lebih menghemat konsumsi baterai hinga 6% dengan wallpaper hitam ini. Jika Anda menggunakan wallpaper warna-warni, efeknya adalah layar menyala penuh dan baterai cepat habis.

2. Atur tingkat kecerahan

Atur tingkat kecerahan ke ukuran serendah mungkin. Ini sangat efektif dalam menghemat kapasitas baterai Anda. Atur tingkat kecerahan ke posisi paling rendah namun tetap nyaman digunakan. Jangan menggunakan fitur kecerahan otomatis karena akan memberikan kecerahan yang berlebihan. Gunakan cara manual saja untuk kapasitas baterai yang lebih hemat.

3. Atur waktu tidur android

Batasi waktu Android adalah saat layar mati secara otomatis jika ponsel tidak digunakan. Waktu tidur yang lama akan mempercepat pengurasan baterai. Sangat direkomendasikan untuk mengatur waktu tidur siang minimal 1 menit. Jika waktu standby lebih dari 1 menit, konsumsi baterai menjadi lebih boros. Kami merekomendasikan pengaturan ke skala detik untuk kinerja baterai yang lebih baik.

4. Matikan fitur pintar

Fitur pintar di Android termasuk putar otomatis, gerakan, dan lainnya. Fitur ini memang akan memudahkan Anda, namun sebagai imbalannya membuat perangkat lebih cepat habis baterainya. Lebih baik menonaktifkan fitur ini untuk lebih menghemat baterai. Secara umum, fitur gesture yang canggih akan memungkinkan lebih banyak daya baterai untuk dikonsumsi.

5. Matikan getaran dan umpan balik

Fungsi getar smartphone juga menyebabkan baterai cepat habis. Semakin sering fungsi getar digunakan, semakin banyak energi yang terbuang. Nonaktifkan getaran sistem di Android Anda. Entah itu bergetar saat ponsel tiba atau saat ada respon dari notifikasi ponsel Anda.

Demikian ulasan lengkapnya untuk anda tentang tips dan cara untuk menghemat baterai pada smartphone. Anda dapat mencoba cara yang telah di ulas diatas. Pastikan juga untuk menggunakan charger bawaan atau original agar kualitas baterai smartphone bisa terjaga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.