-->

Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Smartphone

Tidak ada komentar

Inilah Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Smartphone – Smartphone diciptakan untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses informasi dan komunikasi. Namun dampak lainnya pengguna bisa mengalami kecanduan gadget. Bahaya kecanduan smartphone sebenarnya hampir sama dengan kecanduan game atau beberapa hal lain yang sifatnya adiktif. Efek buruknya bisa dirasakan dari segala sisi. Baik itu dari sisi sosial, diri sendiri, hingga kesehatan tubuh anda. Namun kecanduan gadget ini bisa anda atasi agar tidak semakin parah. Cara mengatasinya pun mesti dimulai dengan beberapa cara sederhana.


Salah satu yang paling penting adalah dengan menyibukan diri bersosialisasi dengan oranglain. Sosialisasi akan membantu anda mengatasi kecanduan karena waktu anda tidak hanya habis di depan layar smartphone saja. selain itu mengatur intensitas penggunaan smartphone serta mencoba melakukan aneka kegiatan produktif tanpa gadget bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kecanduan. Berikut ini beberapa cara efektif dalam mengatasi kecanduan smartphone yang bisa anda coba.

Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Smartphone

1. Sosialisasi secara langsung

Smartphone memiliki sisi lain dimana penggunanya akan menganggap bahwa dunia sudah berada di genggamannya. Hal ini akan menyebabkan penggunanya melupakan lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, sosialisasi merupakan solusi ampuh untuk mengurangi penggunaan smartphone. sering-seringlah bersosialisasi dengan lingkungan sekitar jangan hanya terpaku pada smartphone saja.

2. Kurangi intensitas penggunaan smartphone

Penggunaan smartphone yang intens merupakan salah satu penyebab utama kecanduan jenis gadget ini. Anda bisa mengurangi penggunaan smartphone dengan cara menyibukan diri bersama lingkungan sekitar. Mulailah sedikit demi sedikit untuk mengurangi intensitas penggunaan smartphone secara perlahan.

3. Ketahui waktu pemakaian

Cobalah atur waktu penggunaan smartphone anda. Gunakan seperlunya saja. jangan hanya menggunakannya hanya untuk mengisi waktu luang. Anda bisa mencoba mematikan ponsel ketika diisi baterainya. Selain itu 30 menit menjelang tidur dan 30 menit sebelum tidur sebaiknya jangan terlebih dulu menggunakan ponsel anda.

4. Gunakan fitur standar

Untuk meredam biang kecanduan seperti bermain game, sosial media, dll anda bisa mencobanya dengan menggunakan fitur-fitur standar. Jika ingin mengunduh game, unduhlah game yang ringan saja yang tidak berpotensi menimbulkan ketagihan. Hal ini sangat efektif meredam rasa kecanduan untuk menatap layar smartphone secara terus menerus.

5. Terapkan waktu bebas smartphone

Cobalah luangkan beberapa menit atau saat sebagai waktu khusus bebas smartphone. Jika hal ini anda lakukan setiap hari tentu saja dampaknya sangat baik untuk meredam kecanduan ponsel pintar ini. buatlah diri dan keluarga jauh dari smartphone beberapa saat sehingga tercipta waktu khusus bebas dari smartphone.

Itu dia beberapa cara efektif mengatasikecanduan smartphone yang bisa anda coba. Selain itu buatlah diri lebih produktif tanpa smartphone sebagai upaya pendukung agar bebas dari kecanduan gadget satu ini. semoga bermanfaat.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.