-->

Perumahan Subsidi di Cilacap Dekat Kota

Tidak ada komentar

Cilacap sekarang menjadi daerah pengembangan perumahan KPR bersubsidi. Perumahan KPR subsidi di Cilacap tidak hanya di dekat pusat kota melainkan juga sudah merambah sampai ke beberapa kota kecamatan. Hal itu dilakukan dalam upaya mencukupi kebutuhan rumah bagi warga masyarakat berpenghasilan rendah yang belum mempunyai rumah.

KPR bersubsidi ialah bantuan pembiayaan pemilikan rumah oleh pemerintah untuk masyarakat yang memiliki pendapatan menengah ke bawah atau tidak lebih dari 4 juta rupiah per bulan. Keuntungan membeli rumah subsidi ialah DP yang ringan, bunga KPR yang rendah, dan jangka waktu KPR yang panjang hingga 20 tahun. Selain itu, rumah subsidi biasanya sudah siap ditempati bahkan sebelum akad kredit.

Rumah subsidi di Cilacap Angsuran Ringan

Menjamurnya perumahan subsidi di Cilacap adalah bukti bahwa nilai investasi rumah di Cilacap dari hari ke hari semakin naik. Kenaikan nilai investasi properti di Cilacap setiap tahunnya berkisar di angka 15-20%. Inilah yang membuat rumah-rumah subsidi di Cilacap diserbu pembeli.

Harga rumah subsidi di Cilacap sekarang ini sekitar 140-170 juta rupiah. Ada beberapa tipe rumah subsidi yaitu tipe 21/60, 27/60, 30/60, 27/72, 30/72, dan 36/72. Rumah subsidi dengan tipe tersebut biasanya mempunyai 2 kamar tidur dan 1 KM. Spesifikasi material bangunan yang digunakan untuk setiap perumahan berbeda-beda. Namun, untuk daerah Cilacap spesifikasi bahan bangunan yang dipakai yaitu pondasi batu kali, rangka dinding beton bertulang, dinding umumnya ada yang double tetapi kebanyakan single, lantai keramik 30x30, plafon GRC, rangka atap kayu atau baja ringan, atap genteng beton, pintu double triplek, listrik 1300 watt, dan air dari sumur bor.

Nah, bagi Kalian yang saat ini tengah mencari rumah di Kota Cilacap, berikut adalah perumahan subsidi murah di Cilacap yang mungkin bisa dijadikan referensi.

The Rumina Tritih Lor


Perumahan The Rumina Lor merupakan salah satu perumahan yang terdapat di Cilacap tepatnya di daerah Tritih Lor, Jeruklegi, Kabupaten Cilacap. Perumahan ini merupakan proyek dari PT. Newgraha Sang Juara dan dikelola oleh Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (HIMPERA). Perumahan The Rumania Tritih Lor saat ini telah memiliki rumah subsidi 26 unit. Bangunan dengan luas 36 m² yang dibangus diatas luas lahan 60 m² ini menyediakan fasilitas di setiap bangunannya berupa 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi. Selain itu, perumahan ini memiliki halaman yang cukup luas untuk dimanfaatkan sebagai parkir atau hanya sekedar halaman rumah saja. Perumahan the Rumnia Tritih Lor dibangun dengan desain minimalis dengan menggunakan atap gulvalum. Bagi anda yang tertarik atau ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai perumahan subsidi The Rumina Tritih Lor dapat datang ke kantor pemasaran yang terdapat di Jalan raya Tritih Lor Rt 02/ Rw 08 No. 10, tritih Lor, Jeruklegi, Kabupaten Cilacap atau anda juga dapat menghubungi melalui telp 085229335426 / email ruminacilacap7@gmail.com / website RumahCilacap.id.

