-->

Contoh Teks Prosedur Lengkap Beserta Strukturnya

Tidak ada komentar

Teks prosedur adalah teks yang berisi tentang tahapan-tahapan atau panduan dalam menyelesaikan suatu aktivitas. Tujuan dari adanya teks prosedur yakni memandu setiap orang dalam menjelaskan bagaimana kegiatan harus dilakukan, membantu seseroang dalam membuat suatu hal atau produk, memudahkan dalam melakukan suatu pekerjaan, atau dalam menggunakan suatu alat.



Teks prosedur sering kita temui dalam kehidupan kita. Misalnya, teks prosedur dalam membuat mie instan yang terdapat di bagian belakang kemasan mie instan. Tentu kamu pernah memasak mie instan, bukan? Dalam bagian belakang kemasan mie instan terdapat salah satu bagian petunjuk dalam memasak dan menyajikan mie instan dengan tepat, mulai dari takaran air sampai lama waktu yang dibutuhkan dalam merebus mie. Hal tersebut bertujuan agar kita sebagai konsumen dapat mengolah atau memasak mie tersebut dengan benar. Jadi, mie tidak akan kematangan atau bahkan belum matang.

Nah, seperti halnya dalam menulis jenis teks lainnya. Dalam menulis teks prosedur juga harus memperhatikan adanya struktur bagian agar teks berhasil tersusun runtut dan mudah dipahami setiap pembacanya. Berikut ini adalah struktur bagian yang ada dalam teks prosedur.
  1. Tujuan, ialah bagian yang beriisi hal yang akan dilakukan. Nah, dalam bagian ini dapat disesuaikan dengan tujuan teks prosedur yang akan dilakukan yakni bisa untuk membuat makanan, minuman, kerajinan, atau melakukan sesuatu.
  2. Alat-alat dan bahan, ialah segala alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat atau melakukan suatu hal. Misalnya, alat yang dibutuhkan tersebut dapat berupa gunting, mangkok, talenan, dsb. Sementara itu, untuk bahan-bahan merupakan suatu hal yang apabila digunakan dapat berkurang misalnya tepung, beras, garam, dsb.
  3. Langkah-langkah, , ialah bagian yang berisi tahapan-tahapan secara urut dalam melakukan suatu hal yang akan dilakukan. Hal ini bertujuan untuk membuat suatu kejadian menjadi runtut, jadi tujuan teks prosedur bisa tercapai.
  4. Simpulan/Penutup, berisi simpulan atau hasil produk yang dihasilkan dari suatuprosedur yang sudah dilakukan. Dalam bagian ini juga biasanya dapat berisi harapan atau manfaat yang didapatkan setelah melakukan langkah-langkah dalam teks prosedur.
Nah, berikut ini adalah contoh teks prosedur dalam membuat bingkai foto dari bahan limbah yang telah disajikan dengan berdasarkan struktur bagiannya.

Cara Membuat Bingkai Foto

Tujuan

Kita semua pasti memiliki foto-foto berharga yang ingin dijaga agar tidak rusak atau hilang. Untuk itu, kita misa menggunakan bingkai agar foto tersebut dapat terlindungi dengan baik. Bahkan kita bisa menjadikannya sebagai hadiah. Namun, untuk mendapatkan bingkai foto kita tidak harus mengeluarkan uang banyak. Karena, kita dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang telah tersedia di lingkungan. Jika kamu ingin membuat bingkau foto sendiri di rumah, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

Alat dan Bahan

Bahan-bahan yang diperlukan:

· 2 lembar kardus

· 1 lembar kertas

· Gunting

· Penggaris

· Krayon

· Stiker

· Lem

· 1 buah foto

Langkah-langkah

Langkah-langkah membuat:
  1. Ukur kardus menggunakan penggaris dan sesuaikan dengan ukuran foto. Ukuran dalam memotong kerangka (kardus) harus sedikit lebih lebar 3-5cm dari foto yang akan dibuatkan bingkai.
  2. Potong satu lembar kardus yang telah diukur (buatlah 2 potongan kardus).
  3. Potong satu lembar kardus di bagian tengahnya.
  4. Gabungkan dua potongan kardus dengan lem dan biarkan bagian lainnya terbuka untuk sebagai tempat memasukkan foto.
  5. Hiasi bingkai dengan menambahkan gambar yang kamu sukai atau menempelkan stiker di bagian pinggirnnya
  6. Potong selembar kertas menjadi bentuk persegi panjang yang ukurannya sama dengan ukuran bingkai.
  7. Tempelkan kertas di bagian belakang maupun depan sebagai hiasan bingkai menggunakan lem.
  8. Masukkan foto ke dalam bingkai.
Penutup/simpulan 

Figura atau bingkai foto siap untuk dipasang di dinding atau diletakkan sebagai hiasan dalam rumah.

Yappp, itu tadi adalah penjelasan mengenai pengertian, struktur, hingga contoh membuat teks prosedur.tentu saja setelah ini kalian akan dapat mengenali hingga menyusun teks prosedur dengan mudah. Jadi, teks prosedur diciptakan karena bertujuan untuk memudahkan setiap orang dalam menyelesaikan atau melakukan kegiatan dengan baik dan benar.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.