Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya

Teks laporan hasil observasi pada dasarnya adalah bentuk teks yang berisi pendeskripsian mengenai sutau objek dalam bentuk, ciri, dan sifatnya secara umum. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, teks laporan hasil observasi merupakan sebuah naskah yang memiliki wujud kata-kata penulis yang dirangkai secarai original atau asli. Adapun secara harfiah, laporan memiliki definisi sebagai bentuk segala sesuatu yang disampaikan, diadukan, serta dilaporkan dan untuk observasi sendiri memiliki arti bahwa sebagai bentuk kegiatan pengamatan atau analisis yang memiliki tugas untuk dilakukan penijauan secara cermat. Sehingga, teks laporan hasil observasi juga dapat disebut sebagai teks berisi mengenai penkjelasan terkait hasil dari setelah dilakukannya kegiatan pengamatan terhadap suatu objek.

Struktur teks LHO

Taukah kamu? Bahwa dalam menulis teks hasil laporan observasi kita harus memperhatikan strukturnya. Tujuannya yakni agar teks laporan hasil observasi dapat memudahkan setiap orang yang membaca untuk memahami isinya secara runtut. Apa saja bagian yang harus ada dalam teks laporan hasil observasi? Berikut ini adalah struktur bagian yang harus dalam menulis laporan hasil observasi.
  1. Pernyataan umum, yakni bagian yang menjelaskan secara umum tentang objek yang akan kamu amati dan latar belakangnya.
  2. Deskripsi bagian, yakni bagian yang mnejelaskan penggambaran secara khusus mengenai objek yang akan kamu amati.
  3. Deskripsi manfaat, yakni bagian yang menjelaskan tentang manfaat dari hasil pengamatan yang telah dilakukan.
  4. Kesimpulan, yakni dapat disebut juga sebagai bagian penutup. Dalam bagian ini bersifat opsional. Artinya, dalam suatu teks laporan hasil observasi tidak mengharuskan adanya bagian kesimpulan/penutup.

Contoh teks LHO

Berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan dan tumbuhan. 

Hutan Bakau

Pernyataan Umum

Indonesia menjadi negara dengan hutan bakau paling luas di dunia. Menurut data Kementerian Negara Lingkungan Hidup, luas hutan bakau Indonesia mencapai 4,3 juta ha.

Hutan bakau disebut juga dengan hutan mangrove. Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai. Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai. Hutan bakau merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pasang dan surut. Hutan bakau ini termasuk lingkup ekosistem pantai sebab terletak di kawasan perbatasan laut dan darat.

Deskripsi Bagian

Hutan bakau terletak di wilayah pantai dan muara sungai. Tepatnya, hutan bakau terletak di garis pantai. Dengan posisi hutan bakau yang berada di garis pantai, hutan ini dipengaruhi oleh keadaan air laut. Pasang surut laut mengubah kondisi hutan bakau. Hutan akan tergenang air di masa pasang dan akan bebas dari genangan air pada saat air surut. Habitat hutan bakau memiliki wilayah tanah yang tergenang secara berkala. Tempat tersebut juga mendapat aliran air tawar yang cukup dari daratan.

Hutan bakau memiliki ciri yang khas. Hutan ini terlindung dari gelombang besar. Selain itu, hutan bakau juga terlindung dari arus pasang surut laut yang kuat. Hutan bakau yang terletak di perbatasan laut dan muara sungai memiliki kadar garam payau. Di samping itu, ciri khas lain hutan bakau adalah berawa-rawa.

Deskripsi Manfaat

Hutan bakau memiliki beberapa fungsi dan manfaat. Secara fisik hutan bakau dapat menahan abrasi pantai. Pada saat datang badai, hutan bakau berfungsi sebagai penahan badai dan angin yang bermuatan garam. Di samping itu, hutan bakau dapat menahan intrusi (peresapan) air laut ke daratan. Hutan bakau juga menurunkan kandungan karbondioksida (CO2) di udara dan penambat bahan-bahan pencemar (racun) di perairan pantai. Manfaat hutan bakau juga dapat dilihat dari segi biologi. Hutan bakau menjadi tempat hidup biota laut. Selain itu, masyarakat sekitar memanfaatkan hutan bakau sebagai sumber mata pencaharian. Hutan bakau juga menyediakan beberapa unsur penting bahan obat-obatan.

Kesimpulan

Hutan bakau memiliki ciri khas. Hutan bakau memiliki manfaat untuk melindungi lingkungan laut, manfaat ekonomi, dan menyediakan sumber makanan/ obat-obatan.

Bagaimana? Sudah semakin paham tentang teks laporan hasil observasi, kan? Yapss, itu tadi adalah pengertian mengenai teks laporan hasil observasi, struktur bagian yang harus ada dalam menulis teks laporan hasil observasi hingga contoh teks laporan hasil observasi. Yuk, mulai mencoba amati hal-hal sekitar dan mencoba menulis teks laporan hasil observasi.