-->

Cara Mengatasi HP Gagal Download Dari Play Store

Tidak ada komentar

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Dari Play Store - Seperti yang sudah Anda ketahui, Android telah menjadi salah satu sistem operasi paling populer di dunia. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Google dan lebih ditujukan untuk perangkat smartphone dengan tujuan memiliki teknologi yang semakin canggih dan berkembang untuk kedepannya. Dikembangkan dengan berbasis kernel Linux, sistem operasi Android memang semakin populer dan terbukti digunakan di berbagai perangkat seperti smartphone dan tablet yang bisa Anda temukan di pasaran saat ini.


Salah satu alasan mengapa sistem operasi Android begitu populer adalah banyaknya aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga atau yang bisa disebut para developer aplikasi yang memungkinkan ponsel Android melakukan berbagai hal mulai dari mendengarkan musik hingga melakukan transaksi bisnis. Pengguna Android disarankan untuk mengunduh aplikasi ini dari Play Store. Namun terkadang Play Store juga mengalami beberapa kendala masalah pada pengunduhan atau yang lainnya. Anda tidak perlu khawatir, di bawah ini kami akan mengulas caranya untuk anda dalam mengatasi kendala tidak bisa download dari playstore, berikut ini caranya untuk anda.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Dari Play Store

1. Menghapus Cache

Jika ponsel cerdas Anda tidak dapat menggunakan Google Play Store untuk mengunduh, Anda dapat menyelesaikan masalah dengan menghapus cache semua aplikasi. Cache yang terus menumpuk dapat mengakibatkan kinerja smartphone semakin berat karena cache ini menjadi sampah. Anda harus tahu bahwa akumulasi cache menyebabkan berbagai masalah. Karena itu, Anda harus menghapus cache secara berkala agar tidak menguras kinerja smartphone.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Salah satu cara untuk mengatasi masalah Google Play Store tidak digunakan untuk mengunduh adalah dengan menghapus semua aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan. Perlu kamu ketahui jika penyimpanan ponsel anda penuh, maka download aplikasi yang dibutuhkan tidak dapat berjalan. Biasanya jika hal seperti ini terjadi, play store sendiri akan otomatis memunculkan notifikasi untuk menghapus aplikasi pada ponsel anda. Maka dari itu, anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang kiranya tidak penting dan tidak digunakan lagi seperti booster, aplikasi anti virus atau yang lainnya.

3. Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu alasan mengapa Anda tidak dapat mengunduh adalah kurangnya penyimpanan internal. Jika Anda merasa aplikasi yang ada di ponsel anda sayang untuk dihapus karena masih penting dan masih digunakan, anda bisa memindahkan penyimpanan pada aplikasi tersebut dengan menambahkan penyimpanan cadangan seperti memori eksternal. Pindahkan penyimpanan aplikasi tersebut ke memori eksternal agar penyimpanan internal pada ponsel anda longgar dan anda bisa mulai mendownload aplikasi yang dibutuhkan di playstore.

4. Update Google Play Service

Anda pasti tahu bahwa layanan Google Play khususnya google play service sangat erat kaitannya dengan Google Play Store. Jadi jika ada masalah dengan layanan google play anda, biasanya secara otomatis google play store anda juga tidak bisa digunakan untuk download. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan mengupdate layanan Google Play secara berkala ketika terdapat pembaharuan agar Google Play Store Anda bisa berfungsi dengan baik seperti semula.

5. Hapus Proxy

Cara kelima mengatasi Google Play Store tidak bisa download adalah dengan menghapus proxy pada ponsel. Anda dapat melakukannya dengan cara masuk ke menu pengaturan, pilih lebih banyak, buka jaringan seluler, pilih nama jalur akses. Setelah itu pilih menu hapus proxy serta port untuk membuat play store Anda lancar kembali.

Demikian ulasan lengkapnya untuk anda tentang cara mengatasi tidak bisa download dari playstore untuk android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.