Cemara Regency

Perumahan Cemara Regency merupakan salah satu perumahan subsidi yang ada di Cilacap. Tepatnya berada di Jalan Urip Sumoharjo, Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap. Perumahan ini terkenal dengan perumahan subsidi yang memiliki fasilitas dan infrastruktur yang bagus. Hal tersebut terbukti dengan lokasinya yang cukup stratetis yakni dekat dengan pertokoan dan akses jalan yang bagus. Perumahan dengan luas bangunan 75 m² yang berada di lahan seluas 90 m² ini telah dilengkapi adanya 2 ruang kamar tidur dan 1 ruang kamar mandi, sumber air PAM, dan memiliki garasi/carport. Desain modern, lokasi bebas banjir, dan harga yang terjangkau dengan fasilitas tersebut menjadi daya tarik dari perumahan ini. Tidak heran jika perumahan Cemara Regency banyak diminati sebagai investasi property atau tempat tinggal. Bagi anda yang tertarik atau ingin mendapatkan informasi lebih lengkap dapat menghubungi nomor telp 083154829876.

Persyaratan membeli rumah subsidi

Ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi apabila Anda ingin memperoleh rumah subsidi. Berikut adalah beberapa kriteria dan dokumen yang mesti dilengkapi agar dapat memiliki rumah subsidi.
  1. Warga Negara Indonesia berusia minimal 21 tahun
  2. Belum memiliki rumah atau tempat tinggal tetap sendiri
  3. Penghasilan tiap bulan tidak boleh lebih dari 4 juta rupiah
  4. Telah bekerja atau memiliki usaha paling tidak 1 tahun
  5. Memiliki NPWP dan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) orang pribadi
Adapun dokumen yang mesti dilengkapi guna mengajukan KPR rumah subsidi yaitu:
  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi KK
  3. Fotokopi NPWP
  4. Fotokopi akta nikah apabila telah menikah
  5. Pas foto 3 x 4
  6. Slip gaji asli sebulan terakhir yang diketahui oleh bendahara tempat kerja
  7. Surat keterangan aktif bekerja (dtandatangani dan stempel dari HRD perusahaan)
  8. Fotokopi surat pengangkatan karyawan tetap
  9. Surat keterangan belum mempunyai rumah dari kelurahan
  10. Buku tabungan rekening bank yang bersangkutan
  11. SPT tahunan
  12. Mengisi form FLPP dan aplikasi KPR
  13. Materai 15 lembar (bisa juga kurang)

Tips membeli rumah subsidi

Dalam dunia investasi properti, terdapat tiga hal pokok yang harus menjadi perhatian saat membeli rumah. Pertama ialah lokasi, kedua lokasi, dan ketika tetap lokasi. Artinya, lokasi adalah prioritas pertama dan utama, baru kemudian disusul oleh indikator yang lain seperti siapa pengembangnya, kemampuan kita untuk mengangsur, dan yang lainnya.

Lokasi
Terdapat tiga hal terkait lokasi yang mestinya menjadi perhatian ketika membeli rumah subsidi. Pertama, pilih lokasi dekat fasilitas umum seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan lainnya. Memang sulit mendapatkan perumahan subsidi di Cilacap yang aksesnya dekat atau bersebelahan langsung dengan fasilitas umum. Paling tidak jika Anda membeli rumah, dapat menjangkau fasilitas umum dengan mudah. Mudah dalam artian aksesnya tidak terlalu jauh atau bahkan tidak ada. Apabila memang terpaksa ada satu atau dua fasilitas umum yang letaknya agak jauh pastikan bahwa fasum tersebut bukanlah tempat/hal yang setiap waktu mesti Kamu datangi. Misalkan Kalian punya anak yang bersekolah, tetapi sekolahnya berlokasi di tempat yang jauh dengan rumah Kamu. Bahkan, tidak ada kendaraan yang menuju sekolah tersebut dari rumah Anda. Hindarkan memilih rumah di lokasi seperti itu. Akan jauh lebih baik lagi jika pengembang telah menyiapkan fasum yang ada di dalam perumahan Kalian. Lokasi perumahan yang menyediakan fasum di dalamnya umumnya mempunyai harga jual lebih mahal karena mengusung konsep one stop living.

