-->

Contoh Teks Tanggapan Singkat Beserta Strukturnya

Tidak ada komentar

Sebagai makhluk sosial tentu kita cukup dekat dengan berkomunikasi antar sesame. Dalam komunikasi tersebut tidak jarang ditemui kita mengharuskan memberikan suatu tanggapan. Untuk memberikan tanggapanpun sering kita berikan dalam bentuk lisan ataupun tulisan yang berisi kritik dan pujian. Kritik merupakan bentuk ungkapan yang menjelaskan ketidaksetujuan terhadap suatu hal dengan didukung adanya alasan yang jelas. Maksud dari jelas dalam hal ini yakni alasan tidak bermaksud menjatuhkan, alasan harus bersifat membangun. Selain itu, pujian merupakan bentuk sanjungan atau ungkapan rasa setuju mengenai suatu teks yang ditanggapi. Pujian dapat berupa penghargaan ataupun sanjungan. Eitss, apa yang kalian tau tentang teks tanggapan? Agar lebih memahami tentang materi teks tanggapan yuk kita belajar bersama mengenai teks tanggapan!

Pengertian teks tanggapan

Teks tanggapan merupakan jenis teks yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi tentang suatu teks yang dapat berupa suatu karya teks sastra, artikel, berita, atau seni pertunjukan. Dalam teks tanggapan memuat adanya unsur kritikan maupun pujian. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi atau penilaian berupa kelebihan dan kekurangan dari suatu teks yang ditanggapi. Untuk memberikan penilaianpun harus objektif, sopan, logis, dan jelas. Adapun struktur bagian yang harus diperhatikan dalam membuat teks tanggapan. Apa saja sih struktur bagian yang harus ada dalam menulis teks tanggapan? Yuk simak, berikut ini adalah pejelasan mengenai struktur bagian yang harus diperhatikan dalam menulsi teks tanggapan.

Konteks, yakni bagian awal dalam teks tanggapan yang berisi pernyataan umum atau pejelasan mengenai hal, peristiwa, atau objek yang akan disampaikan atau ditanggapi oleh penulis. Penjelasan ini merupakan bentuk jawaban dari pertanyaan seperti:
  • Apa yang ditanggapi?
  • Kapan peristiwa tersebut terjadi?
  • Di mana peristiwa tersebut terjadi?

Deskripsi, yakni bagian yang menjelasan alasan yang mampu mendukung pernyataan atau menolak pernyataan. Bagian ini juga dapat memuat adanya bentuk identifikasi dan sebuah klarifikasi. Jadi, banyak ditemui juga dalam bagian ini ditemui adanya penjelasan tentang jenis, ciri, atau bagian-vagian dari suatu yang ditanggapi.

Penilaian, yakni bagian yang menjelasan mengenai pernyataan yang mengungkapkan penilaian. Dalam mengungkapkan penilaian ini dapat berupa suatu pujian ataupun kritikan.

Contoh teks tanggapan

Nah, setelah kamu mengetahui tetang struktur dalam menulis teks tanggapan. Berikut ini adalah contoh teks tanggapan disertai dengan strukturnya.

Pesawat Kepresidenan

Konteks

Keinginan pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang keinginan Pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BJJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014. Dengan gagah pesawat modern itu mendarat di bandara Halim Perdanakusuma.

Meskipun tidak semewah Air Force One, pesawat tersebut tetap merupakan pesawat baru dengan perlengkapan baru yang modern. Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. Garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan REPUBLIK INDONESIA terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat.

Deskripsi

Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan ekonominya adalah pesawat tersebut memiliki biaya operasional yang sangat tinggi. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah. Alasan keamanan dan politiknya adalah saat ini dengan pesawat komersial keamanan pejabat masih dapat tertangani dengan baik.

Penilaian

Penanggap sebenarnya sepakat dengan kesimpulan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan sendiri. Akan tetapi, alasan yang tepat sebagai tanggapan terhadap permasalahan tersebut juga merupakan hal yang sangat rasional. Penulis juga menambahkan jika pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan presiden yang sangat padat saat itu itu. 

Bagaimana? Sudah semakin paham tentang teks tanggapan kan? Yapss, itu tadi adalah pengertian mengenai teks tanggapan, struktur bagian yang harus ada dalam teks tanggapan hingga contoh teks tanggapan singkat. Yuk, mulai mencoba menulis teks tanggapan.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.