Kedua keberadaan perumahan sejenis. Ketika Kalian membeli rumah subsidi di Cilacap, pastikan bahwa di sekitar perumahan yang Kalian beli juga ada komunitas perumahan-perumahan lain. Komunitas bisa menjadi faktor pendorong melonjaknya harga properti. Kelompok warga yang banyak mendorong perilaku ekonomi warga meningkat. Jika komunitas semakin banyak tidak menutup kemungkinan bagi orang atau pelaku usaha berminat berinvestasi di dalamnya. Di samping itu, adanya komunitas juga menarik perhatian orang untuk ikut tinggal di wilayah tersebut atau hanya untuk berinvestasi. Jika permintaan terhadap rumah di perumahan Kalian meningkat maka harga rumah pun ikut meningkat. Akibatnya, uang jeri payah yang telah Anda investasikan akan terus berkembang.

Ketiga site plan daerah dalam beberapa tahun ke depan. Meningkatknya kebutuhan akan hunian membuat pengembang rumah sederhana berani membangun perumahan di lokasi yang boleh dibilang kurang atau tidak strategis. Jauh dari hiruk pikuk keramaian. Apa alasan pengembang berani berspekulasi seperti itu? Pasti ada alasan. Salah satunya karena pertimbangan jangka panjang. Maksudnya, mungkin daerah itu sekarang tidak tetapi site plan pemerintah daerah 5 atau 10 tahun ke depan mungkin menjadi pertimbangannya. Kalian bisa mencari tahu mengenai site plan wilayah di dinas tata kota atau cukup menggali informasi dengan warga setempat.

Pengembang
Telah banyak berita tentang developer bodong yang membawa lari uang konsumen. Setoran uang muka hilang dibawa kabur developer nakal dan nasabah tidak mendapat hak yang seharusnya. Tentu kita tidak ingin ada kejadian semacam itu. Oleh karena itu, penting bagi kita calon pembeli untuk memastikan kredibilitas developer perumahan yang hendak kita beli. Caranya bagaimana? Yang paling mudah ialah mencari rekam jejak properti yang pernah mereka bangun sebelumnya dan juga legalitasnya.

Kemampuan membayar
Saat kita wawancara kredit di bank, kita akan ditanya mengenai besar gaji dan pengeluaran tiap bulan. Pertanyaan tersebut dimaksudkan untuk memastikan apakah kita sebagai calon debitur memiliki kemampuan untuk membayar cicilan KPR atau tidak. Biasanya rumus yang pakai oleh pihak bank untuk menentukan besaran cicilan dan lamanya KPR adalah jumlah angsuran dan tanggungan bulanan debitur lebih kecil sama dengan 30% dari gaji atau pendapatan bulanan. Artinya, Apabila kita mendapatkan gaji sebesar 4 juta per bulan, maka kita hanya diperbolehkan mengangsur tiap bulannya sebesar 1 juta rupiah saja. Itulah mengapa besaran cicilan KPR subsidi biasanya kurang dari 1,5 juta. Apabila penghasilan kita kurang dari itu, biasanya kita akan diberi masukan untuk mengambil jumlah cicilan yang lebih kecil dan masa pinjaman diperpanjang. Misalnya, untuk masa angsuran 10 tahun sedianya kita mengangsur 1,3 juta per bulan, tetapi karena kondisi itu kita diberikan penawaran cicilan 900 ribu dengan lama angsuran 15 tahun.

Kondisi tersebut mestinya kita perhatikan secara matang dari awal. Ingat, membayar angsuran KPR tidak seperti membayar utang kepada tetangga, hehe. Jika Kalian tidak mampu membayar sejumlah nominal yang ditetapkan dalam waktu tertentu bisa-bisa rumah Anda akan disita oleh pihak bank. Oleh karena itu, pada saat akad kredit baca dan pelajari baik-baik butir-butir perjanjian yang dicantumkan. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari karena kurang teliti.

Itulah informasi singkat tentang perumahan subsidi di Cilacap. Temukan juga referensi perumahan subsidi di seluruh kota di Indonesia di web ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.